Toko Ritel Besar Tutup, Menteri PPN: Toko Online Menjadi Sebuah Ancaman


NUSANEWS - Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro menyebut penurunan daya beli dan beberapa toko ritel yang tutup karena konsumen banyak yang melakukan belanja secara online, termasuk belanja online dari luar negeri.

Seperti diketahui, industri ritel tanah air belakangan tengah mengalami guncangan. Beberapa ritel ternama bahwa sudah melakukan penutupan gerai di ibu kota, seperti Matahari, Ramayana, Lotus, Debenhams hingga GAP. Hal ini salah satunya diklaim pemerintah dipicu oleh belanja online yang mulai marak.

Menurut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro hadirnya toko online cukup berpengaruh dan menjadi ancaman. Meskipun saat ini pengaruhnya belum besar.

“Meskipun mungkin porsinya tidak terlalu besar dari belanja ritel jadi belanja online, tapi itu sudah mulai serius ya,” tutur Bambang di Gedung BEI, Jakarta, ditulis Jumat Kamis (15/12).

Apalagi kemudian, diklaim Bambang, meningkatnya laju impor barang konsumsi hingga dua digit di tengah kondisi daya beli yang melesu ditengarai karena adanya peningkatan belanja online.

“Tapi itu yang kemudian jadi pertanyaan, kalau konsumsinya disebut semua orang tengah melambat, kenapa impor barang konsumsinya naik tinggi? Jadi menurut saya kita memang perlu menguatkan data yang terkait dengan kegaitan online. Ritel harus menyesuaikan dengan kegiatan online,” klaim dia.

Terlebih lagi, disebutnya, data soal perdagangan online saat ini juga hanya terdeteksi dari perusahaan e-commerce saja. Padahal belanja secara online juga bisa dilakukan melalui media sosial. Transaksi tersebut yang sulit terdeteksi.

Badan Pusat Statistik (BPS) sendiri mencatat impor barang konsumsi pada September 2017 mengalami kenaikan 12,34% dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Makanya Bambang semakin yakin dan percaya bahwa tidak ada penurunan daya beli di masayarakat. Menurutnya yang terjadi hanyalah perubahan pola konsumsi dari masayarakat yang semula belanja offline ke belanja online.

“Kita lihat pertumbuhan konsumsi untuk makanan di luar restoran, ternyata masih cukup tinggi, sekitar 5%. Yang rendah kemarin pakaian hanya 2%. Perlu dicatat bahwa terjadinya perlambatan konsumsi triwulan III salah satunya karena Lebarannya beda. Lebaran tahun lalu itu triwulan III 2016, Lebaran tahun ini di triwulan II,” kilah Bambang.

SUMBER NUSANEWS.NET

BACA JUGA:

BAGAIMANA KOMENTAR ANDA?

loading...
Nama

Bisnis,1673,Daerah,946,Edukasi,66,Ekonomi,1058,Hukum,6634,Inspiratif,24,Investasi,29,Islami,73,IsNews,999,Jabodetabek,5769,Jurnalistik,1121,Keamanan,387,Mancanegara,2262,Mualaf,139,Nasional,1353,News,1769,Olahraga,222,Otomotif,12,Peristiwa,8474,Pilkada,741,Politik,14215,Ramadhan,17,Seleb,1027,Story,23,Suara Publik,288,Tekno,188,Tips,40,TOP,19,Unik,43,Video,877,Wow,26,
ltr
item
NUSANEWS: Toko Ritel Besar Tutup, Menteri PPN: Toko Online Menjadi Sebuah Ancaman
Toko Ritel Besar Tutup, Menteri PPN: Toko Online Menjadi Sebuah Ancaman
Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro menyebut penurunan daya beli dan beberapa toko ritel yang tutup karena konsumen banyak yang melakukan belanja secara online, termasuk belanja online dari luar negeri.
https://2.bp.blogspot.com/-Y11mlmfgXUQ/WjOsrSkcGjI/AAAAAAAB2Jc/NKX8IjpzysYWo710NBNJzhQkoEk58mtlgCLcBGAs/s640/Menkeu-Empat-Tantangan-dalam-Ekonomi-Global-2016.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-Y11mlmfgXUQ/WjOsrSkcGjI/AAAAAAAB2Jc/NKX8IjpzysYWo710NBNJzhQkoEk58mtlgCLcBGAs/s72-c/Menkeu-Empat-Tantangan-dalam-Ekonomi-Global-2016.jpg
NUSANEWS
http://www.nusanews.net/2017/12/toko-ritel-besar-tutup-menteri-ppn-toko.html
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/2017/12/toko-ritel-besar-tutup-menteri-ppn-toko.html
true
5398521020948470106
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts TAMPILKAN SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman Berita View All SARAn UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI BERITA ALL POSTS Berita yang Anda Cari Tidak Ditemukan! Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru Saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow KONTEN INI TERBATAS! Silahkan Bagikan Untuk Membuka atau Melihatnya Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy