AS akan Kembali Buka Kedubes untuk Palestina di Yerusalem

  • Whatsapp

YERUSALEM, nusanews.net — Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Anthony Blinken pada Selasa (25/5) mengatakan bahwa negaranya akan membuka kembali kedutaan besar di Yerusalem dan memulihkan hubungan dengan Palestina.

Pernyataan itu muncul selama konferensi pers menyusul pertemuannya dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Ramallah sebagai bagian dari kunjungan resmi ke Palestina. Blinken mengatakan negaranya akan memberikan 5,5 juta dolar AS dalam bantuan keuangan darurat ke Jalur Gaza dan 32 juta dolar AS untuk mendukung lembaga bantuan internasional.

Bacaan Lainnya

“Kami akan terus menentang praktik sepihak yang mengarah pada kekerasan lebih lanjut antara Israel dan Palestina,” ujar dia.

Blinken tiba di Israel pada Selasa pagi dalam kunjungan pertama dia ke Timur Tengah sejak menjabat sebagai menlu AS. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berbicara dengan Blinken terkait sejumlah isu regional, termasuk kesepakatan gencatan senjata baru-baru ini dengan Jalur Gaza, dan masalah Iran.

Setelah pertemuannya dengan Netanyahu, Blinken bertemu dengan pejabat senior Israel, termasuk Presiden Reuven Rivlin dan Menteri Luar Negeri Gabi Ashkenazi, menurut juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price.

Blinken juga bertemu dengan Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh dan pejabat senior dari Otoritas Palestina, sebelum menuju ke Kairo dan Amman di Yordania.

Sumber: republika

Pos terkait