Terkait Reklamasi, Pejabat Pemprov Jakarta Tidak Merasa Khianati Rakyat


NUSANEWS, JAKARTA - Seorang pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyatakan tidak merasa mengkhianati rakyat ibu kota terkait reklamasi Teluk Jakarta. Pernyataan tersebut diucapkan secara tersirat oleh Kepala Bidang (Kabid) Dampak Pengendalian Lingkungan Dinas Lingkungan (Dinas LH) DKI Jakarta, Andono Warih kepada Media.

Dinas LH DKI Jakarta sendiri sebagai pihak yang menyelenggarakan sidang pembahasan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) reklamasi Pulau G di kantor Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Cililitan, Jakarta Timur, Selasa (11/7). Sebelumnya, Dinas LH juga menggelar sidang serupa untuk membahas Amdal Pulau C dan D pada 30 Maret lalu.

Ketika ditanya apakah ada perasaan mengkhianati warga Jakarta karena pembahasan Amdal ketiga pulau reklamasi tersebut tidak melibatkan unsur nelayan yang menentang proyek reklamasi, Andono berkelit bahwa pihaknya telah mengundang elemen masyarakat dalam setiap pembahasan Amdal pulau reklamasi.

“Kan tadi ada nelayan juga dateng, jadi masyarakat kita undang juga. Ada pihak HNSI (yang diundang),” ucap Andono berdalih.

Sidang pembahasan Amdal Pulau G sendiri diwarnai oleh aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh puluhan nelayan yang tergabung dalam Komite Nelayan Tradisional (KNT) Muara Angke. Puluhan nelayan tersebut berunjuk rasa karena pihak Dinas LH DKI Jakarta tidak menyertakan mereka sebagai undangan dalam sidang tersebut.

Padahal para nelayan tersebut merasa berhak untuk berpartisipasi dalam sidang pembahasan Amdal karena hal itu sudah diatur dalam diatur dalam UU No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup serta Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 17 Tahun 2012 tentang Pedoman Keterlibatan Masyarakat dalam Proses Analisis Dampak Lingkungan Hidup dan Izin Lingkungan.

“Tapi kita harus dengar semua pihak, itu (KNT) kan satu pihak. Warga Muara Angke juga ada yang dateng, kita undang,” jelas Andono ketika ditanya aspirasi KNT Muara Angke yang menolak pelaksanaan reklamasi.

Seperti yang diketahui, Pulau G sendiri telah diputuskan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta sebagai pulau buatan yang cacat prosedur pada 2016 silam. Putusan PTUN ini sendiri dikeluarkan setelah Pulau G sudah terbentuk.

Meskipun putusan tersebut dianulir oleh Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) Jakarta, pembangunan pulau reklamasi di Teluk Jakarta masih menuai protes dari berbagai pihak, termasuk nelayan di kawasan tersebut yang terkena dampak langsung dari reklamasi.

“Enggak mungkin kita nawaitu awalnya menyengsarakan, malah kita ingin meningkatkan harkat kesejahteraan nelayan,” dalih Andono. (akt) NUSANEWS.NET

BACA JUGA:

BAGAIMANA KOMENTAR ANDA?

loading...
Nama

Bisnis,1670,Daerah,945,Edukasi,66,Ekonomi,1058,Hukum,6631,Inspiratif,24,Investasi,29,Islami,73,IsNews,998,Jabodetabek,5767,Jurnalistik,1121,Keamanan,387,Mancanegara,2262,Mualaf,139,Nasional,1353,News,1769,Olahraga,222,Otomotif,12,Peristiwa,8473,Pilkada,741,Politik,14211,Ramadhan,17,Seleb,1027,Story,23,Suara Publik,288,Tekno,188,Tips,40,TOP,19,Unik,43,Video,877,Wow,26,
ltr
item
NUSANEWS: Terkait Reklamasi, Pejabat Pemprov Jakarta Tidak Merasa Khianati Rakyat
Terkait Reklamasi, Pejabat Pemprov Jakarta Tidak Merasa Khianati Rakyat
Seorang pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyatakan tidak merasa mengkhianati rakyat ibu kota terkait reklamasi Teluk Jakarta. Pernyataan tersebut diucapkan secara tersirat oleh Kepala Bidang (Kabid) Dampak Pengendalian Lingkungan Dinas Lingkungan (Dinas LH) DKI Jakarta, Andono Warih kepada Media.
https://3.bp.blogspot.com/-3fnBo1ior_4/WWWxBcbpWoI/AAAAAAAAA_0/-uhaYcWPqU8mxY1ggVhrCpp7pg72zZgBwCLcBGAs/s640/ilustrasi-reklamasi-teluk-jakarta.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-3fnBo1ior_4/WWWxBcbpWoI/AAAAAAAAA_0/-uhaYcWPqU8mxY1ggVhrCpp7pg72zZgBwCLcBGAs/s72-c/ilustrasi-reklamasi-teluk-jakarta.jpg
NUSANEWS
http://www.nusanews.net/2017/07/terkait-reklamasi-pejabat-pemprov.html
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/2017/07/terkait-reklamasi-pejabat-pemprov.html
true
5398521020948470106
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts TAMPILKAN SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman Berita View All SARAn UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI BERITA ALL POSTS Berita yang Anda Cari Tidak Ditemukan! Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru Saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow KONTEN INI TERBATAS! Silahkan Bagikan Untuk Membuka atau Melihatnya Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy