Pemilihan Ketua OSIS Darul Ulum Kecer Dasuk Ala Pilkades

  • Whatsapp

SUMENEP, Suarasantri.co.id – Ratusan Siswa MTs Dan MA Darul Ulum Prongpong Gelar Pemilihan OSIS Secara Serentak yang berada di desa kecer kecamatan dasuk mendapatkan pembelajaran kontekstual tentang demokrasi. Pembelajaran tersebut dilakukan melalui instrumen pemilihan ketua Osis yang dilaksanakan persis saat pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades).

Kepala MTs Darul Ulum Abd Alim S,pd.I didampingi Pembina OSIS MTs Munawir Syadzily S.pd.I yang ditemui di sela sela memantau pelaksanaan Pemilihan Ketua OSIS tersebut menjelaskan, demokrasi sebagai sistem pengelolaan ketatanegaraan yang berlaku di Indonesia perlu diajarkan kepada siswa sejak dini. “Pemilu sebagai salah satu ciri khas demokrasi perlu dipahamkan kepada generasi penerus. Bukan sekedar teoritik, tapi dengan model pembelajaran kontekstual langsung dipraktikkan melalui pemilihan ketua Osis,’’ jelas Alim Sapaannya.

Model Pilkades dipilih karena memang pesta demokrasi di akar rumput tersebut yang paling sering digelar dan disaksikan siswa. Karena itu, tahapan-tahapan yang dilaksanakan pada pilkades pun diadopsi pada pelaksanaan pemilihan ketua Osis. Harapannya, sambung dia, 247 anak mendapatkan pemahaman yang utuh. Baik dalam posisinya sebagai pemilih, pasangan calon, maupun panitia pelaksanaan pemilihan.

Pos terkait