Sebelum Masuk Pesantren Santri At-Taufiqiyah Sumenep Jalani Pemeriksaan Covid-19

  • Whatsapp

SUMENEP, Nusanews.net — Ratusan santri di pondok pesantren (Ponpes) At-Taufiqiyah Aengbajaraja, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menjalani pemeriksaan Covid-19 sebelum balik ke pesantren.

Pemeriksaan dilakukan oleh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) bekerjasama dengan Pesantren At-Taufiqiyah, Polsek dan Koramil.

Baca Juga

Kepala Pesantren At-Taufiqiyah, Rafiki Abdillah mengatakan, pemeriksaan kesehatan tersebut dilakukan seiring dengan penerapan new normal (normal baru) untuk sejumlah santri Ponpes setempat yang akan kembali ke pondok.

“Kita melakukan kegiatan ini untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, menyusul wacana penerapan new normal oleh Pemkab Sumenep,” ujarnya kepada media, Selasa (16/6/2020).

Tidak hanya itu, kata Rafiki, santri yang baru datang juga diharuskan memakai masker, cuci tangan, diukur suhu badan, dan disemprot cairan disinfektan sebelum registrasi masuk.

Bahkan, keterangan sehat dari Puskesmas tempat tinggal santri juga diminta sebagai prasyarat dan bukti sewaktu santri masih menjalani masa liburan di rumah dalam kondisi baik atau tidak terpapar Covid-19.

“Berhubung para santri Ponpes At-Taufiqiyah ini berasal dari berbagai kecamatan, baik yang masuk zona merah maupun masih zona hijau, di wilayah Kabupaten Sumenep kita minta surat keterangan sehatnya juga,” terangnya.

Masa kembali ke pondok, lanjut Rafiki, dibagi kedalam empat tahap. Dimulai sejak Minggu (14/6) sampai Rabu (17/6) besok dari jumlah total santri sebanyak 670 orang. Baik putra maupun putri.

“Intinya, semua santri yang akan kembali ke pesantren harus melewati tahapan proses protokol kesehatan Covid-19,” tandasnya. (Red)

Pos terkait