GP Ansor Banasare Laksanakan Khitanan Gratis

  • Whatsapp

SUMENEP, Nusanews.net – Ikhtiar untuk selalu menebar kemaslahatan bagi sesama, Ahad (17/01), Pengurus Ranting Gerakan Pemuda Ansor bekerjasama dengan petugas medis yang tergabung dalam asosiasi “Sunnat Gratis Indonesia” mengadakan Khitanan Gratis di Balai Desa Banasare, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep.

Kegiatan dimulai dengan pendataan peserta khitan. Satu persatu peserta khitan di data. Puluhan anak laki-laki duduk di kursi yang sudah disediakan panitia dari PR GP Ansor Banasare bersama orang tua dan kerabatnya. Terlihat dari pagi warga sudah mengantri untuk mendapat formulir pendaftaran. Pengisian formulir peserta ini menjadi keharusan bagi seluruh peserta khitan untuk mendata kevalidan jumlah anak yang akan dikhitan sebaimana permintan petugas medis.

Bacaan Lainnya

Karena bersifat gratis, warga desa Banasare antusias membawa anak laki-lakinya untuk disunat. Padahal, untuk biaya khitan perorang, normalnya berkisar tiga ratus ribuan. Sebuah nominal yang tidak kecil bagi warga desa yang mayoritas menjadi petani. Setiap peserta khitan juga diberikan bingkisan secara cuma-cuma oleh asosiasi “Sunat Gratis Indonesia”.

Acara khitan dimulai pukul 08.00 wib. Satu persatu peserta khitan yang sudah terdata dipanggil. Dengan cekatan, para petugas medis yang sudah profesional melakukan proses khitan. Ada enam petugas medis. Setiap dua petugas medis menangani satu peserta khitan. Untuk memudahkan selama proses khitan berlangsung, para pengurus ranting Banasare membantu petugas medis dengan memegangi tubuh anak-anak yang dikhitan agar tidak berontak.

“Acara khitanan massal gratis yang kerjasama dengan asosiasi “Sunat Gratis Indonesia" ini sengaja kami lakukan sebagai bentuk nyata komitmen PR GP Ansor Banasare untuk terus memberikan kontribusi positif bagi sesama, khususnya warga desa Banasare”. Tutur Hefni selaku Ketua PR GP Ansor Banasare.

Selain itu, Hefni juga mengatakan bahwa acara Khitanan Gratis ini merupakan bagian dari syiar (dakwah) kepada masyarakat luas bahwa hingga hari ini, Nahdhatul Ulama, khususnya melalui GP Ansornya masih tetap istiqomah menebar kemaslahatan kepada sesama”.

Acara khitanan gratis ini kemudian diakhiri dengan foto bersama sekaligus temu ramah antara petugas medis dari asosiasi “Sunat Gratis Indonesia” dengan pengurus ranting Ansor Banasare. Kedua belah pihak berkomitmen akan terus bekerjasama melaksanakan kegiatan khitanan massal gratis bagi warga masyarakat.(am)

Pos terkait