Perpanjang Izin Ekspor Freeport, ESDM Undang Bos Freeport



NUSANEWS, JAKARTA -  Pemerintah menegaskan akan menyampaikan sikap resmi terkait izin operasi PT Freeport Indonesia (PT FI) pada akhir bulan ini. Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM), Teguh Pamudji menjelaskan; bahwa permasalahan itu dibagi menjadi 4 pokok persoalan yakni; perpanjangan izin operasi, pembangunan smelter, divestasi dan perpajakan.

Dari 4 hal itu dibagi menjadi 2 fokus kementerian, yang mana Kementerian ESDM membahas izin perpanjangan Produksi dan pembangunan smelter, sedangkan Kementerian Keuangan membahas terkait divestasi dan perpajakan.

“Rapat yang lalu sudah disampaikan bahwa kita bagi-bagi tugas dengan Kemenkeu. ESDM dapat 2 hal yang terkait dengan perpanjangan operasi sama smelter. Kemenkeu tugasnya selesaikan 2 hal yang divestasi sama yang stabilitas investasi,” kata teguh di Jakarta, ditulis Selasa (11/7).

Pada perkembangannya lanjut teguh, PT Freeport tidak keberatan akan berubah dari Kontrak Karya (KK) menjadi Izin Usaga Pertambangan Khusus (IUPK). Namun mengenai perpanjangan kontrak akan diputuskan setelah perpaduan hasil kajian akhir antara ESDM dengan Kemenkeu pada akhir bulan ini.

“Mengenai perpanjangan nanti mungkin akan diputuskan ketika high level di akhir bulan ini itu pak Menteri ESDM bersama Menkeu akan undang pak Richard (CIO Freeport) Akhir bulan ini untuk bahas laporan keseluruhan hasil dari tim negosiasi,” ujarnya.

Namun apakan nanti disepakati atau tidak, sejauh ini Kementerian ESDM berpandangan akan melakukan perpanjangan secara berkala 2 x 10 tahun. Sehingga setelah akhir kontrak Freeport pada 2021, akan diperpanjang hingga 2031. Setelah itu akan dievaluasi kembali atas semua agreement, utamanya mengenai pembangunan smelter sebagai pertimbangan perpanjangan tahap berikutnya hingga 2041.

“Bagaimana nanti arahan pak Menteri, yang jelas itu diperpanjang hingga 2031 itu yang pertama. Kan 2×10 tahun jadi nggak bisa langsung hingga 2041. Pasti nggak. Setelah memenuhi persyaratan semuanya baru perpanjangan yang kedua,” ujarnya.

Kemudian mengenai perpajakan, teguh mengaku belum mengetahui apakah nantinya diputuskan prevailing, naildown atau skema lainnya, hal ini masih dibahas oleh Kementerian Keuangan. Namun apapun itu jelas dia, Freeport sudah memahami bahwa penerimaan negara harus lebih baik dari pada selama ini.

“Jadi kata kuncinya Menkeu nangkapnya amanah yang diberikan oleh UU adalah bahwa harus ada peningkatan atau penerimaan negara yang lebih baik daripada yang existing. Kalau bahwa penerimaan negara harus lebih baik itu Freeport juga mengiyakan cuma apakah ini prevailing trus dilock atau dinaildown itu nanti menunggu hasil akhir,” tambahnya.

Sebagaimana diketahui waktu perundingan antara pemerintah dengan pihak Freeport hingga Oktober. Karena itu, seperti apa sikap pemerintah dalam perundingan, akan diketahui pada akhir bulan ini.

“Ya apapun juga keputusannya diakhir Juli ya seperti itu ya. Pokoknya ini posisinya pemerintah seperti ini. Keinginannya pak menteri nanti akhir bulan ini diundang pak Richard kemudian akan disampaikan ini lho hasilnya dari tim pemerintah,” pungkasnya. (akt) NUSANEWS.NET

BACA JUGA:

BAGAIMANA KOMENTAR ANDA?

loading...
Nama

Bisnis,1670,Daerah,945,Edukasi,66,Ekonomi,1058,Hukum,6631,Inspiratif,24,Investasi,29,Islami,73,IsNews,998,Jabodetabek,5767,Jurnalistik,1121,Keamanan,387,Mancanegara,2262,Mualaf,139,Nasional,1353,News,1769,Olahraga,222,Otomotif,12,Peristiwa,8473,Pilkada,741,Politik,14211,Ramadhan,17,Seleb,1027,Story,23,Suara Publik,288,Tekno,188,Tips,40,TOP,19,Unik,43,Video,877,Wow,26,
ltr
item
NUSANEWS: Perpanjang Izin Ekspor Freeport, ESDM Undang Bos Freeport
Perpanjang Izin Ekspor Freeport, ESDM Undang Bos Freeport
Pemerintah menegaskan akan menyampaikan sikap resmi terkait izin operasi PT Freeport Indonesia (PT FI) pada akhir bulan ini. Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM), Teguh Pamudji menjelaskan; bahwa permasalahan itu dibagi menjadi 4 pokok persoalan yakni; perpanjangan izin operasi, pembangunan smelter, divestasi dan perpajakan.
https://4.bp.blogspot.com/-dahYBGflncg/WWR8Wg7PEKI/AAAAAAAAA4c/Vb8yrBMWF7kMzZQ5-PzZaiPOJxEL70CKwCLcBGAs/s640/HL-4-Juli_ESDM-Bantah-Setujui-Perpanjangan-Operasi-Freeport-Hingga-2041.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-dahYBGflncg/WWR8Wg7PEKI/AAAAAAAAA4c/Vb8yrBMWF7kMzZQ5-PzZaiPOJxEL70CKwCLcBGAs/s72-c/HL-4-Juli_ESDM-Bantah-Setujui-Perpanjangan-Operasi-Freeport-Hingga-2041.jpg
NUSANEWS
http://www.nusanews.net/2017/07/perpanjang-izin-ekspor-freeport-esdm.html
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/2017/07/perpanjang-izin-ekspor-freeport-esdm.html
true
5398521020948470106
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts TAMPILKAN SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman Berita View All SARAn UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI BERITA ALL POSTS Berita yang Anda Cari Tidak Ditemukan! Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru Saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow KONTEN INI TERBATAS! Silahkan Bagikan Untuk Membuka atau Melihatnya Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy