Sekjen FUI Dilepaskan, Sambo: Kita Hanya Mau SP3


NUSANEWS, JAKARTA -  Pelepasan Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam Muhammad Al Khaththath oleh pihak kepolisian disambut dingin oleh Ketua Presidium Alumni 212 Ansufri Idrus Sambo. Sambo meminta umat Islam agar tidak terjebak dengan muslihat yang dilakukan oleh pihak kepolisian.

Menurutnya, Al Khaththath memang sudah sepantasnya keluar dari tahanan Mako Brimob, karena penahanan tersebut sangat ganjil dan tidak melalui proses hukum.

“Dilepaskan itu wajar, tapi tidak dibebaskan dari tuntutan kan, yang kita mau itu kan SP3. Kalau sekedar dilepaskan kan itu sebuah kewajaran, ngapain dia ditahan-tahan, diproses (hukum secara normal) juga enggak,” kata Sambo di kantor Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, Jum’at (14/7).

Bahkan menurut Sambo, Al Khaththath dapat melakukan tuntutan balik kepada kepolisian karena penahanan ini. Al Khaththath sendiri ditangkap oleh pihak kepolisian sejak 31 Maret lalu, hanya beberapa jam sebelum dimulainya aksi Bela Islam 313.

Penahanan tersebut pun berlangsung hampir 4 bulan lamanya tanpa adanya proses hukum yang jelas. “Kalau bisa kita menuntut kembali, dia ditahan sekian lama itu harusnya diganti rugi dong, harusnya dituntut balik kalau kayak gitu. Jadi ini kan bukan pembebasan dari kasus, cuma melepaskan saja tapi kasusnya kan masih ada.”

Seperti yang diketahui, PA 212 sempat mengeluarkan Resolusi Jogja pada pada 27 Juni lalu sebagai reaksi terhadap adanya upaya rekonsiliasi di antara pemerintah dan GNPF-MUI. Dalam resolusi tersebut, PA 212 menegaskan bahwa pemerintah harus menghentikan semua kasus kriminalisasi yang menerpa sejumlah ulama dan aktivis sebagai salah satu syarat rekonsiliasi.

Kali ini, Sambo pun mengingatkan bahwa pihaknya masih konsisten dalam menjalankan Resolusi Jogja. Menurutnya, pihak kepolisian harus segera mengeluarkan SP3 terhadap kasus-kasus yang menimpa sejumlah ulama dan aktivis.

“Yang kita mau kan SP3 untuk semua (korban kriminalisasi), itu yang kita mau.”

Pihak kepolisian sendiri menuding sejumlah aktivis dan ulama telah bersekongkol dalam melakukan makar terhadap pemerintah sejak Desember tahun silam. Upaya kriminalisasi tersebut tidak berhenti begitu saja karena pihak kepolisian masih mengkriminalisasi pentolan Front Pembela Islam Habib Rizieq Shihab, dengan kasus chat bernada mesum.

Terkait tudingan makar, Sambo menyatakan bahwa pihak kepolisian tidak dapat menemukan bukti-bukti yang dapat membenarkan upaya makar terhadap sejumlah ulama dan aktivis.

“Nah sekarang buktinya apa? Yang namanya makar apa, emangnya mereka sudah membuat ‘kegiatan bersenjata’ atau ‘penggulingan pemerintah’, orang diskusi doang. Terus nanti semua orang diskusi ditangkapi dong.” (akt)
NUSANEWS.NET

BACA JUGA:

BAGAIMANA KOMENTAR ANDA?

loading...
Nama

Bisnis,1670,Daerah,945,Edukasi,66,Ekonomi,1058,Hukum,6631,Inspiratif,24,Investasi,29,Islami,73,IsNews,998,Jabodetabek,5767,Jurnalistik,1121,Keamanan,387,Mancanegara,2262,Mualaf,139,Nasional,1353,News,1769,Olahraga,222,Otomotif,12,Peristiwa,8473,Pilkada,741,Politik,14211,Ramadhan,17,Seleb,1027,Story,23,Suara Publik,288,Tekno,188,Tips,40,TOP,19,Unik,43,Video,877,Wow,26,
ltr
item
NUSANEWS: Sekjen FUI Dilepaskan, Sambo: Kita Hanya Mau SP3
Sekjen FUI Dilepaskan, Sambo: Kita Hanya Mau SP3
Pelepasan Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam Muhammad Al Khaththath oleh pihak kepolisian disambut dingin oleh Ketua Presidium Alumni 212 Ansufri Idrus Sambo. Sambo meminta umat Islam agar tidak terjebak dengan muslihat yang dilakukan oleh pihak kepolisian.
https://1.bp.blogspot.com/-kjJKxnWkSxw/WWltW19OiTI/AAAAAAAABak/kvhY_rkhF7cUDF6sKquVTvvlMPWQ_bneACLcBGAs/s640/HL-11-Februari_Coblos-Paslon-Muslim-di-Pilkada-DKI-dan-Kawal-TPS.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-kjJKxnWkSxw/WWltW19OiTI/AAAAAAAABak/kvhY_rkhF7cUDF6sKquVTvvlMPWQ_bneACLcBGAs/s72-c/HL-11-Februari_Coblos-Paslon-Muslim-di-Pilkada-DKI-dan-Kawal-TPS.jpg
NUSANEWS
http://www.nusanews.net/2017/07/sekjen-fui-dilepaskan-sambo-kita-hanya.html
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/2017/07/sekjen-fui-dilepaskan-sambo-kita-hanya.html
true
5398521020948470106
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts TAMPILKAN SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman Berita View All SARAn UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI BERITA ALL POSTS Berita yang Anda Cari Tidak Ditemukan! Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru Saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow KONTEN INI TERBATAS! Silahkan Bagikan Untuk Membuka atau Melihatnya Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy