Melon Kangean Ready di Toko New Jaya Buah Sumenep

  • Whatsapp

SUMENEP, Nusanews.net – Melon Kangean adalah jenis melon yang berasal dari sebuah desa di Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep, Madura, yang selama tiga tahun terakhir paling diburu.

Rasa manis yang luar biasa salah satu keistimewaan yang menjadi daya tarik jenis buah melon hingga jadi perburuan penikmat buah.

Baca Juga

“Melon kangean ini musiman ya, hanya tiga bulan dalam setahun. Wajar jika ketika sudah musim seperti sekarang banyak dicari orang,” tutur penjual melon Kangean di Sumenep, Rudi, Sabtu (8/8/2020).

Kata Rudi, melon Kangean bisa disebut sebagai melon ajaib, lantaran keluar dari teori melon pada umumnya. Di antara keajaiban itu, melon kangean tumbuh rata dengan permukaan laut.

“Padahal biasanya harus di atas 50 MDL dari permukaan laut,” terang Rudi.

Selain itu, melon Kangean tak perlu disiram dari hari pertama hingga dua bulan atau panen, jika disiram malah mati. Tanpa dipupuk pula, bahkan jika dipupuk malah juga bikin mati.

“Menurut orang Kangean, cara tumbuh dan buahnya aneh, dalam satu pohon sampai 10 sampai 15 buah, biasanya hanya 2 buah,” katannya.

Tingkat kemanisan melon mencapai diatas 17 sampai 20 brix. Brix itu tingkat kemanisan buah, padahal umumnya buah melon hanya memiliki rasa manis 12 brix.

“Melon Kangean 100 persen disebut sebagai melon organik. Tekstur sangat luwer dan lembut, rasa sangat manis, dan spesial pokoknya,” ujarnya mengacungkan jempol.

Nah, bagi anda yang penasaran dengan buah super manis ini, datang saja toko buah di Jalan dr. Cipto Sumenep, tepat di Samping Kantor Dinas Keperasi dan UMKM, di sana sudah ready.

“Kebetulan buah melon Kangean sudah ready di sini. Harganya memang lumayan mahal karena masih sedekit yang panen, Rp 25 per kilogram. Tapi soal rasa jangan ditanya, pasti bikin ketagihan,” pungkas Rudi. (rosy/red)

Pos terkait