AS Akan Tekan China dan Negara Asia Lainnya ke Korut


NUSANEWS, WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Rex Tillerson akan menekan China dan negara-negara Asia lainnya agar mengambil tindakan lebih keras terhadap Korea Utara.

“Tekanan itu akan dilancarkan Tillerson saat menghadiri pertemuan kawasan di Manila mulai pekan depan,” ujar Susan Thornton selaku pejabat pelaksana asisten menteri luar negeri urusan Asia Timur, Rabu (2/8).

Dia menyebut, Tillerson akan punya kesempatan untuk berbicara dengan menteri luar negeri China pada pertemuan Perhimpunan Negara-negara Asia Tenggara di Manila. Namun, dia tidak berencana untuk melakukan pertemuan dengan menteri luar negeri Korea Utara di sana.

Susan mengatakan, Tillerson yang dijadwalkan tiba di Manila akan mengupayakan kerja sama lebih erat dalam mengucilkan Korea Utara, serta menerapkan sanksi-sanksi Perserikatan Bangsa-bangsa atas program peluru kendali dan senjata nuklir Korut.

Menurut Susan, Washington menginginkan negara-negara untuk secara drastis menurunkan hubungan dengan Pyongyang.

“Yang kita sedang upayakan adalah menggembleng tekanan ini serta mengucilkan Korea Utara agar (negara) itu bisa melihat kesempatan yang hilang karena mengembangkan program senjata,” ujarnya kepada para wartawan melalui telepon menyangkut lawatan Tillerson ssperti yang dilansir Reuters, Kamis (3/8).

Susan mengatakan China telah mengambil langkah-langkah penting, untuk meningkatkan tekanan terhadap negara tetangganya, Korea Utara. “Tapi (China) bisa melakukan lebih banyak lagi untuk meningkatkan penerapan sanksi-sanksi yang sudah ada dan menerapkan banyak lagi (sanksi).”

Trump pada Sabtu menuding Beijing tidak membantu apa-apa soal Korea Utara dan menunjuk defisit besar dalam perdagangan antara AS dan China. Susan mengatakan Tillerson akan terus menekan China soal masalah Laut China Selatan. Sementara di Asia, Amerika Serikat terus menekankan agar pedoman perilaku segera digunakan atas sengketa-sengketa kewilayahan.

Selain akan menekan China dan Negara Asean, menurut dia, Amerika Serikat juga akan membahas masalah hak asasi manusia dengan pemerintahan Presiden Filipina Rodrigo Dutere terkait perang terhadap narkoba. Tillerson juga akan berkunjung ke Thailand pada Selasa depan dan kemudian ke Malaysia.

(akt) NUSANEWS.NET

BACA JUGA:

BAGAIMANA KOMENTAR ANDA?

loading...
Nama

Bisnis,1670,Daerah,945,Edukasi,66,Ekonomi,1058,Hukum,6631,Inspiratif,24,Investasi,29,Islami,73,IsNews,998,Jabodetabek,5767,Jurnalistik,1121,Keamanan,387,Mancanegara,2262,Mualaf,139,Nasional,1353,News,1769,Olahraga,222,Otomotif,12,Peristiwa,8473,Pilkada,741,Politik,14211,Ramadhan,17,Seleb,1027,Story,23,Suara Publik,288,Tekno,188,Tips,40,TOP,19,Unik,43,Video,877,Wow,26,
ltr
item
NUSANEWS: AS Akan Tekan China dan Negara Asia Lainnya ke Korut
AS Akan Tekan China dan Negara Asia Lainnya ke Korut
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Rex Tillerson akan menekan China dan negara-negara Asia lainnya agar mengambil tindakan lebih keras terhadap Korea Utara.
https://1.bp.blogspot.com/-YslCGw2bjf0/WYK-6csDlwI/AAAAAAAADgk/RWap4ookm8Y358AUlgUHEZJI3fOKa8NkwCLcBGAs/s640/HL-21-Maret_Korut-Uji-Coba-Mesin-Roket-Trump-Kritik-Kim-Jong-Un.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-YslCGw2bjf0/WYK-6csDlwI/AAAAAAAADgk/RWap4ookm8Y358AUlgUHEZJI3fOKa8NkwCLcBGAs/s72-c/HL-21-Maret_Korut-Uji-Coba-Mesin-Roket-Trump-Kritik-Kim-Jong-Un.jpg
NUSANEWS
http://www.nusanews.net/2017/08/as-akan-tekan-china-dan-negara-asia.html
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/2017/08/as-akan-tekan-china-dan-negara-asia.html
true
5398521020948470106
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts TAMPILKAN SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman Berita View All SARAn UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI BERITA ALL POSTS Berita yang Anda Cari Tidak Ditemukan! Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru Saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow KONTEN INI TERBATAS! Silahkan Bagikan Untuk Membuka atau Melihatnya Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy