KHR. Muhammad Kholil As’ad : Syeikh Abu Yazid ” Saya ini Bagaikan Debu di Kaki Muhammad Rasulullah “

  • Whatsapp
KHR. Moh. Kholil as'ad pengasuh PonPes Walisongo Situbondo

DENPASAR, Suarasantri.co.id –  Jam’iyah Sholawat Nariyah Kampung Jawa mengadakan pengajian umum dalam rangka memperingati Tahun baru Hijriyah 1441 H Di Lapangan Buyung Denpasar ( 2/09/2019).

Hadir di acara tersebut KHR. Muhammad Kholil As’ad Pengasuh Ponpes Walisongo Situbondo, KH. Zakki Abdullah pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Hikam, KH. Syainuri Sufyan Pengasuh Ponpes Sumber Bunga Situbondo dan juga beberapa tokoh Agama dan masyarakat.

Bacaan Lainnya

Dalam ceramahnya, kali ini Kiai Kholil bercerita tentang Syeikhona Kholil Bangkalan, KH. Hasyim Asy’ari, KHR. As’ad Syamsul Arifin, KH. Ahmad Sufyan Miftahul Arifin dan juga KH. Muhammad bin Imam Pamekasan yang sangat begitu cintanya pada Kanjeng Nabi Muhammad SAW.
Di ceritakan olehnya. ” kiai As’ad ketika baca Barzanji sangat tampak sekali begitu Takdhim dan cintanya pada Kanjeng Nabi Muhammad SAW, bahkan ketika membacanya seakan – akan menahan tangis dari saking cintanya pada Kanjeng Nabi, apalagi jika sampai pada bacaan ( Wa usholli wa usallimu ‘ala al- nuri al – maushufi …dst ), pokoknya tampak sekali kelihatan raut wajah Kiai As’ad ngarakngak ( red- Madura ) menahan tangis”.

Kiai Kholil As’ad juga bercerita ada Wali yang sangat dikagumi para Auliya’ yang lain bahkan para pembesar – pembesar Auliya’ sampai sekarang kagum terhadapnya yaitu Syeikh Abu Yazid Al- Busthomi, ketika ditanya ” Ya Aba Yazid bagaimana menurutmu Kanjeng Nabi Muhammad?” Syeikh Abu Yazid menangis disertai dengan cucuran air mata, Ditanya lagi Syeikh Abu Yazid, ” Bagaimana menurutmu Kanjeng Nabi Muhammad?” Syeikh Abu Yazid menangis, lalu beliau berkata ” Saya ini bagaikan debu yang berada di kaki Muhammad Rasulullah, kemanapun ia saya mengikuti Muhammad Rasulullah” (fid)

Pos terkait