HUT RI Ke-75, Ansor Rubaru Lakukan Ziarah Muassis NU

  • Whatsapp

SUMENEP, NusaNews.net – Masih dalam rangkaian agenda memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang Ke-75, Senin (17/08), Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Rubaru mengadakan kegiatan “Ziarah Muassis Nahdhatul Ulama” di Kecamatan Rubaru.

Kegiatan “Ziarah Muassis Nahdhatul Ulama” ini merupakan rangkaian kegiatan PAC. GP. Ansor Rubaru di bulan agustus, setelah sebelumnya GP. Ansor Rubaru melaksanakan acara “Istigosah dan Orasi Kebangsaan”. Momen Agustus sebagai bulan kemerdekaan dijadikan momentum untuk untuk memperingati sekaligus menghargai jasa para Pahlawan bangsa. Khususnya para Ulama.

Baca Juga

Salah salah bentuk nyata dari penghormatan dan penghargaan atas jasa para Pahlawan bangsa ini adalah dengan kegiatan Ziarah Muassis NU. Kita tahu bahwa kontribusi para ulama dan santri Nahdhatul Ulama bagi kemerdekaan bangsa Indonesia sangat besar. Karena itu, melupakan jasa mereka adalah bagian dari bentuk penghiatan kepada bangsa ini. Karena berkat merekalah bangsa ini merdeka.

Ada tiga maqbarah (makam) para Kiai Nadhatul Ulama yang diziarahi. Fokus maqbarah yang dizarahi merupakan para Kiai penggerak utama berdirinya Nahdhatul Ulama di kecamatan Rubaru. Berkat peran dan jasa beliau-beliaulah, Nahdhatul Ulama bisa eksis di Kecamatan Rubaru. Tanpa peran beliau-beliau, bisa jadi NU tidak akan ada di bumi Rubaru.

Ketiga Kiai penggerak Nahdhatul Ulama ini antara lain:

KH. Mukti Ali di desa Tambaksari

KH. Abdul Mannan di desa Banasare

KH. Ansor Nawawi di desa Kalebengan.

Ketiga tokoh ulama di atas merupakan sosok yang berperan penting atas berdirinya ranting Nahdhatul Ulama di masing-masing desanya.

Kegiatan Ziarah Muassis kali ini juga diikuti oleh Pembina PC. GP. Ansor Rubaru: KH. Fathorrahman yang juga merupakan pengurus di Majelis Wakil Cabang Nahdhatul Ulama Kecamatan Rubaru. Hadir pula Ketua Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor Kecamatan Rubaru: K. Ahmad Zuhdi yang merupakan alumni Pondok Pesantren Sarang Rembang. Keduanya memimpin jalannya pembacaan Yasin dan Tahlil di tiga Maqbarah yang diziarahi. (amn)

Pos terkait