Sederet Alasan Pak Gubernur Dukung Ibu Kota Pindah ke Palangka Raya



NUSANEWS, PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie, yang juga merupakan koordinator Forum Kerjasama Revitalisasi dan Percepatan Pembangunan Regional Kalimantan (FKRP2RK) sangat mendukung rencana pemindahan ibu kota negara ke Palangka Raya, Kalteng.

“Kenapa Palangka Raya menjadi pilihan untuk dilakukan kajian oleh Bappenas? Karena di sana memiliki sejarah historis yakni Kota Palangka Raya merupakan satu-satunya kota yang dibangun oleh Presiden RI pertama yakni Soekarno setelah Indonesia merdeka,” bebernya.

Sementara kota-kota lainnya merupakan kota yang sudah dibangun oleh penjajah Belanda. Memang dulu Presiden RI pertama ingin menjadikan Palangka Raya sebagai ibu kota, karena letaknya yang berada di tengah-tengah wilayah Indonesia.

“Selain letak geografis yang ada di tengah-tengah wilayah Indonesia, pertimbangan lainnya adalah karena wilayah Palangka Raya yang berada di pulau Kalimantan sangat aman dari bencana alam gempa bumi, meskipun ada banjir yang terjadi ketika hujan deras, hal ini bisa diantispasi dengan pembangunan drainase yang baik,” ungkapnya.

Tak hanya itu saja, alasan lainnya yakni adanya sumber daya alam yang melimpah menjadi dasar kuat pemindahan ibu kota ke Kalimantan. Yakni mulai dari hutan, sumber air dan sumber energi yang masih tersedia.

“Selain itu di wilayah Kalimantan penduduknya tidak sepadat di Pulau Jawa,” ujarnya.

Selain itu Irianto menilai dari daerah seluruh Indonesia, hanya Kalimantan daerah yang paling akomodatif menerima semua pendatang dari berbagai suku dibandingkan daerah lainnya.

“Dari sisi kebhinekaan dan kultural hanya di Kalimantan saja yang seimbang antara suku lokal dan suku pendatang. Tidak ada suku yang dominan semuanya berimbang dengan adat istiadat dan budaya masing-masing, berbeda dengan daerah di luar Kalimantan yang cenderung lebih dominan suku lokalnya,” ungkapnya.

Rencana pemindahan ibu kota ini, sudah diketahuinya saat sebelum menjabat sebagai Gubernur Kaltara, tepatnya saat dia bertugas di Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Kaltim.

“Hal ini sudah sering dibahas ketika di forum-forum nasional saat itu saya masih bertugas di Bappeda Kaltim,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Kaltara ini mengungkapkan, bila Palangka Raya menjadi ibu kota, akan mempengaruhi seluruh daerah yang ada di Kalimantan.

“Bila nanti jadi pindah, akan memudahkan kita dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan para pengambil kebijakan di negara kita, karena lebih dekat,” ucapnya.

Selain itu pemindahan ibu kota ke Palangkaraya juga dapat mempercepat pembangunan jalan Trans Kalimantan, sehingga akses jalan darat yang selama ini terhambat karena medannya berat dapat teratasi.

“Hal ini juga akan mempercepat terwujudnya pembangunan rel kereta api lintas wilayah di Kalimantan,” pungkasnya. (jpnn) NUSANEWS.NET

BACA JUGA:

BAGAIMANA KOMENTAR ANDA?

loading...
Nama

Bisnis,1673,Daerah,946,Edukasi,66,Ekonomi,1058,Hukum,6634,Inspiratif,24,Investasi,29,Islami,73,IsNews,999,Jabodetabek,5769,Jurnalistik,1121,Keamanan,387,Mancanegara,2262,Mualaf,139,Nasional,1353,News,1769,Olahraga,222,Otomotif,12,Peristiwa,8474,Pilkada,741,Politik,14215,Ramadhan,17,Seleb,1027,Story,23,Suara Publik,288,Tekno,188,Tips,40,TOP,19,Unik,43,Video,877,Wow,26,
ltr
item
NUSANEWS: Sederet Alasan Pak Gubernur Dukung Ibu Kota Pindah ke Palangka Raya
Sederet Alasan Pak Gubernur Dukung Ibu Kota Pindah ke Palangka Raya
Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie, yang juga merupakan koordinator Forum Kerjasama Revitalisasi dan Percepatan Pembangunan Regional Kalimantan (FKRP2RK) sangat mendukung rencana pemindahan ibu kota negara ke Palangka Raya, Kalteng.
https://3.bp.blogspot.com/-YoGHVv4hmyE/WWIsJkou6HI/AAAAAAAAAqI/HTALvQN9rkcf0Gid9rKx2FzEfDIrv0OKQCLcBGAs/s640/kota-palangka-raya-fotojhony-prihantokalteng-posjpnncom.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-YoGHVv4hmyE/WWIsJkou6HI/AAAAAAAAAqI/HTALvQN9rkcf0Gid9rKx2FzEfDIrv0OKQCLcBGAs/s72-c/kota-palangka-raya-fotojhony-prihantokalteng-posjpnncom.jpg
NUSANEWS
http://www.nusanews.net/2017/07/sederet-alasan-pak-gubernur-dukung-ibu.html
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/2017/07/sederet-alasan-pak-gubernur-dukung-ibu.html
true
5398521020948470106
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts TAMPILKAN SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman Berita View All SARAn UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI BERITA ALL POSTS Berita yang Anda Cari Tidak Ditemukan! Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru Saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow KONTEN INI TERBATAS! Silahkan Bagikan Untuk Membuka atau Melihatnya Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy