PPP: Jangan Sampai Ada Ormas yang Belakangi Pancasila


NUSANEWS, JAKARTA - Diterbitkannya Peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) nomor 2/2017 tentang pembubaran organisasi masyarakat (ormas) menjadi momentum kembali ke Pancasila. Para penggawa ormas harus melihat kembali Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M Romahurmuziy mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung keputusan pemerintah. Untuk dia ikut m‎enyoroti adanya paham atau gerakan-gerakan radikal dan juga ormas anti-Pancasila.

"Karena memang pemerintah ingin menertibkan ormas yang tidak sejalan dengan Pancasila dan negara kesatuan Republik Indonesia (NKR)I)," ujar M Romahurmuziy saat menghadiri Silahturahmi dan Pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau di Pekanbaru, Sabtu (15/7).

Pembinaan ASN di Lingkungan Kantor Wilayah Kemenag Riau itu bertemakan Piagam Madinah dan Korelasi dengan Pancasila. Anggota Komisi XI DPR ini menambahkan, ormas tidak boleh mengkoyak-koyakkan ideologi Indonesia. Padahal ormas itu sendiri izinnya dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Apabila izin dikeluarkan oleh pemerintah, maka sudah seharusnya merawat ideologi Indonesia. "Keberadaan ormas ini kan diakui oleh badan hukum, jadi jangan sampai keberadaannya membelakangi dan menggoyang Pancasila," kata pria yang biasa disapa Romy itu.

Cicit pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Wahab Chasbullah ini ‎juga meminta kepada Kementerian Agama (Kemenag) terus memberikan sosialisasi kepada para pelajar di madrasah dan yang lainnya. Jangan sampai generasi muda ikut andil dalam pembesaran ormas anti-Pancasila ataupun gerakan radikal.

"Jangan sampai membawa ajaran yang mencoba menggoyang sendi-sendi persatuan Indonesia, dan Kemenag harus memastikan itu," ungkapnya.

Romy mendapat informasi dalam pertemuan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) tingkat internasional pada 2007 di‎sebutkan ormas itu ingin menjadikan bangsa di Asia sebagai khilafah atau negara Islam.

Pria kelahiran Yogyakarta itu pun memertanyakan apakah sah negara yang berlandaskan Pancasila namun ada ormas yang ingin menjadikan Indonesia sebagai negara Islam. "Jadi apakah ini relevan, dan ini menjadi persoalan serius karena telah menganggu NKRI," tegasnya.

Dengan demikian pemerintah dalam mengeluarkan Perppu sudah tepat, jangan sampai nantinya ormas atau paham radikal semakin berkembang karena pemerintah telat tidak mencegah sedari awal.

Oleh sebab itu sebelum berkembang semakin besar pemerintah dan pihak-pihak lainnya perlu menyadarkan orang-orang yang menjadi bagian dalam kelompok tersebut. "Kalau kemudian ada paham-paham yang salah maka diluruskan. Kalau diteruskan maka akan salah paham," kata dia.

Romy juga mengeluhkan adanya percikan kegaduhan yang muncul setelah dikeluarkannya Perppu Ormas. Padahal cara yang dilakukan pemerintah adalah lebih baik ketimbang negara-negara lain. Pemerintah tetap megedepankan nilai-nilai kemanusiaan ketimbang negara lain yang diketahui membubarkan HTI dengan cara-cara reprensif.

Sekadar informasi, dalam acara itu diketahui dihadiri oleh Wakil Gubernur Wan Thamrin Hasyim, Bupati Kampar Aziz Zainal, Ketua DPP PPP Rusli Efendi, Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Riau Ahmad Supardi. (jpg) NUSANEWS.NET

BACA JUGA:

BAGAIMANA KOMENTAR ANDA?

loading...
Nama

Bisnis,1670,Daerah,945,Edukasi,66,Ekonomi,1058,Hukum,6631,Inspiratif,24,Investasi,29,Islami,73,IsNews,998,Jabodetabek,5767,Jurnalistik,1121,Keamanan,387,Mancanegara,2262,Mualaf,139,Nasional,1353,News,1769,Olahraga,222,Otomotif,12,Peristiwa,8473,Pilkada,741,Politik,14211,Ramadhan,17,Seleb,1027,Story,23,Suara Publik,288,Tekno,188,Tips,40,TOP,19,Unik,43,Video,877,Wow,26,
ltr
item
NUSANEWS: PPP: Jangan Sampai Ada Ormas yang Belakangi Pancasila
PPP: Jangan Sampai Ada Ormas yang Belakangi Pancasila
Diterbitkannya Peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) nomor 2/2017 tentang pembubaran organisasi masyarakat (ormas) menjadi momentum kembali ke Pancasila. Para penggawa ormas harus melihat kembali Pancasila sebagai ideologi bangsa.
https://1.bp.blogspot.com/-yrQ6cP-5TMs/WWocLijs2iI/AAAAAAAABf4/csMoijaRpPEStVPjgDX6lnrQkLmKeglrACLcBGAs/s640/ppp-jangan-sampai-ada-ormas-yang-belakangi-pancasila_m_144379.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-yrQ6cP-5TMs/WWocLijs2iI/AAAAAAAABf4/csMoijaRpPEStVPjgDX6lnrQkLmKeglrACLcBGAs/s72-c/ppp-jangan-sampai-ada-ormas-yang-belakangi-pancasila_m_144379.jpeg
NUSANEWS
http://www.nusanews.net/2017/07/ppp-jangan-sampai-ada-ormas-yang.html
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/2017/07/ppp-jangan-sampai-ada-ormas-yang.html
true
5398521020948470106
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts TAMPILKAN SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman Berita View All SARAn UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI BERITA ALL POSTS Berita yang Anda Cari Tidak Ditemukan! Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru Saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow KONTEN INI TERBATAS! Silahkan Bagikan Untuk Membuka atau Melihatnya Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy