Serangan Menohok Komisioner Komnas HAM ke Fahri Hamzah


NUSANEWS, JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fahri Hamzah menilai keberadaan Komnas HAM dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah tidak diperlukan. Dengan tegas politikus PKS itu meminta agar dua komisi itu dibubarkan.

Menurut Fahri urusan hak asasi manusia telah diurus oleh Kementerian Hukum dan HAM lewat Dirjen HAM. Sedangkan untuk korupsi, kata Fahri, setelah KPK enggak ada menjadi tanggung jawab Presiden.

Pernyataan Fahri ini ditanggapi keras oleh Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai. Pigai menilai pemikiran Fahri justru mundur ke belakang jika ingin komisi ini dihilangkan.

Komnas HAM, menurutnya, merupakan tumpuan dari pencari keadilan untuk menuntut hak asasi. Begitu pula dengan KPK yang menjadi tumpuan dari mereka yang mencari keadilan akibat tindak pidana korupsi yang dilakukan pejabat publik.

"Adanya keinginan untuk membubarkan kedua lembaga ini sama saja dengan kita ingin kembali kepada negara ototiter, kita ingin agar negara kembali pada abuse of power. Penyalahgunaan itu berimplikasi pada korupsi yang berlebihan, juga berimplikasi pada pelanggaran hak asasi manusia," tegasnya di DPR, Selasa (4/7).

Oleh sebab itu, dia menegaskan tak ada alasan untuk membubarkan Komnas HAM dan KPK. "Mereka (Komnas HAM dan KPK) adalah dua pilar utama paling penting," tuturnya.

Pigai mengatakan, pernyataan Fahri asbun alias asal bunyi. "Kalau Fahri Hamzah itu kan asbun lah ya, asal bunyi. Jadi dia enggak paham bahwa Komnas HAM mengawasi pelaksanaan kemajuan dan perlindungan yang dilakukan pemerintah. Dirjen HAM itu mengkoordinir aspek HAM yang terkait ketenagakerjaan, pendidikan, kesehatan dan sebagainya," kata Pigai.

Menurut Pigai, tugas Komnas HAM dan Dirjen HAM sangat berbeda sehingga tak tumpang tindih seperti yang disebutkan oleh Fahri. Dia menjelaskan, Direktorat Jenderal HAM adalah pelaksana dalam hal perlindungan hak asasi manusia. Sedangkan, Komnas HAM bertugas mengawasi pelaksanaannya sehingga tak ada tumpang tindih.

"Mengawasi pelaksanaan itu Komnas HAM, berpedoman pada hukum HAM internasional yaitu covenant PBB. Covenant PBB adalah instrumen HAM yang besar," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Fahri menilai keberadaan Komnas HAM dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak diperlukan. Dengan tegas dia meminta untuk dibubarkan.

"Komnas HAM seperti yang terjadi kepada KPK. Ada tren, menurut saya, kejadiannya begini. Lembaga-lembaga ini sebetulnya sudah tidak diperlukan karena pada dasarnya negara telah mengalami konsolidasi demokrasi dan penguatan institusinya secara baik," kata Fahri di Gedung DPR, Jakarta, Senin (3/7).

Selain dua lembaga itu, Fahri sepertinya juga ingin beberapa lembaga lain dibubarkan. "Masih ada 106 lembaga semi negara yang kerjaannya tumbang tindih di dalam negara itu harus dievaluasi. Kalau lembaga intinya sudah kuat buat apa?" kata Fahri. (mdk) NUSANEWS.NET

BACA JUGA:

BAGAIMANA KOMENTAR ANDA?

loading...
Nama

Bisnis,1673,Daerah,946,Edukasi,66,Ekonomi,1058,Hukum,6634,Inspiratif,24,Investasi,29,Islami,73,IsNews,999,Jabodetabek,5769,Jurnalistik,1121,Keamanan,387,Mancanegara,2262,Mualaf,139,Nasional,1353,News,1769,Olahraga,222,Otomotif,12,Peristiwa,8474,Pilkada,741,Politik,14215,Ramadhan,17,Seleb,1027,Story,23,Suara Publik,288,Tekno,188,Tips,40,TOP,19,Unik,43,Video,877,Wow,26,
ltr
item
NUSANEWS: Serangan Menohok Komisioner Komnas HAM ke Fahri Hamzah
Serangan Menohok Komisioner Komnas HAM ke Fahri Hamzah
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fahri Hamzah menilai keberadaan Komnas HAM dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah tidak diperlukan. Dengan tegas politikus PKS itu meminta agar dua komisi itu dibubarkan.
https://1.bp.blogspot.com/-qvAGn9RgdkM/WVzlVSRS2eI/AAAAAAAB0H0/T9QhcBIGyOko_xVPu-s_y36r1jNzr5z6gCLcBGAs/s640/serangan-menohok-komisioner-komnas-ham-ke-fahri-hamzah.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-qvAGn9RgdkM/WVzlVSRS2eI/AAAAAAAB0H0/T9QhcBIGyOko_xVPu-s_y36r1jNzr5z6gCLcBGAs/s72-c/serangan-menohok-komisioner-komnas-ham-ke-fahri-hamzah.jpg
NUSANEWS
http://www.nusanews.net/2017/07/serangan-menohok-komisioner-komnas-ham.html
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/2017/07/serangan-menohok-komisioner-komnas-ham.html
true
5398521020948470106
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts TAMPILKAN SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman Berita View All SARAn UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI BERITA ALL POSTS Berita yang Anda Cari Tidak Ditemukan! Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru Saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow KONTEN INI TERBATAS! Silahkan Bagikan Untuk Membuka atau Melihatnya Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy