Pemerintah Lirik Dana Haji, DPR: Jangan Langgar Peraturan Perundangan


NUSANEWS, JAKARTA -  Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher Parasong mengimbau, rencana pemerintah ingin memanfaatkan dana haji untuk pembangunan infrastruktur agar dilakukan dengan prinsip kehati-hatian, syariah dan nilai manfaat serta sesuai amanah aturan perundangan.

“Kami dari Komisi VIII DPR RI, bukan menolak rencana pemerintah yang ingin memanfaatkan dana haji untuk pembangunan infrastruktur jalan, jembatan dan sebagainya. Tapi harus, tapi harus sangat hati-hati dan sesuai amanah aturan perundangan,” kata Ali Taher Parasong pada diskusi “Investasi Infrastruktur dari Dana Haji” di Gedung DPR RI, Selasa (1/8).

Menurut Ali Taher, berdasarkan UU No 34 tahun 2014 tentang pengelolaan keuangan haji telah mengamanahkan secara tegas penggunaan dana haji harus memperhatikan beberapa hal. Pada pasal 2 menyebutkan, prinsip pengelolaan keuangan haji berdasarkan azas; syariah, kehati-hatian, manfaat, nirlaba, transparan, dan akuntabel.

Kemudian, pasal 3 menyebutkan pengelolaan keuangan haji bertujuan untuk peningkatan kualitas penyelenggaraan ibadah haji, rasionalitas dan efisiensi BPIH, serta kemaslahatan umat Islam.

“Dalam persfektif itu maka aspek legalitasnya sudah jelas, bahwa keuangan haji hanya untuk diperuntukan bagi jamaah haji dan kepentingan umat Islam.”

Politisi Partai Amanat Nasional atau PAN ni juga mengutip pasal 26 yang menyebutkan pengelolaan keuangan haji secara transparan dan akuntabel untuk sebesar-besarnya kepentingan jamaah haji dan kemaslahatan umat Islam.

Kemudian pada pasal 48, kata dia, menyebutkan penempatan atau investasi keuangan haji dapat dilakukan dalam bentuk produk perbankan, surat berharga, emas, investasi langsung dan investasi lainnya.

“Amanah pasal ini harus disikapi secara hati-hati oleh BPKH (Badan Pengelolaan Keuangan Haji) yang baru terbentuk.”

Pada pasal 48 ayat 2, katanya, menyebutkan penempatan investasi keuangan Haji sebagaimana yang dimaksud pada ayat 1 dilakukan sesuai dengan nilai manfaat dan liquiditas. Ali Taher juga mengingatkan, BPKH baru dibentuk dan belum ada lembaga operasionalnya serta belum memiliki kerangka programnya.

Menurut dia, pertanyaan berikutnya, penggunaan keuangan haji untuk investasi yakni pembangunan infra struktur, maka Pemerintah akan mendelegasikan kepada Badan Usaha Milik Negara atau BUMN yang belum tentu profit.  (akt) NUSANEWS.NET

BACA JUGA:

BAGAIMANA KOMENTAR ANDA?

loading...
Nama

Bisnis,1670,Daerah,945,Edukasi,66,Ekonomi,1058,Hukum,6631,Inspiratif,24,Investasi,29,Islami,73,IsNews,998,Jabodetabek,5767,Jurnalistik,1121,Keamanan,387,Mancanegara,2262,Mualaf,139,Nasional,1353,News,1769,Olahraga,222,Otomotif,12,Peristiwa,8473,Pilkada,741,Politik,14211,Ramadhan,17,Seleb,1027,Story,23,Suara Publik,288,Tekno,188,Tips,40,TOP,19,Unik,43,Video,877,Wow,26,
ltr
item
NUSANEWS: Pemerintah Lirik Dana Haji, DPR: Jangan Langgar Peraturan Perundangan
Pemerintah Lirik Dana Haji, DPR: Jangan Langgar Peraturan Perundangan
Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher Parasong mengimbau, rencana pemerintah ingin memanfaatkan dana haji untuk pembangunan infrastruktur agar dilakukan dengan prinsip kehati-hatian, syariah dan nilai manfaat serta sesuai amanah aturan perundangan.
https://3.bp.blogspot.com/-HQbd4aiJPTA/WYCTUBALzpI/AAAAAAAADTo/4Ue5rFwth_sSpCevph-UgLapa_RsnnNuwCLcBGAs/s640/HL-27-Juli_Relokasi-ke-Infrastruktur-DPR-Dana-Haji-Harus-Bermanfaat-Bagi-Jamaah.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-HQbd4aiJPTA/WYCTUBALzpI/AAAAAAAADTo/4Ue5rFwth_sSpCevph-UgLapa_RsnnNuwCLcBGAs/s72-c/HL-27-Juli_Relokasi-ke-Infrastruktur-DPR-Dana-Haji-Harus-Bermanfaat-Bagi-Jamaah.jpg
NUSANEWS
http://www.nusanews.net/2017/08/pemerintah-lirik-dana-haji-dpr-jangan.html
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/2017/08/pemerintah-lirik-dana-haji-dpr-jangan.html
true
5398521020948470106
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts TAMPILKAN SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman Berita View All SARAn UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI BERITA ALL POSTS Berita yang Anda Cari Tidak Ditemukan! Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru Saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow KONTEN INI TERBATAS! Silahkan Bagikan Untuk Membuka atau Melihatnya Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy