Utang Tembus Rp 3.600 Triliun, Sri Mulyani: Jangan Takut, Kalau Ingin Kurangi, Maka Pajak Harus Dinaikkan


NUSANEWS, JAKARTA - Utang negara per Mei 2017 tembus Rp 3.672,33 triliun. Meski utang sudah menggunung, pemerintah sering sekali menyampaikan bahwa utang negara masih aman. Rakyat diminta tak khawatir dengan kondisi ini. Menteri Keuangan Sri Mulyani tidak ingin besarnya utang pemerintah bikin masyarakat ketakutan.

Per Mei 2017, pemerintah mencatat nilai utang sebesar Rp 3.672,33 triliun. Angka ini naik Rp 4,92 triliun dibanding bulan sebelumnya yang sebesar Rp 3.667,41 triliun. Ini juga naik Rp 201 triliun dibandingkan posisi Desember 2016.

"Kami akan tetap menjaga ekonomi Indonesia dan pengelolaan utang secara hati-hati, transparan. Kami terus jaga secara hati-hati. Kalau ingin kurangi utang maka penerimaan pajak harus dinaikkan. Itu kami lakukan dengan reform perpajakan," ungkap Sri Mul di Kantor Kementerian Kuangan, kemarin.

Bekas Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menilai, besaran utang pemerintah masih relatif terjaga. Angkanya masih di bawah 30 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Posisi Indonesia juga jauh lebih baik dari negara berkembang lain. Ada beberapa negara justru memiliki rasio utang terhadap PDB mencapai 100 sampai 200 persen.

Dari sisi defisit anggaran negara, Sri Mul menilai masih lebih baik ketimbang negara berkembang seperti Brazil, Meksiko dan Argentina, bahkan India sekalipun. "Defisit kita juga dibatasi undang-undang di bawah 3 persen. Kalau dibanding negara lain yang dianggap negaranya perform seperti India, defisit kita jauh lebih kecil," jelasnya.

Menurutnya, pemerintah kerap berutang untuk menutup defisit belanja di APBN. Ini dilakukan karena penerimaan negara belum optimal sehingga target tidak tercapai. Padahal program pembangunan sudah dicanangkan di APBN dan perlu dana untuk menjalankan. Kalau kurang pembiayaan, program pembangunan tersendat.

Sri Mul juga mengatakan, pemerintah lebih berhati-hati lagi melakukan spending atau belanja. Kehati-hatian yang dimaksud adalah memastikan efisiensi belanja pemerintah dan mengatur kembali skala prioritas agar mengalir ke sektor produktif. Adapun jenis belanja 'kritis' yang mau tak mau terus diupayakan pemerintah yakni belanja untuk pendidikan, kesehatan dan belanja yang kaitannya untuk bantuan sosial.

"Itu semua tidak bisa ditunda. Jadi sedapat mungkin penerimaan pajak kita dapat memenuhi kebutuhan dasar itu. Kalaupun berutang sedapat mungkin untuk belanja modal dan menghasilkan produktivitas dan tingkat pengembalian bisa terbayarkan kembali. Ini masyarakat perlu tahu. Sehingga memahami dan melihat pilihannya kenapa dan untuk apa kita berutang, bagaimana mengelolanya. Jadi tidak menjadi cerita yang terlalu mengkhawatirkan bagi masyarakat," paparnya.

Menanggapi utang negara yang meningkat, sikap netizen terbelah. Misalnya, akun @bima menilai wajar masyarakat khawatir. "Wajar saja jika Rakyat kawatir. April kemarin, Bu Sri Mulyani bilang “Satu Penduduk Indonesia Tanggung Utang Negara Rp 13 juta," kicau dia, diamini @malhamahkubro. "Bayar bunga hutang aja pake hutang baru gimana bu eee," kicaunya.

Namun, akun @mbahenanang mendukung Sri Mul terkait reformasi perpajakan "Kurangi utang, pajak naek buat bayar bunga utang. Yongkreeeee," kicaunya, disambut @Candra44424743. "Pemerintah sudah mengajarkan kita. Meskipun utang menumpuk segunung. Kita tetep woles," cuitnya.

Akun @tristyanto76 berharap betul Sri Mul mencari pendapatan dari sektor lain selain subsidi. "Jangan solusinya mencabut subsidi ya bu!" cuitnya. "Caranya ngurangi jangan korban rakyat," cuit @riduan_saidi.

Ada pula netizen yang becanda. "Alhamdulillah, sisa THR dipake buat bantuin negara nyicil utang. Semoga barokah," ujar @ikramarki. "Emang naik di lantai berapa, kok disuruh turun?" canda @FahmiAgustian. Akun @edgarzansta mengingatkan. "Negara masih utang kali ke para pegawainya -mana gaji 13 belum turun," katanya.

Di link berita terkait, netizen juga tak masalah utang negara bertambah. Asal peruntukannya jelas untuk sesuatu yang produktif. "Ya gak papa kalau untuk membagun infrastruktur, jalan, jembatan kreta api, pelabuhan, bandara karena akan memperlancar arus perpidahan modal/barang otomatis roda ekonomi akan bergulir dengan biaya lebih rendah," tulis @ibenkbadak. (rm) NUSANEWS.NET

BACA JUGA:

BAGAIMANA KOMENTAR ANDA?

loading...
Nama

Bisnis,1670,Daerah,945,Edukasi,66,Ekonomi,1058,Hukum,6631,Inspiratif,24,Investasi,29,Islami,73,IsNews,998,Jabodetabek,5767,Jurnalistik,1121,Keamanan,387,Mancanegara,2262,Mualaf,139,Nasional,1353,News,1769,Olahraga,222,Otomotif,12,Peristiwa,8473,Pilkada,741,Politik,14211,Ramadhan,17,Seleb,1027,Story,23,Suara Publik,288,Tekno,188,Tips,40,TOP,19,Unik,43,Video,877,Wow,26,
ltr
item
NUSANEWS: Utang Tembus Rp 3.600 Triliun, Sri Mulyani: Jangan Takut, Kalau Ingin Kurangi, Maka Pajak Harus Dinaikkan
Utang Tembus Rp 3.600 Triliun, Sri Mulyani: Jangan Takut, Kalau Ingin Kurangi, Maka Pajak Harus Dinaikkan
Utang negara per Mei 2017 tembus Rp 3.672,33 triliun. Meski utang sudah menggunung, pemerintah sering sekali menyampaikan bahwa utang negara masih aman. Rakyat diminta tak khawatir dengan kondisi ini. Menteri Keuangan Sri Mulyani tidak ingin besarnya utang pemerintah bikin masyarakat ketakutan.
https://3.bp.blogspot.com/-ptKevwpcv3I/WVswBFJcGmI/AAAAAAAB0Ag/NeqK7WsysmYncy-qGO1ECoBEuOU8Y4xsgCLcBGAs/s640/muvhipshnt3qfiulvkfe.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-ptKevwpcv3I/WVswBFJcGmI/AAAAAAAB0Ag/NeqK7WsysmYncy-qGO1ECoBEuOU8Y4xsgCLcBGAs/s72-c/muvhipshnt3qfiulvkfe.jpg
NUSANEWS
http://www.nusanews.net/2017/07/utang-tembus-rp-3600-triliun-sri.html
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/2017/07/utang-tembus-rp-3600-triliun-sri.html
true
5398521020948470106
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts TAMPILKAN SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman Berita View All SARAn UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI BERITA ALL POSTS Berita yang Anda Cari Tidak Ditemukan! Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru Saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow KONTEN INI TERBATAS! Silahkan Bagikan Untuk Membuka atau Melihatnya Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy