Akibat Serangan Taliban, 10 Tentara Afghanistan Terbunuh

  • Whatsapp

KABUL NusaNews.net – Taliban melakukan serangan kompleks yang menewaskan sedikitnya 10 tentara Afghanistan di provinsi Helmand selatan, kata seorang pejabat Afghanistan, Sabtu (28/12/2019).

Sebuah ledakan dahsyat pertama kali menghantam sebuah pos pemeriksaan militer Jumat malam (27/12), diikuti oleh pertempuran senjata selama satu jam, kata Omar Zwak, seorang juru bicara gubernur provinsi. Serangan itu juga melukai empat tentara, katanya.

Juru bicara Mujahidin Taliban, Qari Yusouf Ahmadi, mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, dengan mengatakan para mujahidnya juga menyita senjata dan amunisi.

Mujahidin telah meningkatkan serangan mereka dalam beberapa hari terakhir terhadap pangkalan militer Afghanistan dan pos-pos pemeriksaan di berbagai provinsi.

Serangan serupa menewaskan enam tentara Afghanistan pada Kamis (26/12), ketika seorang pembom bunuh diri meledakkan mobil yang sarat dengan bahan peledak di luar kompleks tentara di provinsi Balkh utara.

Pada Selasa (24/12), serangan lain terhadap sebuah pos pemeriksaan di provinsi Balk menewaskan sedikitnya tujuh tentara Afghanistan. Pada saat itu, Mujahidin Taliban mengatakan mereka juga menangkap empat pasukan Afghanistan dan menyita senjata dan amunisi.

Pada Senin (23/12), seorang tentara Amerika tewas dalam pertempuran di provinsi Kunduz utara. Taliban mengklaim mereka berada di balik pemboman pinggir jalan yang menargetkan pasukan Amerika dan Afghanistan di Kunduz.

Taliban saat ini telah mengendalikan setengah dari Afghanistan.


Sumber: arrahmah.com

Pos terkait