Sambut Bulan Suci Ramadhan, Pemuda di Sumenep Bersih-bersih Masjid

  • Whatsapp

SUMENEP, NusaNews  — Puluhan pemuda yang tergabung dalam Forum Pemuda Jangkar Maritim (F-PJM) Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar acara bersih-bersih masjid.

Acara tersebut merupakan bentuk komitmen pemuda setempat untuk menyambut bulan suci ramadhan 1441 H yang akan jatuh pada pekan ini.

Baca Juga

“Ini merupakan inisiatif dari pemuda untuk menyambut kedatangan bulan suci,” kata Andi Haryono (30), saat membersihkan lingkungan masjid An-nur di Dusun Tengah, Desa Romben Guna Dungkek.

Sebelum acara digelar, sambung dia, mereka menggalang dana secara pribadi untuk menyiapkan kebutuhan berupa alat dan bahan yang dibutuhkan. Untuk sementara, dana yang sudah terkumpul sebanyak Rp 1,2 Juta dari keanggotaan sebanyak 60.

“Ada yang nyumbang 10 ribu, ada juga bahkan yang nyumbang 100 ribu, ini kita belikan alat dan bahan, seperti pembersih lantai, pelitur, dan lain-lain,” imbuhnya.

Senada dengan itu, koordinator  F-PMJ Yanto Readi (35) menyatakan, aksi menyambut bulan suci ramadhan memang merupakan agenda tahunan. Di samping itu, pihaknya juga sering menggelar acara bakti sosial dan lain-lain.

“Sebenarnya kami sudah sering menggelar acara seperti ini, karena itu memang merupakan bagian dari program pemuda jangkar maritim,” ujarnya.

Dari kegiatan itu, sambung pria yang akrab disapa Yayan, pihaknya berharap seluruh pemuda di Kecamatan dengan kadar oksigen terbaik kedua di dunia ini bisa ikut andil menyambut bulan suci ramadhan.

“Walaupun saat ini kita dilanda wabah virua corona, tetapi semangat untuk menyambut bulan suci ramadhan harus tetap terjaga,” harapnya.

Sementara itu, takmir masjid An-nur H. Zarkasyi Hidayat menyatakan bangga atas perhatian dan kerja keras pemuda setempat menggalang dana secara pribadi untuk kepentingan masjid.

“Atas nama pengurus masjid ini, kami mengucapkan banyak terima kasih, semoga ini menjadi ibadah yang akan dicatat amal kebaikan di sisi Allah SWT,” terangnya. (kid/red)

Pos terkait