Ansor Rubaru Santuni Janda dan Dhuafa

  • Whatsapp

SUMENEP, NusaNews.net – Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya. Sabda Nabi Saw inilah yang menjadi spirit utama yang melandasi terlaksananya kegiatan sosial bertajuk “Ansor Rubaru Peduli Dhuafa” yang dilaksanakan oleh PAC GP Ansor Rubaru, Jum’at, (01/01) di Desa Rubaru, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep.

“Kegiatan ini dilaksanakan di awal momen pergantian tahun 2021 sebagai penanda bahwa Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Rubaru siap menyambut tahun 2021 sebagai tahun kegiatan. Kita akan mengaktifkan kegiatan-kegiatan baik di tingkat PAC maupun Ranting”. Tutur Mahmudi selaku ketua PAC GP Ansor Rubaru.

Bacaan Lainnya

Pukul 14.30 kegiatan dimulai. Dipandu oleh Ketua Ansor Ranting Rubaru, sahabat Moh. Faid, para pengurus PAC GP Ansor Rubaru menyusuri jalanan setapak menuju lokasi target dhuafa. Pada kegiatan Ansor Rubaru Peduli Dhuafa kali ini, ada dua target dhuafa lansia yang mendapatkan santunan. Santunan berupa bahan sembako dan keperluan untuk mandi-nyuci yanng bisa dipakai untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Target pertama bernama nenek Supar warga dusun Bara’ Saba rt/rw 03/02. Nenek Supar tinggal sendirian. Suaminya sudah lama meninggal. Sementara putranya sudah menikah dan tinggal di rumah istrinya. Praktis, kebutuhan hidup harian nenek Supar ditanggung sendirian. Kondisi inilah yang membuat ketua Ranting desa Rubaru menjadikannya sebagai target santunan kali ini.

Sementara target kedua bernama nenek Disa, warga dusun Galagas rt/rw 04/04, desa Rubaru. Kondisi nenek Disa tidak jauh berbeda dengan nenek Supar. Statusnya sebagai janda membuatnya harus pontang-panting banting tulang untuk sekedar memenuhi kebutuhan hidup kesehariannya. Putra-putrinya juga sudah ikut pasangannya masing-masing. “Sesekali anak-anak pulang menjenguk saya, saya”. Demikian nenek Disa menjelaskan kepada kami.

Nenek Supar dan Disa merupakan potret nyata kondisi sosial warga masyarakat kita hari ini. Di luar sana masih banyak para dhuafa lansia yang kondisinya sama dengan nenek Supar dan nenek Disa. Bahkan yang lebih miris, banyak. Untuk itu PAC GP Ansor Rubaru berkomitmen untuk terus aktif menyalurkan santunan kepada para dhuafa lansia khususnya di Kecamatan Rubaru. Semoga ke depan, komitmen positif ini bisa berjalan dengan sukses. Amin (red)

Pos terkait