MPR: Perlu sosialisasi Perppu Ormas agar tak jadi pemadam kebakaran


NUSANEWS, JAKARTA - Pro kontra kebijakan pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 tahun 2017 tentang perubahan atas UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang organisasi kemasyarakatan, terus bergulir. Salah satunya karena pemerintah dinilai bakal sewenang-wenang membubarkan ormas tanpa proses hukum di pengadilan.

Perppu pembubaran ormas ini terlebih dahulu akan diminta persetujuan ke DPR. Ketua MPR Zulkifli Hasan menuturkan, pemerintah perlu menyosialisasikan Perppu ini agar tidak menimbulkan polemik ketika nanti mulai diterapkan.

"Perppu ya saya kira perlu sosialisasi apa isinya. Kita lihat dulu, kita kaji, bisa dilanjut atau tidak," ujar Zulkifli saat ditemui di kantor DPP PKS, Jl TB Simatupang, Jakarta Selatan, Minggu (16/7).

Menurutnya, akan lebih baik jika pemerintah menggandeng pelbagai pihak terkait untuk mendiskusikan ini. Dia khawatir, jika tanpa sosialisasi akan berakibat buruk ke depannya.

"Kan bagus kalau Perppu itu diajak bersama sama membahas supaya kita tidak sepeti pemadam kebakaran. Bahaya," ucapnya.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional ini mengaku tidak ingin dalam posisi mendukung atau menolak terbitnya Perppu ini. "Jangan dikit dikit dukung mendukung. Terbelah kita, ini dukung, ini anti," ucapnya.

Sebelumnya, Kecaman keras soal terbitnya Perppu ini dilayangkan Mantan Ketua MPR RI Amien Rais. Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) ini menilai Perppu No 2 tahun 2017 adalah langkah fatal Presiden Jokowi. "Setelah pemerintah menerbitkan Perppu ormas itu, saya menilai itu langkah fatal Jokowi. Dia sudah mengabaikan fatwa-fatwa," kata Amien Rais usai menghadiri silaturahmi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM), Jawa Barat, di Masjid Raya, Mujahidin, Jalan Sancang, Kota Bandung, Kamis (13/7).

Presiden Joko Widodo mempersilakan pihak-pihak yang tidak setuju dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) nomor 2 tahun 2017 tentang pengganti UU nomor 17 tahun 2013 tentang organisasi masyarakat, untuk menempuh jalur hukum. Presiden Jokowi menegaskan Indonesia adalah negara hukum sehingga pemerintah memberikan ruang kepada pihak yang menolak untuk melakukan gugatan.

"Yang tidak setuju dengan Perppu ormas misalnya, silakan tempuh jalur hukum. Kita negara hukum. Kita beri ruang pada yang tidak setuju. Tempuh jalur hukum. Lewat jalur hukum. Tapi yang kita ingin negara ini tetap utuh," kata Jokowi usai acara peresmian akademi bela negara (ABN) Partai NasDem, Pancoran, Jakarta, Minggu (16/7).

Presiden menjelaskan alasan pemerintah menerbitkan Perppu Pembubaran Ormas. Pemerintah tidak ingin membiarkan ada ormas atau kelompok tertentu yang ingin mengganti dasar negara Pancasila dengan ideologi lain.

"Kalau ada yang masih ingin menolak Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara dan mengganti pandangan negara dg ideologi yg lain, apakah akan kita biarkan? Saya sampaikan, tidak. Tidak boleh kita biarkan," tegasnya.

"Mereka yang terang terangan ingin mengganti Pancasila, ingin merongrong NKRI, meruntuhkan demokrasi negara ini. Tidak," sambung Jokowi. (mdk) NUSANEWS.NET

BACA JUGA:

BAGAIMANA KOMENTAR ANDA?

loading...
Nama

Bisnis,1670,Daerah,945,Edukasi,66,Ekonomi,1058,Hukum,6631,Inspiratif,24,Investasi,29,Islami,73,IsNews,998,Jabodetabek,5767,Jurnalistik,1121,Keamanan,387,Mancanegara,2262,Mualaf,139,Nasional,1353,News,1769,Olahraga,222,Otomotif,12,Peristiwa,8473,Pilkada,741,Politik,14211,Ramadhan,17,Seleb,1027,Story,23,Suara Publik,288,Tekno,188,Tips,40,TOP,19,Unik,43,Video,877,Wow,26,
ltr
item
NUSANEWS: MPR: Perlu sosialisasi Perppu Ormas agar tak jadi pemadam kebakaran
MPR: Perlu sosialisasi Perppu Ormas agar tak jadi pemadam kebakaran
Pro kontra kebijakan pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 tahun 2017 tentang perubahan atas UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang organisasi kemasyarakatan, terus bergulir. Salah satunya karena pemerintah dinilai bakal sewenang-wenang membubarkan ormas tanpa proses hukum di pengadilan.
https://3.bp.blogspot.com/-OrHDLbSqKDM/WWsnChoP4yI/AAAAAAAABlo/4PO3J-RkVrIXfbeidP_Se3vvCavr3uu7wCLcBGAs/s640/mpr-perlu-sosialisasi-perppu-ormas-agar-tak-jadi-pemadam-kebakaran.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-OrHDLbSqKDM/WWsnChoP4yI/AAAAAAAABlo/4PO3J-RkVrIXfbeidP_Se3vvCavr3uu7wCLcBGAs/s72-c/mpr-perlu-sosialisasi-perppu-ormas-agar-tak-jadi-pemadam-kebakaran.jpg
NUSANEWS
http://www.nusanews.net/2017/07/mpr-perlu-sosialisasi-perppu-ormas-agar.html
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/2017/07/mpr-perlu-sosialisasi-perppu-ormas-agar.html
true
5398521020948470106
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts TAMPILKAN SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman Berita View All SARAn UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI BERITA ALL POSTS Berita yang Anda Cari Tidak Ditemukan! Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru Saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow KONTEN INI TERBATAS! Silahkan Bagikan Untuk Membuka atau Melihatnya Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy