Terungkap, Imigrasi Sengaja Biarkan WN Tiongkok Sindikat Penipuan Online Internasional Masuk Indonesia!


NUSANEWS, JAKARTA - Pengungkapan 150 WN Tiongkok sindikat penipuan online terbilang jadi pengungkapan sindikat siber lintas negara terbesar yang pernah di ungkap polisi di Indonesia.

Penangkapan itu pun dilakukan serentak di empat wilayah berbeda secara bersamaa, yakni di Jakarta, Surabaya, Bali dan Batam.

Namun ada fakta menarik dimana para pelaku kejahatan yang profesional itu ternyata sengaja membiarkan sindikat penipuan online internasional itu masuk ke Indonesia!

Hal itu diungkap Kepala Bagian Humas Ditjen Imigrasi, Agung Sampurno kepada Jawa Pos (induk grup pojoksatu.id), Minggu (30/7).

“Mereka masuk dari airport. Ketika masuk kita biarkan dia masuk,” ungkapnya.

Agung beralasan, pihaknya sengaja membiarkan WNA itu masuk agar mempermudah penangkapan.

Dengan begiti, bisa ditelusuri mereka berkumpul dan melakukan kejahatannya di mana.

“Karena kalau ditangkapnya di airport yang lain melarikan diri, selesai, nggak kebongkar jaringannya,” beber Agung.

Lagi pula, untuk melakukan penangkapan, lanjutnya, dibutuhkan bukti kuat bahwa mereka melakukan kejahatan siber lintas negara dimaksud.

“Tindak kejahatan itu baru ketangkep kalau OTT (operasi tangkap tangan) kan. Nggak bisa kita menuduh orang sembarang tanpa bukti,” tegas anak buah Ronny Sompie itu.

Meski demikian, Agung enggan membuka data, sudah berapa lama WN Tiongkok itu berada di Indonesia.

Dia juga tidak mau menjawab secara detil terkait teknis pengawasan. Yang pasti, pihaknya membantah telah kecolongan.

Namun yang pasti dia mengatakan, ditangkapnya para WNA itu merupakan hasil operasi polisi Indonesia yang berkerja sama dengan polisi Tiongkok.

Kepolisian itu pun sudah melakukan pemantauan, pengintaian dan penyamaran cukup lama.

“Tindak kejahatan transnasional itu tidak bisa diselesaikan satu negara bahkan China saja minta bantuan. Nangkap teroris juga begitu,” pungkas Agung. (ps) NUSANEWS.NET

BACA JUGA:

BAGAIMANA KOMENTAR ANDA?

loading...
Nama

Bisnis,1670,Daerah,945,Edukasi,66,Ekonomi,1058,Hukum,6631,Inspiratif,24,Investasi,29,Islami,73,IsNews,998,Jabodetabek,5767,Jurnalistik,1121,Keamanan,387,Mancanegara,2262,Mualaf,139,Nasional,1353,News,1769,Olahraga,222,Otomotif,12,Peristiwa,8473,Pilkada,741,Politik,14211,Ramadhan,17,Seleb,1027,Story,23,Suara Publik,288,Tekno,188,Tips,40,TOP,19,Unik,43,Video,877,Wow,26,
ltr
item
NUSANEWS: Terungkap, Imigrasi Sengaja Biarkan WN Tiongkok Sindikat Penipuan Online Internasional Masuk Indonesia!
Terungkap, Imigrasi Sengaja Biarkan WN Tiongkok Sindikat Penipuan Online Internasional Masuk Indonesia!
Pengungkapan 150 WN Tiongkok sindikat penipuan online terbilang jadi pengungkapan sindikat siber lintas negara terbesar yang pernah di ungkap polisi di Indonesia.
https://3.bp.blogspot.com/-ieKdz0r-T8M/WX3AbyJ_45I/AAAAAAAB1pI/VQLQZwp72pgWbhfk0n_4a2mnEkGuIkzRQCLcBGAs/s640/Polisi-berdiri-membawa-catatan-sedang-mendata-para-WN-Tiongkok-yang-menjadi-pelaku-kejahatan-siber-MIFTAHUDDIN-HALIM-RADAR-BALI.jpeg
https://3.bp.blogspot.com/-ieKdz0r-T8M/WX3AbyJ_45I/AAAAAAAB1pI/VQLQZwp72pgWbhfk0n_4a2mnEkGuIkzRQCLcBGAs/s72-c/Polisi-berdiri-membawa-catatan-sedang-mendata-para-WN-Tiongkok-yang-menjadi-pelaku-kejahatan-siber-MIFTAHUDDIN-HALIM-RADAR-BALI.jpeg
NUSANEWS
http://www.nusanews.net/2017/07/terungkap-imigrasi-sengaja-biarkan-wn.html
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/2017/07/terungkap-imigrasi-sengaja-biarkan-wn.html
true
5398521020948470106
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts TAMPILKAN SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman Berita View All SARAn UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI BERITA ALL POSTS Berita yang Anda Cari Tidak Ditemukan! Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru Saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow KONTEN INI TERBATAS! Silahkan Bagikan Untuk Membuka atau Melihatnya Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy