Apakah Belajar Bahasa Inggris itu Tuntutan atau Kebutuhan?

  • Whatsapp
Eka Haliah
Oleh: Eka Haliah

Banyak yang mengatakan bahwa belajar bahasa inggris itu sulit,tetapi kesulitan itu sudah bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Faktanya lagi belajar bahasa inggris itu sudah bisa dikatakan Kebutuhan dan Tuntutan. Mengapa demikian? Karena belajar bahasa Inggris itu sangat penting. Manfaat dan kegunannya juga sangat banyak,tidak menutup kemungkinan orang-orang disekeliling kita tidak mengetahuinya.

Nah,dikatakan kebutuhan karena di Era Globalisasi seperti saat ini bahasa inggris menjadi sumber mencari informasi dan Ilmu Pengetahuan dalam berbagai bidang. Dalam keadaan Pandemi Covid 19 seperti sekarang ini Bahasa Inggris menjadi sasaran utama untuk penggunaan aplikasi belajar online atau daring,contohnya saja aplikasi GoogleClassroom, Zoom,dan jitsiMeet,aplikasi ini menjadi tempat penggunaan proses belajar mengajar dari rumah yang dianjurkan oleh para Pengajar,untuk itu sudah sangat jelas bahwa Belajar bahasa inggris itu kebutuhan, kebutuhan untuk mempermudah segala proses belajar dalam mencari sumber informasi dan Ilmu Pengetahuan lainnya.

Baca Juga

Kemudian dengan Tuntutan,apakah belajar bahasa Inggris itu Tuntutan? Ini bisa dikatakan tuntutan karena pada bidang pendidikan akademis sebagaimana yang telah kita ketahui bersama,untuk para pelajar yang ingin melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi seperti S1 dan S2 diperguruan tinggi terkemuka,ada syarat yang mematokkan agar kita bisa memiliki kemampuan berbahasa inggris yang baik,syarat ini biasanya dilihat pada nilai TOEFL

diatas 500,maka dengan mengacu pada syarat tersebut,ada baiknya bahasa inggris memang dipelajari agar kelak untuk teman-teman yang memiliki cita-cita tinggi bisa tercapai dengan sangat baik seiring berjal annya waktu.

Terkadang kita semua juga sudah paham dan mengerti mengenai beberapa kata dalam sebuah kalimat bahasa Inggris,misalnya kata yang sering dan hampir digunakan dalam kehidupan sehari-hari kita seperti:

Saya ingin makan = I want to eat

By the way = Ngomong-ngomong

Good = baik

Bohong = lie

Lapar = Hungry

Kata-kata diatas itu sudah sangat sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari kita. Kemudian dengan begitu banyak manfaat dalam belajar bahasa Inggris ini membuat kita sadar,bahwa ilmu pengetahuan apapun memang sangat penting untuk dipelajari walaupun sulit.

Di sini saya mengatakan bahwa memang ini suatu kebutuhan dan tuntutan,karena dampaknya sudah mulai terasa bagi para pelajar,seperti ingin melanjutkan sekolah atau langsung bekerja,pasti ada test interview yang menanyakan skill dibidang bahasa tersebut.

Ahli dalam bidang komputer juga harus paham dan mengerti mengenai bahasa inggris,dan banyak lagi hal-hal atau kegiatan yang memang menggunakan bahasa inggris.

Untuk itu mengenai Tuntutan atau kebutuhan,belajar bahasa Inggris ini ialah Tuntutan dan memang Kebutuhan untuk semua orang terutama kalangan para pelajar. Jadi kita sebagai pelajar atau sebagai orang yang ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinngi lagi maka harus lebih giat dan rajin dalam mempelajari bahasa inggrisnya. Cara mudahnya seperti sering melihat film yang menggunakan subtitle bahasa inggris, membuat buku catatan kosa-kata sendiri, suka mendengarkan lagu bahasa inggris dengan menulis beberapa kata yang dimengerti dan mencari arti kata yang tidak dimengerti. Mungkin dengan melakukan hal itu bahasa inggris kita akan jauh lebih baik lagi,dan perlahan pasti kita mulai paham dengan prounounciation atau pengucapannya,speakingnya, dan yang paling penting adalah grammar yang terdapat pada pembuatan kalimat atau tenses yang sering berada disebuah kalimat.

Jadi disini saya menarik kesimpulan bahwa apapun pelajarannya sebagai peserta didik kita memang sudah wajib untuk mempelajarinya,kemudian kita memang harus belajar bahasa Inggris karena itu suatu tuntutan dan kebutuhan dengan manfaat yang sangat luar biasa untuk diri kita sendiri.

Pos terkait