Cara GP Ansor Ranting Banasare Cegah Virus Corona

  • Whatsapp

SUMENEP, NusaNews.net — Merebaknya virus Covid 19 atau lebih dikenal dengan Corona membuat panik semua orang. Tak cuma di Indonesia, tetapi juga di dunia. Terlebih setelah ada imbauan dari Pemerintah dan MUI supaya masyarakat mengurangi aktifitas di luar rumah. Beragam cara dilakukan masyarakat untuk bisa terhindar dari Pandemi Covid 19 ini. Mulai dari yang bersifat Jasmani hingga rohani, semua dilakukan, seperti yang dilaksanakan oleh Ansor Ranting Banasare pada Minggu (24/3).

Ansor Ranting Banasare memiliki cara tersendiri dalam mencegah paparan Corona, yaitu dengan bersedekah, memberikan santunan kepada kaum dhuafa dan anak yatim. Unik. Ya, kegiatan yang dilakukan Ansor Ranting Banasare ini terbilang unik karena tidak lumrah. Tidak seperti biasanya masyarakat lakukan untuk menghindari virus Corona.

Bacaan Lainnya

Jika banyak masyarakat “mengisolasi” diri di rumahnya masing-masing, rutin mencuci tangan dengan cairan Sanitizer, rajin membersihkan badan, mengurangi kontak dengan orang lain, tidak berkumpul dengan orang dalam jumlah serta menghindari jabat tangan, tidak demikian dengan sahabat-sahabat dari jajaran Ansor Ranting Banasare.

Menebar kemaslahatan kepada sesama, khususnya menyantuni para fakir, kaum dhuafa dan anak-anak yatim justeru diniatkan Ansor Ranting Banasare sebagai “antiseptik” bagi virus Corona. Selain memperbanyak beribadah, bersedekah kepada mereka yang membutuhkan seperti kaum dhuafa dan anak yatim merupakan salah satu penangkal ampuh dari munculnya beragam bala’ (baca: bencana atau musibah), termasuk wabah Corona. Demikian banyak para ulama menyampaikan.

Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Ketua Ansor Ranting Banasare. “Kami tidak ingin hanya gara-gara pandemi covid 19 ini, semua aktifitas sosial masyarakat terhenti total. Terlebih yang berkaitan dengan kondisi kehidupan kaum papa. Mereka harus tetap diperhatikan dan disantuni meski dalam suasana seperti saat ini”. Tutur sahabat Hefni.

Santunan dhuafa dan anak-anak yatim ini sendiri merupakan kegiatan rutin bulanan yang dilaksanakan Ansor Ranting Banasare. Dan inilah bentuk nyata dari komitmen Ansor Ranting Banasare untuk selalu menebar kemaslahatan dan kasih-sayang kepada sesama. Tak melulu soal manisnya teori, namun lebih kepada aksi maslahah kepada sesama.

Ibu Madiye, seorang janda yang mendapatkan santunan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Ansor Ranting Banasare telah memberikan santunan berupa kebutuhan pokok untuk mengurangi beban kebutuhan hidup sehari-harinya. Sementara target santunan kedua adalah Alif, anak yatim yang ditinggal wafat ayahnya sejak masih usia Paud. Senyum bahagia tampak terlihat jelas saat Alif menerima santunan berupa amplop di tangannya.

Menjadi harapan besar, semoga ke depan, Ansor Ranting Banasare senantiasa tetap istiqomah memberikan santunan, menebar kemaslahatan kepada sesama, kepada para dhuafa, kaum papa dan anak-anak yatim karena memang demikianlah ajaran Islam yang Rahmatan Lil Alamin dan sunnah Nabi Saw yang ditinggalkan kepada kita ummatnya. (am/bet)

Pos terkait