Polri Sudah Transparan, Ini Saran Bang Johnson untuk Novel Baswedan


NUSANEWS, JAKARTA -  Penasihat hukum Indonesia Police Watch (IPW) Johnson Panjaitan menyarankan kepada Novel Baswedan yang kini berada di Singapura agar tidak mengumbar pernyataan yang bukan pro justitia. Pasalnya, penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu melontarkan tuduhan melalui media tentang adanya petinggi Polri yang terlibat teror penyiraman air keras yang menimpanya.

"Novel kan penyidik, semua harus (berdasar) hukum.  Apalagi sekarang non-pro justitia-nya sudah sampai menuduh. Kalau Kapolrinya masih Tito (Karnavian), tidak mungkin terungkap katanya," ujar Johnson di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (2/8).

Johnson menyebut pernyataan Novel tentu mengandung makna dan pesan. Menurutnya, pesan di balik pernyataan itu tidak hanya mengisyaratkan bahwa Novel pesimistis dengan kerja Polri dalam mengungkap kasusnya.

"Lebih buruk dari itu, institusi Polri ini tidak dipercaya," kata Johnson menafsirkan pernyataan Novel.

Karena itu Johnson menyarankan kepada Novel agar memberikan keterangan ke polisi dan dituangkan dalam berita acara pemeriksaan (BAP). Sebab, tudingan yang dilontarkan Novel ke Polri bisa berujung fitnah.

"Karena kalau nanti Novel ditanyakan itu tidak di-BAP, risikonya akan ke Novel. Bukan cuma fitnah, tapi ini institusi," ujarnya.

Selain itu, kata dia, Novel tidak berhak bicara seperti itu. Sebab, lebih baik Novel berbicara soal kecurigaan itu kepada penyidik Polri.

"Karena kalau tidak risikonya adalah selain substansi tidak terjawab, muncul problem lain," Johnson.

Bagaimana dengan munculnya ide agar ada tim gabungan pencari fakta (TPGF) kasus Novel? Johnson menganggap hal itu belum diperlukan.

Dia menilai Polri sudah transparan dalam melakukan penyelidikan untuk memburu penyiram Novel. Indikatornya, Polri datang ke KPK untuk menjelaskan proses penyelidikan.

Selain itu, Presiden Joko Widodo juga sudah memanggil Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk menjelaskannya ke publik. Bahkan dalam sebuah dialog di televisi, wakil Polri membeber proses penyelidikan yang sudah dilakukan.

"Kurang transparan? Bahkan menurut saya polisi sudah merendahkan diri diundang di ILC (Indonesia Lawyer Club, red), proses penyidikannya dia buka semua," katanya.  (jpnn) NUSANEWS.NET

BACA JUGA:

BAGAIMANA KOMENTAR ANDA?

loading...
Nama

Bisnis,1670,Daerah,945,Edukasi,66,Ekonomi,1058,Hukum,6631,Inspiratif,24,Investasi,29,Islami,73,IsNews,998,Jabodetabek,5767,Jurnalistik,1121,Keamanan,387,Mancanegara,2262,Mualaf,139,Nasional,1353,News,1769,Olahraga,222,Otomotif,12,Peristiwa,8473,Pilkada,741,Politik,14211,Ramadhan,17,Seleb,1027,Story,23,Suara Publik,288,Tekno,188,Tips,40,TOP,19,Unik,43,Video,877,Wow,26,
ltr
item
NUSANEWS: Polri Sudah Transparan, Ini Saran Bang Johnson untuk Novel Baswedan
Polri Sudah Transparan, Ini Saran Bang Johnson untuk Novel Baswedan
Penasihat hukum Indonesia Police Watch (IPW) Johnson Panjaitan menyarankan kepada Novel Baswedan yang kini berada di Singapura agar tidak mengumbar pernyataan yang bukan pro justitia. Pasalnya, penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu melontarkan tuduhan melalui media tentang adanya petinggi Polri yang terlibat teror penyiraman air keras yang menimpanya.
https://4.bp.blogspot.com/-e1sMjsJyf4Q/WYHHBpL8KCI/AAAAAAAADco/zbh8wQZ8UMoAgeDlux4caWqJDxRC7pjpgCEwYBhgL/s640/Penyidik-senior-KPK-Novel-Basweda.-Foto-via-Jawa-Pos.jpeg
https://4.bp.blogspot.com/-e1sMjsJyf4Q/WYHHBpL8KCI/AAAAAAAADco/zbh8wQZ8UMoAgeDlux4caWqJDxRC7pjpgCEwYBhgL/s72-c/Penyidik-senior-KPK-Novel-Basweda.-Foto-via-Jawa-Pos.jpeg
NUSANEWS
http://www.nusanews.net/2017/08/polri-sudah-transparan-ini-saran-bang.html
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/2017/08/polri-sudah-transparan-ini-saran-bang.html
true
5398521020948470106
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts TAMPILKAN SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman Berita View All SARAn UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI BERITA ALL POSTS Berita yang Anda Cari Tidak Ditemukan! Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru Saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow KONTEN INI TERBATAS! Silahkan Bagikan Untuk Membuka atau Melihatnya Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy