Ulama: Pemerintah Zalim Jika Alihkan Dana Haji Untuk Infrastruktur


NUSANEWS, JAKARTA - Rencana pemerintah yang akan meminjam dana haji untuk pembiayaan pembangunan infrastruktur menjadi salah satu topik yang menjadi sorotan publik sepekan terakhir. Polemik ini menjadi kontroversi karena dana tersebut sebagai dana umat yang sejatinya diperuntukan dalam pelaksanaan ibadah haji.

Permasalahan ini pun menuai banyak tanggapan negatif dari publik, sejumlah pengamat dan politikus telah angkat suara terkait dana haji dari kaca mata politik dan ekonomi. Lantas bagaimana dengan rencana ini jika dilihat dari kaca mata agama?

Pengurus Pesantren Zawiyah Arraudah Tebet, Jakarta, Ust. Deden Sajidin, mengatakan bahwa rencana pemerintah yang akan meminjam dana haji sebagai sumber pembiayaan infrastruktur sebagai penyalahgunaan wewenang karena mengkhianati amanah para calon jamaah haji.

“Menyalahgunakan wewenang ya jelas itu namanya zalim,” ucap Ust, Deden kepada Aktual, Sabtu (29/7).

Menurut Ust. Deden, para pembuat kebijakan atau pihak-pihak yang berkepentingan dengan dana haji sebaiknya tidak mengutak-atik atau mencoba memutar uang tersebut dengan maksud apa pun. Dana haji, jelasnya, adalah sebuah amanah karena para calon jamaah mempercayakan dana tersebut kepada pemerintah atau pihak-pihak lain guna kelancaran ibadah mereka.

“Itu kembali pada akad, itu harus betul-betul digunakan sesuai akad, jamaah itu menyetorkan untuk apa,” terangnya.

Ust. Deden pun menekankan bahwa dana haji sejatinya adalah dana titipan atau amanah umat yang ingin melaksanakan ibadah haji. Meskipun pemerintah berdalih bahwa banyak calon jamaah haji yang masih mengantri bertahun-tahun untuk melaksanakan rukun kelima dari rukun Islam tersebut, tetap saja para calon jamaah membayar uang tersebut untuk keperluan ibadahnya, bukan untuk digunakan keperluan yang lain.

Tak ayal, Ust. Deden pun menganggap rencana penggunaan dana haji ini sebagai pengkhianatan terhadap amanah umat, walaupun pemerintah bersikeras meminjam dana tersebut.

“Bisa jadi termasuk pengkhianatan amanah karena menyalahi akad, tidak amanah,” tegas Ust. Deden.

“Belum lagi kalau dari sekian proyek itu gagal, ada pelabuhan atau infrastruktur yang kena bencana alam saat dana haji belum dikembalikan, misalnya,” imbuhnya.

Menurut Ust. Deden, hal tersebut sedikit berbeda jika dana haji digunakan untuk pembangunan sarana dan prasarana maupun yang menunjang keperluan ibadah haji para jamaah.

“Umpamanya pembangunan asrama haji, pembelian pesawat untuk penambahan armada, enggak masalah meskipun enggak berhasil,” pungkasnya.
Pewarta : Teuku Wildan A. (akt) NUSANEWS.NET

BACA JUGA:

BAGAIMANA KOMENTAR ANDA?

loading...
Nama

Bisnis,1670,Daerah,945,Edukasi,66,Ekonomi,1058,Hukum,6631,Inspiratif,24,Investasi,29,Islami,73,IsNews,998,Jabodetabek,5767,Jurnalistik,1121,Keamanan,387,Mancanegara,2262,Mualaf,139,Nasional,1353,News,1769,Olahraga,222,Otomotif,12,Peristiwa,8473,Pilkada,741,Politik,14211,Ramadhan,17,Seleb,1027,Story,23,Suara Publik,288,Tekno,188,Tips,40,TOP,19,Unik,43,Video,877,Wow,26,
ltr
item
NUSANEWS: Ulama: Pemerintah Zalim Jika Alihkan Dana Haji Untuk Infrastruktur
Ulama: Pemerintah Zalim Jika Alihkan Dana Haji Untuk Infrastruktur
Rencana pemerintah yang akan meminjam dana haji untuk pembiayaan pembangunan infrastruktur menjadi salah satu topik yang menjadi sorotan publik sepekan terakhir. Polemik ini menjadi kontroversi karena dana tersebut sebagai dana umat yang sejatinya diperuntukan dalam pelaksanaan ibadah haji.
https://3.bp.blogspot.com/-6EpbeMWdnds/WXyo191jSKI/AAAAAAAB1mY/LAq1zhbCHAosrXqACoDNmAeDcA6MkNfxQCLcBGAs/s640/Ust-Dedden-Sajidin.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-6EpbeMWdnds/WXyo191jSKI/AAAAAAAB1mY/LAq1zhbCHAosrXqACoDNmAeDcA6MkNfxQCLcBGAs/s72-c/Ust-Dedden-Sajidin.jpg
NUSANEWS
http://www.nusanews.net/2017/07/ulama-pemerintah-zalim-jika-alihkan.html
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/2017/07/ulama-pemerintah-zalim-jika-alihkan.html
true
5398521020948470106
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts TAMPILKAN SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman Berita View All SARAn UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI BERITA ALL POSTS Berita yang Anda Cari Tidak Ditemukan! Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru Saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow KONTEN INI TERBATAS! Silahkan Bagikan Untuk Membuka atau Melihatnya Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy