Parah, Hanya Enam WNA Pelaku Penipuan Online yang Berpaspor


NUSANEWS, JAKARTA - 27 WNA Republik Rakyat Tiongkok dan Taiwan, Minggu (30/7) kemarin diperiksa intensif di Mapolda Bali.

Fokus pemeriksaan para tersangka kasus penipuan lintas negara yang digerebek Satgasus Bareskrim Polri dibackup Satgas CTOC (Counter Transnasional Organized Crime) Polda Bali dan Kepolisian RRT di Jalan Puri Bendesa, Banjar Mumbul, Kuta Selatan, Sabtu (29/7) itu adalah kelengkapan administrasi berupa paspor dan visa.

Usai diperiksa, mereka diberangkatkan ke Jakarta sebelum akhirnya dideportasi. Menariknya, hasil penelusuran sementara menujukkan bahwa hanya 6 dari 27 WNA yang mengantongi paspor.

Mengingat paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan pejabat berwenang dan syarat mutlak melakukan perjalanan antar negara, tentu sangat janggal bila para tersangka tak memiliki paspor.

Lebih-lebih sebelum masuk ke negara lain paspor harus dibubuhi cap (stempel) atau disegel dengan visa oleh petugas negara di tempat kedatangan.

Wadir Tipiter Mabes Polri sekaligus Ketua Tim Penindakan Satuan Tugas Khusus Mabes Polri Wilayah Bali Kombes Pol Tornagogo Sihombing menyebut polisi sedang mendalami temuan ini.

Di sisi lain, Kepala Kantor Imigrasi Klas I Khusus Ngurah Rai, Ari Budijanto memilih bungkam. Pesan whatsapp yang dikirim wartawan pukul 14.09, 14.23, 14.31, dan 14.32 dijawab dengan kalimat, “Saya tidak berkomentar dulu”.

Ari Budijanto menyebut masalah paspor masuk materi pemeriksaan pihak kepolisian. Pihaknya tak berani mendahului kepolisian.

“Sekarang ini sedang diidentifikasi. Kemungkinan hari ini (kemarin red) akan dibawa ke Jakarta,” ucap Tornagogo Sihombing.

Dalam penelusuran di lokasi kedua yang terletak di wilayah Sanur, Denpasar Selatan, Sabtu (29/7) dirinya menyebut tak ada WNA yang ditangkap, melainkan empat orang WNI.

“Empat WNI di lokasi kedua. Yang WNI akan tetap kami proses hukum di Mabes Polri. Karena bukan hanya di Bali kejadiannya, tetapi di beberapa tempat,” jelasnya.

Terkait paspor, perwira melati tiga di pundak menyebut akan didalami dari beberapa sisi. “Baru ditemukan enam paspor. Akan dicek hingga yang bersangkutan tiba di Bali. Perlu didalami. Pakai visa apa juga masih didalami,” terangnya.

Kombes Tornagogo Sihombing menegaskan keterlibatan berbagai pihak sangat dibutuhkan.  “Aspek Imigrasi. Termasuk kerja sama antara Kepolisian Indonesia dan Tiongkok,” pungkasnya.

Dari 31 tersangka, empat orang berstatus WNI telah diterbangkan ke Mabes Polri Jakarta sejak Sabtu (29/7).

Bagaimana kondisi 27 WNA RRT dan Taiwan yang ditahan di Rutan Polda Bali? Pantauan wartawan pihak kepolisian melakukan penjagaan sebagaimana hari biasa.

Lewat rekaman CCTV diketahui WNA laki-laki dan perempuan ditempatkan dalam dua sel berbeda.

Minggu (30/7) kemarin dua orang di antaranya (laki-laki dan perempuan) dirujuk ke RS Trijata Polda Bali karena menderita luka lebam di bagian kaki.

Saat dipindahkan ke dalam mobil keduanya dalam kondisi diborgol. Terkait penanganan kasus, Kabidhumas Polda Bali Kombes Pol Hengky Widjaja menyatakan akan ditangani sepenuhnya oleh Kepolisian RRT.

“Penanganan diserahkan ke kepolisian Tiongkok. Kita deportasi. Ini komplotan. Kasus serupa terjadi di luar Bali seperti di Surabaya, Batam, dan Semarang,” ungkapnya.  (jpg)
NUSANEWS.NET

BACA JUGA:

BAGAIMANA KOMENTAR ANDA?

loading...
Nama

Bisnis,1670,Daerah,945,Edukasi,66,Ekonomi,1058,Hukum,6631,Inspiratif,24,Investasi,29,Islami,73,IsNews,998,Jabodetabek,5767,Jurnalistik,1121,Keamanan,387,Mancanegara,2262,Mualaf,139,Nasional,1353,News,1769,Olahraga,222,Otomotif,12,Peristiwa,8473,Pilkada,741,Politik,14211,Ramadhan,17,Seleb,1027,Story,23,Suara Publik,288,Tekno,188,Tips,40,TOP,19,Unik,43,Video,877,Wow,26,
ltr
item
NUSANEWS: Parah, Hanya Enam WNA Pelaku Penipuan Online yang Berpaspor
Parah, Hanya Enam WNA Pelaku Penipuan Online yang Berpaspor
27 WNA Republik Rakyat Tiongkok dan Taiwan, Minggu (30/7) kemarin diperiksa intensif di Mapolda Bali.
https://3.bp.blogspot.com/-FPUlS_MM0Kc/WX60myKJ1wI/AAAAAAAAC9E/MNpfKwfXU04ZhEAtCiB_cbsDgh0DC5ItQCLcBGAs/s640/parah-hanya-enam-wna-pelaku-penipuan-online-yang-berpaspor_m_4530.jpeg
https://3.bp.blogspot.com/-FPUlS_MM0Kc/WX60myKJ1wI/AAAAAAAAC9E/MNpfKwfXU04ZhEAtCiB_cbsDgh0DC5ItQCLcBGAs/s72-c/parah-hanya-enam-wna-pelaku-penipuan-online-yang-berpaspor_m_4530.jpeg
NUSANEWS
http://www.nusanews.net/2017/07/parah-hanya-enam-wna-pelaku-penipuan.html
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/2017/07/parah-hanya-enam-wna-pelaku-penipuan.html
true
5398521020948470106
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts TAMPILKAN SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman Berita View All SARAn UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI BERITA ALL POSTS Berita yang Anda Cari Tidak Ditemukan! Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru Saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow KONTEN INI TERBATAS! Silahkan Bagikan Untuk Membuka atau Melihatnya Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy