Pesan KHR. Moh. Kholil Situbondo Saat Upacara HUT RI ke-75

  • Whatsapp

SITUBONDO, NusaNews.net  – Upacara dalam memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 75 yang dilaksanakan Pondok Pesantren Wali Songo, Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo berlangsung khidmat dan menggunakan protokol kesehat COVID-19, Senin (17/8/2020).

Hadir dalam Upacara HUT RI ke 75 yang berlangsung di lapangan pondok pesantren Wali Songo tersebut Pengasuh Ponpes Wali Songo KHR. Kholil As’ad Samsul Arifin, Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto SH, Wakil Bupati Situbondo Ir. H. Yoyok Mulyadi MSi, Dandim 0823/Situbondo Letkol Inf. Neggy Kuntagina SIP, Kajari Situbondo Nur Slamet SH, MH, Kapolres Situbondo AKBP. Sugandi SIK, M.Hum, Ketua dan Anggota DPRD Situbondo serta tamu undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Adapun yang menjadi Inspektur Upacara pada upacara tersebut, yakni Kapolres Situbondo AKBP. Sugandi SIK, M.Hum dan pengibaran bendera merah putih oleh santri Pondok Pesantren Wali Songo, peserta upacara santri santriwati Ponpes Wali Songo, Anggota Banser, Anggota Pagar Nusa, GP Ansor, Satpol PP, TNI dan Polri.

Dalam upacara peringatan HUT RI ke 75 yang berlangsung di lapangan pondok Pesantren Wali Songo tersebut, dilakukan pembacan teks proklamasi, pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dan pembacaan deklarasi Nahdlatul Ulama yang dibacakan oleh pengurus pesantren.

Usai upacara HUT RI ke 75, kegiatan dilanjutkan dengan do’a dan tausiah yang disampaikan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Wali Songo KHR. Muhammad Kholil As’ad. Dalam tausiahnya KHR Muhammad Kholil As’ad Samsul Arifin mengajak seluruh santri, masyarakat se Indonesia, khususnya masyarakat Kabupaten Situbondo untuk terus bertaqwa kepada Allah SWT dan mengabdikan diri untuk Bangsa Indonesia.

“Kita diajari saling menghormati dan kita diajari kebagusan berhubungan dengan Allah SWT. Karena dalam teks pertama Pancasila sudah tertulis Ketuhanan Yang Maha Esa. Jadi, kita harus terus berhubungan dengan Allah SWT. Selanjutnya, mari kita juga menjaga hubungan antar manusia sesuai dengan tingkatannya masing-masing,” jelas KHR Muhammad Kholil As’ad Samsul Arifin dihadapan tamu undangan dan peserta upacara.

Bukan hanya itu saja saran dan pesan yang disampaikan KHR Muhammad Kholil As’ad Samsul Arifin dalam tausiahnya. Namun, kiai kharismatik ini juga menyampaikan bahwa, kemanusiaan yang adil dan beradab sangat penting untuk terus di jaga marwahnya. “Adil ke bawah, adil keatas, adil ke samping kiri dan kanan serta beradab penting untuk di jaga agar saling menghormati, agar saling menghargai dan saling melengkapi terhadap semua insan yang ada di bumi ciptaan Allah SWT ini. Semoga kita semua bisa mengisi Kemerdekaan RI ini dengan berbagai macam kebagusan di dunia hingga ke akherat nanti,” pungkasnya. (tim/red)

Pos terkait