Sebelum Kembali ke PonPes Salafiyah Syafi’iyah Situbondo, Ratusan Santri di Sumenep Jalani Rapid Tes

  • Whatsapp

SUMENEP, NusaNews.net┬áDinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, melakukan rapid tes massal terhadap ratusan santri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah, Situbondo.

Rapid tes dilakukan menindaklanjuti usulan Ikatan Santri Alumni Salafiyah Syafi’iyah sebelum para santri asal Kabupaten Sumenep itu kembali ke pondok pesantren.

Bacaan Lainnya

“Ini menjadi bagian dari pelayanan Pemerintah Daerah. Ini rapid test bagi kalangan santri Sukorejo Situbondo,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, Agus Mulyono, di Puskesmas Batang-Batang, Senin, 20 Juli 2020.

Agus menjelaskan terdapat 205 santri dengan tersebar pada 20 kecamatan yang dilakukan rapid test. Menurutnya jika ada santri yang reaktif, maka sesuai ketentuan harus melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

“Hasilnya keluar hari ini nanti diserahkan ke koordinatornya. Kalau ada yang reaktif, kita arahkan isolasi mandiri dulu. Kalau yang nom reaktif bisa berangkat ke pondok,” jelasnya.

Sementara Ketua Ikatan Santri Alumni Salafiyah Syafi’iyah Kabupaten Sumenep, Mawardi, mengapresiasi langkah Dinas Kesehatan. Menurutnya tes massal santri tersebut sangat efektif mencegah penyebaran covid-19 di kalangan santri.

“Situbondo itu zona merahnya lebih awal dari Sumenep, jadi pengasuh pondok mewajibkan santri yang akan kembali harus rapid test dulu,” jelas Mawardi. (met/red)

Pos terkait