Refly Harun: Presiden Bangun Tidur Pun Bisa Bikin Perppu


NUSANEWS, JAKARTA -  Pakar hukum tata negara Refly Harun menolak dalil pemerintah jika Indonesia dalam kondisi darurat sehingga harus menerbitkan Perppu Ormas.

Pasalnya, kondisi darurat harus dinyatakan, bukan subjektif dalam pikiran masing-masing individu. "Negara dalam keadaan darurat itu harus dinyatakan. Tidak bisa hanya ada di pikiran masing-masing orang bahwa negara dalam keadaan darurat menurut A, menurut B tidak, menurut C iya, menurut D tidak," ujar Refly dalam acara ILC, Selasa (18/7) malam.

Menurut Refly, harus dinyatakan apakah dalam kondisi darurat perang, darurat sipil atau militer. Nah jika dalam kondisi itu, maka negara memenuhi syarat melakukan tindakan -tindakan tadi, termasuk memasung HAM karena untuk mengatasi negara dalam keadaan darurat. Dan, jika keadaan negara tidak darurat lagi, ormas yang dibubarkan itu tadi bisa menggugatnya di pengadilan.

"Namun dalam keadaan yang biasa, saya termasuk yang sebenarnya sangat tidak setuju kalau ada model perppu yang seperti ini," ujarnya.

Dia melihat ada paradigma keliru ketika pemerintah mengeluarkan Perppu Ormas. Memang, jika berdasar putusan MK simple sekali, yang penting presiden memiliki hak subjektif untuk mengatakan keadaaan genting dan memaksa, lalu presiden melihat Undang-Undang yang ada itu tidak ada, ada kekosongan hukum atau kalau ada itu pun tidak memadai.

Lalu, untuk mengisi kekosongan tersebut tidak bisa ditempuh dengan jalur biasa, harus jalur luar biasa yaitu mengeluarkan Perppu. Nah definisi kegentingan itu yang perlu diperdebatkan saat ini.

"MK mempermudah keluarnya perppu ini, pokoknya hal subjektif presiden. Makanya saya katakan, presiden bangun tidur pun bisa mengeluarkan perppu, kemudian ada judicial check dan political check," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto, mengungkapkan Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 – soal Perubahan atas Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan dikeluarkan lantaran kebutuhan yang genting dan mendesak.  (jpnn)


NUSANEWS.NET

BACA JUGA:

BAGAIMANA KOMENTAR ANDA?

loading...
Nama

Bisnis,1670,Daerah,945,Edukasi,66,Ekonomi,1058,Hukum,6631,Inspiratif,24,Investasi,29,Islami,73,IsNews,998,Jabodetabek,5767,Jurnalistik,1121,Keamanan,387,Mancanegara,2262,Mualaf,139,Nasional,1353,News,1769,Olahraga,222,Otomotif,12,Peristiwa,8473,Pilkada,741,Politik,14211,Ramadhan,17,Seleb,1027,Story,23,Suara Publik,288,Tekno,188,Tips,40,TOP,19,Unik,43,Video,877,Wow,26,
ltr
item
NUSANEWS: Refly Harun: Presiden Bangun Tidur Pun Bisa Bikin Perppu
Refly Harun: Presiden Bangun Tidur Pun Bisa Bikin Perppu
Pakar hukum tata negara Refly Harun menolak dalil pemerintah jika Indonesia dalam kondisi darurat sehingga harus menerbitkan Perppu Ormas.
https://3.bp.blogspot.com/-4NH-8dkstIw/WW9rUHAPHQI/AAAAAAAACCs/sbn7-8Oc1ZUM0XyoP7U_cJPPycRQxVV4gCLcBGAs/s640/ratusan-massa-yang-terdiri-dari-berbagai-ormas-melakukan-aksi-unjuk-rasa-di-bundaran-patung-kuda-jakarta-selasa-187-mereka-menolak-perppu-ormas-foto-ricardojpnncom.JPG
https://3.bp.blogspot.com/-4NH-8dkstIw/WW9rUHAPHQI/AAAAAAAACCs/sbn7-8Oc1ZUM0XyoP7U_cJPPycRQxVV4gCLcBGAs/s72-c/ratusan-massa-yang-terdiri-dari-berbagai-ormas-melakukan-aksi-unjuk-rasa-di-bundaran-patung-kuda-jakarta-selasa-187-mereka-menolak-perppu-ormas-foto-ricardojpnncom.JPG
NUSANEWS
http://www.nusanews.net/2017/07/refly-harun-presiden-bangun-tidur-pun.html
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/2017/07/refly-harun-presiden-bangun-tidur-pun.html
true
5398521020948470106
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts TAMPILKAN SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman Berita View All SARAn UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI BERITA ALL POSTS Berita yang Anda Cari Tidak Ditemukan! Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru Saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow KONTEN INI TERBATAS! Silahkan Bagikan Untuk Membuka atau Melihatnya Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy