GP Ansor Ranting Banasare Santuni Dhuafa Lansia

  • Whatsapp
GP Ansor Banasare Rubaru berbagi dengan dhuafa

SUMENEP, NusaNews.net — Ahad, (16/02), Pimpinan Anak Ranting Ansor Banasare melaksanakan agenda aksi sosial bertema: “Senyum Sapa, Gerakan Pemuda Ansor Ranting Banasare Peduli Kaum Dhuafa & Yatim Piatu” di dusun rèng perrèng, desa Banasare, Rubaru, Sumenep.

Agenda ini merupakan kegiatan perdana bersifat sosial yang dilaksanakan struktur kepengurusan Ansor Ranting Banasare sejak dibentuk pada akhir bulan Desember 2019 yang lalu. “Sejak dibentuk pada akhir tahun 2019 lalu, selama ini kami hanya fokus pada agenda sowan kepada para senior NU dan Ansor di desa Banasare”. Tutur Hefni selaku ketua ranting Ansor Banasare.

Baca Juga

Saat ditanya lebih lanjut terkait tujuan dari pelaksanaan agenda ini, Hefni dengan singkat menyitir sabda Nabi Saw terkait keutamaan menebar maslahah kepada sesama. Kami hanya ingin mengejawantahkan sabda Nabi Saw: “Sebaik-baik manusia adalah yang mampu membawa maslahah kepada sesamanya”. Ucapnya.

Pada pelaksaan aksi santunan dhuafa perdana kali ini, target dhuafa bernama Busati. Seorang Janda dhuafa berusia lanjut yang sudah lama ditinggal wafat suaminya. Putra semata wayangnya juga lebih sering tinggal di rumah istrinya. Hanya sesekali pulang menemui ibunya.

Semenjak ditinggal wafat suami, kebutuhan hidup sehari-hari nenek Busati praktis hanya menunggu pemberian dari putranya. Sementara putra semata wayangnya hanya berprofesi sebagai tukang becak, di mana penghasilan yang di dapat tidak pasti. Kadang ada, kadang tidak. Belum lagi nafkah yang harus diberikan kepada anak istrinya.

Melihat kondisi miris inilah, pengurus di jajaran Ranting Ansor Banasare langsung menargetkan keluarga nenek Busati sebagai calon penerima santunan. Para dhuafa lansia seperti nenek Busati sudah sangat tepat dijadikan target santunan. Oleh karena itu, Gerakan Pemuda Ansor Ranting Banasare ke depan akan terus berkomitmen memberikan santunan kepada orang-orang dhuafa seperti nenek Busati.

Program “Senyum Sapa, Gerakan Pemuda Ansor Ranting Banasare Peduli Kaum Dhuafa & Yatim Piatu” ini akan menjadi salah program utama, agenda unggulan Gerakan Pemuda Ansor Ranting Banasare yang akan rutin dilaksanakan setiap bulan di seluruh titik desa Banasare yang masih terdapat para dhuafa lansia seperti nenek Busati.

Sebelum berpamitan, kami dari jajaran pengurus Gerakan Pemuda Ansor Ranting Banasare dipersilahkan masuk ke “gubuk” nenek Busati. Di momen inilah, secara singkat kami sempat memperkenalkan Ansor dan Nahdhatul Ulama kepada nenek Busati dan puteranya. Khususnya keberadaan Ansor Ranting Banasare yang baru saja dibentuk. Kami pun sempat minta doa kepada nenek Busati untuk kejayaan dan kebarokahan Ansor Ranting Banasare di masa-masa yang akan datang. Doa itu pun dengan senang hati langsung diamini oleh nenek Busati dan puteranya.

Akhirnya, sebelum pulang, secara simbolis, ketua Ansor Ranting Banasare menyerahkan santunan kebutuhan pokok berupa sembako kepada nenek Busati yang disaksikan oleh putra semata wayangnya. “Terima kasih atas segala pemberian tulus dari Ansor-NU yang sangat membantu saya ini. Semoga Allah membalas kebaikan mas-mas semua dengan balasan yang lebih besar dan mulia. Pungkas nenek Busati dengan logat Maduranya. (am)

Pos terkait