Rencana Jokowi Undang Artis Syur Korea di HUT RI Tuai Protes, Aktivis: Revolusi Mental??


NUSANEWS, JAKARTA - Rencana mengundang grup asal Korea Selatan, SNSD, pada acara kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 menuai protes. Bahkan, muncul petisi di Change.org yang meminta Presiden Joko Widodo membatalkan rencana tersebut.

Pembuat petisi itu merupakan Dosen Program Studi Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Maimon Herawati. Maimon yang merupakan aktivis pemberdayaan perempuan merasa tersinggung dengan rencana tersebut.

"Saya cek di Youtube dan Googling tentang grup penyanyi ini, videonya lumayan 'terbuka' dan 'syur'. Sebagai aktivis pemberdayaan perempuan, saya tersinggung dengan pilihan kelompok ini karena kental dengan objektifikasi perempuan," ujar Maimon ketika dihubungi Republika.co.id, Sabtu (29/7).

Maimon juga mengatakan, dirinya mengecek video interview grup SNSD. Menurut dia, banyak pola 'perempuan objek' pada interview mereka. Selain itu, Maimon yang pernah melakukan riset tentang Koreanwave ini juga menilai, budaya Korea memang kental patriarkinya.

"Jika grup ini, yang demikian terbuka dan bergoyang panas ditampilkan dalam acara yang memperingati hari kemerdekaan RI, pesan apa yang hendak disampaikan pada generasi muda? Perempuan dan lelakinya?" ujarnya.

Menurut dia, jika rencana mengundang SNSD itu karena lagu dan kualitasnya, masih banyak artis Indonesia yang bernyanyi lebih indah didengar. Jika rencana itu dilihat dari level internasionalnya, kataMaimon, ada banyak artis Indonesia dengan prestasi internasional yang bisa mengisi acara kemerdekaan. "Belum lagi biaya mendatangkannya. Pasti tidak sedikit. Sedangkan kondisi ekonomi negara sedang bermasalah," kata dia.

Maimon juga mempertanyakan letak logis undangan SNSD itu. Walau gratis, kata dia, akan berkenaan dengan imej seksi dan objektifitasi perempuan. Apalagi, menurutnya, negara ini negara mayoritas muslim.

"Walau nggak semua berjilbab, baju serba kesempitan dua nomor itu tidak pantas masuk ke acara yang diprakarsai pemerintah," tutur dia.

Jika grup SNSD mengadakan konser yang diprakarsai oleh swasta, Maimon merasa tak ada masalah. Tapi, rencana ini diprakarsai oleh pemerintah dan dikaitkan dengan perayaan kemerdekaan RI ke-72.

"Revolusi mental? Atau relokasi mental (hilang alat berpikir)," kata dia. (rol) NUSANEWS.NET

BACA JUGA:

BAGAIMANA KOMENTAR ANDA?

loading...
Nama

Bisnis,1670,Daerah,945,Edukasi,66,Ekonomi,1058,Hukum,6631,Inspiratif,24,Investasi,29,Islami,73,IsNews,998,Jabodetabek,5767,Jurnalistik,1121,Keamanan,387,Mancanegara,2262,Mualaf,139,Nasional,1353,News,1769,Olahraga,222,Otomotif,12,Peristiwa,8473,Pilkada,741,Politik,14211,Ramadhan,17,Seleb,1027,Story,23,Suara Publik,288,Tekno,188,Tips,40,TOP,19,Unik,43,Video,877,Wow,26,
ltr
item
NUSANEWS: Rencana Jokowi Undang Artis Syur Korea di HUT RI Tuai Protes, Aktivis: Revolusi Mental??
Rencana Jokowi Undang Artis Syur Korea di HUT RI Tuai Protes, Aktivis: Revolusi Mental??
Rencana mengundang grup asal Korea Selatan, SNSD, pada acara kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 menuai protes. Bahkan, muncul petisi di Change.org yang meminta Presiden Joko Widodo membatalkan rencana tersebut.
https://1.bp.blogspot.com/-nJ61_uPst-4/WXyyb02xkEI/AAAAAAAB1m4/Ol-M3IS65YYNcgao-bgRXwjKnfvESetyACLcBGAs/s640/d361001.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-nJ61_uPst-4/WXyyb02xkEI/AAAAAAAB1m4/Ol-M3IS65YYNcgao-bgRXwjKnfvESetyACLcBGAs/s72-c/d361001.jpg
NUSANEWS
http://www.nusanews.net/2017/07/rencana-jokowi-undang-artis-syur-korea.html
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/2017/07/rencana-jokowi-undang-artis-syur-korea.html
true
5398521020948470106
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts TAMPILKAN SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman Berita View All SARAn UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI BERITA ALL POSTS Berita yang Anda Cari Tidak Ditemukan! Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru Saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow KONTEN INI TERBATAS! Silahkan Bagikan Untuk Membuka atau Melihatnya Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy