Suara Anak Sulut di Wacana Reshuffle Kabinet Jokowi


NUSANEWS, MANADO - Wacana reshuffle kabinet kembali mengemuka. Rencana perombakan kabinet diperkirakan tidak lama lagi setelah Presiden Joko Widodo mengevaluasi kerja para pembantunya.

Jokowi memastikan akan mengganti menteri yang kerjanya tidak memenuhi target.

Beragam reaksi muncul dari rencana perombakan kabinet kerja. Salah satunya datang dari putra Sulawesi Utara, Hendrik Kawilarang Luntungan.

Pria yang juga menjabat ketua DPW Partai Perindo Sulut itu berharap agar Presiden Jokowi menempatkan salah satu putra Sulut untuk menempati posisi menteri di kabinetnya.

"Sejak awal pembentukan pemerintahan RI, kabinet selalu ada keterwakilan putra dari Sulut, baru kabinet Jokowi - JK ini lah tidak ada keterwakilan dari Sulut," ujar HKL dalam keterangan persnya, Kamis (20/7).

Pernyataan HKL tersebut bukanlah tanpa alasan, sejarah mencatat, pada masa kepemimpinan Ir. Soekarno sebagai Presiden RI, banyak putra Sulut yang menjadi menteri, salah satunya ada A A Maramis yang pernah menjadi Menteri Keuangan RI dan Menteri Luar Negeri.

Selain A A Maramis, Putra Sulut yang juga pernah menjabat sebagai Menteri, diantaranya, Arnold Mononutu Menteri Penerangan, Elvianus Katoppo, Frits Laoh, Herling Laoh, W.J Rumambi Menteri Penerangan era Bung Karno, Theo.L.Sambuaga menteri tenaga kerja era Presiden Suharto dan BJ Habibie, Theo Toemion kepala BKPM era Presiden Megawati hingga yang terakhir, E. E Mangindaan yang pernah menjadi Menteri Perhubungan di era kepemimpinan, Susilo Bambang Yudhoyono.

Untuk itu HKL berharap, Komposisi kabinet pemerintahan Jokowi - JK nantinya memperhatikan keterwakilan daerah agar ada keterwakilan untuk memperkuat hubungan antara pusat dengan daerah dan untuk menjalin komunikasi antar daerah.

"Kalau ada tokoh daerah yang mampu, kenapa tidak, tentu tokoh tersebut yang memiliki kualitas dan memenuhi syarat," tambah HKL

Figur dari daerah yang akan ditunjuk menjadi menteri menurut HKL tentunya harus memiliki prestasi, integritas dan kapabilitas. Hal itu tidak sulit didapat, karena banyak kepala daerah yang kapabel untuk menjadi menteri dalam Kabinet Jokowi.

"Seperti Gubernur Sulut, Olly Dondokambey yang juga merupakan bendahara umum PDIP, dan juga Wagub Sulut, Steven O E Kandouw yang merupakan sosok politisi muda yang pantas kita usulkan ke Jokowi," jelas HKL.

Sosok keduanya dikenal sangat merakyat, punya segudang pengalaman dan lebih tahu problem dan kebutuhan yang dibutuhkan masyarakat di pelosok yang jauh dari
perkotaan. Olly Dondokambey juga dikenal merupakan pemimpin yang memahami strategi pembangunan, piawai serta memiliki jaringan yang luas.

"Meski tidak menjadi keharusan, namun aspek keterwakilan daerah dalam realitas politik kerap menjadi pertimbangan karena Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki keragaman etnis dan budaya," pungkas HKL.  (jpnn) NUSANEWS.NET

BACA JUGA:

BAGAIMANA KOMENTAR ANDA?

loading...
Nama

Bisnis,1670,Daerah,945,Edukasi,66,Ekonomi,1058,Hukum,6631,Inspiratif,24,Investasi,29,Islami,73,IsNews,998,Jabodetabek,5767,Jurnalistik,1121,Keamanan,387,Mancanegara,2262,Mualaf,139,Nasional,1353,News,1769,Olahraga,222,Otomotif,12,Peristiwa,8473,Pilkada,741,Politik,14211,Ramadhan,17,Seleb,1027,Story,23,Suara Publik,288,Tekno,188,Tips,40,TOP,19,Unik,43,Video,877,Wow,26,
ltr
item
NUSANEWS: Suara Anak Sulut di Wacana Reshuffle Kabinet Jokowi
Suara Anak Sulut di Wacana Reshuffle Kabinet Jokowi
Wacana reshuffle kabinet kembali mengemuka. Rencana perombakan kabinet diperkirakan tidak lama lagi setelah Presiden Joko Widodo mengevaluasi kerja para pembantunya.
https://2.bp.blogspot.com/-BboxPcKeL-g/WXA3FCoALrI/AAAAAAAACGA/8s8W6MVUfzUVmvzEswbRs6i9gnQ8nfyLgCLcBGAs/s640/timthumb.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-BboxPcKeL-g/WXA3FCoALrI/AAAAAAAACGA/8s8W6MVUfzUVmvzEswbRs6i9gnQ8nfyLgCLcBGAs/s72-c/timthumb.jpg
NUSANEWS
http://www.nusanews.net/2017/07/suara-anak-sulut-di-wacana-reshuffle.html
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/2017/07/suara-anak-sulut-di-wacana-reshuffle.html
true
5398521020948470106
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts TAMPILKAN SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman Berita View All SARAn UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI BERITA ALL POSTS Berita yang Anda Cari Tidak Ditemukan! Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru Saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow KONTEN INI TERBATAS! Silahkan Bagikan Untuk Membuka atau Melihatnya Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy