Polisi Minta Dua Kelompok Masyarakat di Pasaman Barat Jaga Keamanan



NUSANEWS, JAKARTA - Kepolisian Resor (Polres) Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) meminta dua kelompok adat yang bersengketa di Kinali agar berdamai dan menjaga keamanan di daerah itu.

“Hindari aksi provokator dan mengadu domba. Mari berdamai untuk memajukan adat yang ada,” kata Kepala Polres Pasaman Barat, AKBP Iman Pribadi Santoso usai mempertemukan dua kelompok adat yang bersengketa di Simpang Empat, Rabu (5/7).

Menurutnya beberapa waktu belakangan ini isu sengekata adat dan dualisme kepemimpinan di Yang Dipertuan Kinali mulai memanas. Sebab, saat ini ada dua kelompok yang mengklaim kepemimpinan adat setempat.

Ia menyebutkan untuk menyikapi hal itu dan mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Kapolres Pasaman Barat bersama sejumlah unsur Pemkab Pasaman Barat mempertemukan kedua kelompok dengan harapan bisa berdamai dan menjaga kemanan bersama.

Ia meminta kedua belah pihak saling menjaga keamanan dan ketertiban dan tidak melakukan aksi provokasi yang menimbulkan permasalahan atau perkelahian.

Ia menyarankan kedua belah pihak menyelesaikan masalah tersebut sesuai dengan jalur yang ada yakni jalur adat dan melalui musyawarah dan munfakat.

“Pemkab Pasaman Barat dan kepolisian hanya bisa meminta kedua pihak yang bersengketa untuk menjaga keamanan. Tidak bisa mencampuri adat yang ada karena sudah ada jalurnya,” ujarnya.

Menurutnya meski sejak munculnya permasalahan dan adanya rencananya penobatan adat hingga hari ini kondisi masyarakat di Kinali khususnya masyarakat Suku Koto dan Jambak masih dalam keadaan kondusif dan aman.

“Masyarakat jangan mudah terpecah belah. Kemudian niniak mamak dan pimpinan adat segera menyelesaikan masalah ini,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut Polres Pasaman Barat juga menghadirkan Kepala Kesbangpol, Edison Zelmi, Pengadilan Negeri Pasaman Barat, Kejaksaan Negeri Pasaman Barat dan pihak terkait. (akt) NUSANEWS.NET

BACA JUGA:

BAGAIMANA KOMENTAR ANDA?

loading...
Nama

Bisnis,1670,Daerah,945,Edukasi,66,Ekonomi,1058,Hukum,6631,Inspiratif,24,Investasi,29,Islami,73,IsNews,998,Jabodetabek,5767,Jurnalistik,1121,Keamanan,387,Mancanegara,2262,Mualaf,139,Nasional,1353,News,1769,Olahraga,222,Otomotif,12,Peristiwa,8473,Pilkada,741,Politik,14211,Ramadhan,17,Seleb,1027,Story,23,Suara Publik,288,Tekno,188,Tips,40,TOP,19,Unik,43,Video,877,Wow,26,
ltr
item
NUSANEWS: Polisi Minta Dua Kelompok Masyarakat di Pasaman Barat Jaga Keamanan
Polisi Minta Dua Kelompok Masyarakat di Pasaman Barat Jaga Keamanan
Kepolisian Resor (Polres) Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) meminta dua kelompok adat yang bersengketa di Kinali agar berdamai dan menjaga keamanan di daerah itu.
https://4.bp.blogspot.com/-bSrCXBvsXKA/WV0mW3vJ9EI/AAAAAAAAANA/u4ZbAWvg7N0DvR6qaPwox6DpXhapI9K0ACLcBGAs/s640/AKBP-Iman-Pribadi-Santoso.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-bSrCXBvsXKA/WV0mW3vJ9EI/AAAAAAAAANA/u4ZbAWvg7N0DvR6qaPwox6DpXhapI9K0ACLcBGAs/s72-c/AKBP-Iman-Pribadi-Santoso.jpg
NUSANEWS
http://www.nusanews.net/2017/07/polisi-minta-dua-kelompok-masyarakat-di.html
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/2017/07/polisi-minta-dua-kelompok-masyarakat-di.html
true
5398521020948470106
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts TAMPILKAN SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman Berita View All SARAn UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI BERITA ALL POSTS Berita yang Anda Cari Tidak Ditemukan! Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru Saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow KONTEN INI TERBATAS! Silahkan Bagikan Untuk Membuka atau Melihatnya Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy