Mengejutkan! "Gue Ditinggalkan Mereka yang Pernah Mengelu-elukan Gue", Ahok Merasa Dihempaskan?


NUSANEWS, DEPOK - Apa kabar mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)?
Sekian bulan mendekam dalam tahanan Mako Brimob Kelapa Dua Depok untuk menjalani hukuman pejara dua tahun dalam kasus penistaan agama, Ahok kembali bercerita.

Tak kalah mengejutkan dari kisah-kisah sebelumnya yang terungkap kepada sejumlah kerabat dan sahabat yang pernah mengunjunginya, kali ini Ahok bicara tentang pengalaman imannya selama berada dalam tahanan.

Siapa sangka, selama ditahan Ahok pun mengakui ditinggalkan sejumlah orang yang pernah mengelu-elukannya.

"Gue ngerasain sendiri gimana ngeliat ada orang orang yang tadinya mengelu elukan gue, sekarang nggak tau kemana ( sambil tertawa jenaka). Yesus aja udah ngerasain, apalagi gue, dia ulang lagi kalimat itu. Tapi gue sudah lepaskan pengampunan, walau sejujurnya berat ketika melakukan."

Kepada pimpinan dan karyawan PT BPK Gunung Mulia yang mengunjunginya di tahanan, Ahok bercerita banyak hal.

Cerita yang pasti ditunggu-tunggu mereka yang merindukannya.

Dikutip dari akun Facebook Philips Joeng, berikut isi curhat Ahok :





**RAGAKU TERBELENGGU, TAPI TIDAK JIWAKU**

Bersyukur sekali kami dari BPK Gunung Mulia hari ini 18/07/17 bisa mengunjungi mantan Gubernur DKI Jakarta yang sangat kami kagumi, Basuki Tjahaya Purnama di rutan Mako Brimob.

Senang sekali karena kita yang datang semuanya Kristen sehingga bisa bicara serius soal pengalaman iman beliau.

Diawali dengan melewati penjagaan berlapis akhirnya kami bisa bertemu. Ia mengenakan kaos berwarna abu abu, celana hitam.

Baru duduk, Pak Ahok langsung bicara soal olahraga dan jam yang lebih santai. Semua ini saya sudah sering dengar. Maka ketika Pak Ahok mengatakan mau melucu dengan mencoba jurus stand up comedynya yang terbaru, saya potong saja dan tanya langsung, apakah pak Ahok merasa terhempas ?

Raut wajahnya langsung berubah, Ia menatap saya sangat lekat (kami hanya terpisah 1,5 meter) dan ia bicara dengan nada yang berbeda dengan diawal ketika bicara soal olah raga, tensi dan penghasilan sebagai gubernur yang lebih kecil dari saat menjadi wakil gubernur yang juga sudah pernah saya dengar.

Saya ulangi lagi pertanyaan saya, apakah bapak merasa terhempas ? Pengalaman iman apa yang Pak Ahok rasakan ? Ahok langsung menjawab, saya percaya manusia mereka rekakan kejahatan tapi Tuhan mereka rekakannya untuk kebaikan! (Saya langsung ingat ini ayat dari Kej 50 ketika Yusuf mengampuni saudara saudaranya)

Yesus sudah alami ini 2000 tahun lalu, Yesus aja alami (dengan nada yang semakin tinggi) apalagi cuma gue. 

Ia melanjutkan dengan tangan terkepal, gue udah ngerasa bakal masuk waktu Jumat Agung! Ia ulangi lagi di Jumat Agung, sepertinya sudah ada perasaan akan dihukum ketika melihat lelehan lilin itu (aksi lilin), seperti melihat minyak narwastu, (kita kaget, tapi justru ia tertawa lepas) lalu bunga bunga papan itu seperti daun palma. Yah kayak waktu Yesus mau disalib. Tapi nggak apa apa, gue udah siap dan memaafkan. (Ahok tercenung sejenak) Padahal tadinya dengan tuntutan percobaan gue masih merasa bisa menyelesaikan jabatan di Oktober. Semua tiba tiba berubah!

Walau kepala gue panas dan dada gue juga panas, karena perasaan diperlakukan nggak adil ini seperti terus bertalu talu di kepala (ia menunjuk kepalanya), tapi saya mulai dan harus bisa melewati. Gue tersadar bahwa Tuhan lagi kirim saya retreat ditempat ini, Tuhan lagi benahi iman saya untuk ke depan ... yaah 25 tahunan lagilah. Pasti loe nanya kok 25 tahun (ia tertawa lagi), nggak ketuaan tuh, ya nggaklah keluarga gue keturunan umur panjang. 94 tahun aja ada.

Lu tadi tanya soal pengalaman iman kan,

Pak Ahok lanjut lagi, pertolongan Tuhan udah pernah saya rasakan pribadi waktu keluarga saya jatuh, gue cuma makan nasi sama ikan belah dua sama kecap, spare part nggak ada, karyawan harus dibayar, uang nggak ada, minyak nggak ada, tapi pas saya keluar rumah di pagi hari, saya tersadar bahwa kebaikan Tuhan seperti embun di pagi hari. Dan bener aja, masa tersulit itu terlewatkan dengan cara di luar yang gue pikirkan. (Saya langsung ingat lagi Mazmur yang ia kutip, ini orang mengalami internalisasi firman dengan baik nampaknya)

Gue yakin kasih setia Tuhan tetap sama, dan sekarang inilah saatnya gue merenungkannya. Hari hari di rumah tahanan ini gue isi dengan menulis dua hal setiap hari, tema dan soal management. 
Pokoknya mantap, pendeta bisa kalah nih khotbahnya, (ia tersenyum geli) gue ngerasain sendiri gimana ngeliat ada orang orang yang tadinya mengelu elukan gue, sekarang nggak tau kemana ( sambil tertawa jenaka). Yesus aja udah ngerasain, apalagi gue, dia ulang lagi kalimat itu. Tapi gue sudah lepaskan pengampunan, walau sejujurnya berat ketika melakukan. Tiba tiba Ahok menyodorkan air mineralnya, saya ambil tapi kerongkongan tercekat. (Kok masih mau mikirin tamunya?)

Menarik sekali melihat Ahok berbicara karena ada hal yang saya nggak bisa lupakan, tatapan mata Ahok itu. Tatapan mata yang sangat tulus, ia narapidana namun matanya berbinar jernih dengan wajah yang bebas beban, segar dan penuh energi. Luar biasa! Hebatnya selama berbicara ia tidak menyalahkan orang. 

Pendeta Kaihatu mantan Ketua Sinode GPIB alumni Skotlandia yang ikut berkunjung berkata lirih ke saya, ini kunjungan tahanan paling aneh seumur hidup saya. Biasanya kita yang memberikan penguatan, hari ini terbalik. Kita yang sangat terberkati.

By the way ketika pertemuan berlangsung, seorang ustad beserta keluarga masuk ruangan, mereka : bapak, ibu dan anak anak perempuannya memeluk Ahok dengan erat, air mata hampir tertumpah, dan Ahok balas memeluk erat. Saya bingung juga yang begini ini kok ditahan karena menista ? Tapi sudahlah.

Senang sekali melihat keadaan Pak Ahok di Kelapa Dua, sekalipun pengamanan begitu ketat, ia seperti terkepung dari sana sini, namun jelas Pak Ahok tidak terperangkap, ia tetap bersukacita dalam imannya dan tetap menjadi berkat bagi banyak orang.

Tubuhnya terpenjara, namun pewartaannya membumbung tinggi dan menyinari hati banyak orang,
"Dari segala penjuru kami ditimpa kesulitan, tetapi tidak hancur luluh. Bingung namun tidak putus asa apalagi menyerah. Kami dihempaskan, namun bangun dan terus maju. Yakin Allah tidak pernah meninggalkan kami." (2 Kor 4 : 8-9 FAYH)

3 kali petugas mengingatkan jika waktu sudah habis, Pak Ahok masih berbicara dengan tempo yang sama, keras dan penuh keyakinan.

Ia melihat ke petugas, ia melihat ke kami. Kami berdiri lalu mendoakannya, ia menundukkan kepala. Kami sodorkan buku cerita anak yang kami terbitkan, berisikan pembelajaran nilai nilai anti korupsi bagi anak di usia dini, ia menandatangani lalu menjabat erat tangan kami satu persatu.

Sebelum melangkah ke pintu, ia masih berkata : anak anak dan istri saya nggak usah sering sering datang. Bikin gue kangen dan pengen pulang. Ahok memang kuat, namun perasaannya sebagai ayah dan suami tak bisa bohong. Ia rindu keluarganya.

Salam hangat dan doa dari kami di BPK Gunung Mulia. Tetap semangat Pak Ahok yang kami kasihi, Tuhan memberkati langkah juang Bapak dan Tuhan memberkati keluarga 

(Johan JT Tumanduk)

#SemogaSetelahBebasAhokBikinPartaiPastiGwGabungDeh (tn) NUSANEWS.NET

BACA JUGA:

BAGAIMANA KOMENTAR ANDA?

loading...
Nama

Bisnis,1670,Daerah,945,Edukasi,66,Ekonomi,1058,Hukum,6631,Inspiratif,24,Investasi,29,Islami,73,IsNews,998,Jabodetabek,5767,Jurnalistik,1121,Keamanan,387,Mancanegara,2262,Mualaf,139,Nasional,1353,News,1769,Olahraga,222,Otomotif,12,Peristiwa,8473,Pilkada,741,Politik,14211,Ramadhan,17,Seleb,1027,Story,23,Suara Publik,288,Tekno,188,Tips,40,TOP,19,Unik,43,Video,877,Wow,26,
ltr
item
NUSANEWS: Mengejutkan! "Gue Ditinggalkan Mereka yang Pernah Mengelu-elukan Gue", Ahok Merasa Dihempaskan?
Mengejutkan! "Gue Ditinggalkan Mereka yang Pernah Mengelu-elukan Gue", Ahok Merasa Dihempaskan?
Apa kabar mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)? Sekian bulan mendekam dalam tahanan Mako Brimob Kelapa Dua Depok untuk menjalani hukuman pejara dua tahun dalam kasus penistaan agama, Ahok kembali bercerita.
https://2.bp.blogspot.com/-8Y4gP800M-s/WXFmsGDnFhI/AAAAAAAB1Uw/XEkCtKDadakVwNvNKjgpVOsmo1suJAlMgCLcBGAs/s640/Usai-Divonis-Dua-Tahun-Penjara-Ahok-Langsung-Ditahan-di-Rutan-Cipinang.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-8Y4gP800M-s/WXFmsGDnFhI/AAAAAAAB1Uw/XEkCtKDadakVwNvNKjgpVOsmo1suJAlMgCLcBGAs/s72-c/Usai-Divonis-Dua-Tahun-Penjara-Ahok-Langsung-Ditahan-di-Rutan-Cipinang.jpg
NUSANEWS
http://www.nusanews.net/2017/07/mengejutkan-gue-ditinggalkan-mereka.html
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/2017/07/mengejutkan-gue-ditinggalkan-mereka.html
true
5398521020948470106
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts TAMPILKAN SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman Berita View All SARAn UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI BERITA ALL POSTS Berita yang Anda Cari Tidak Ditemukan! Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru Saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow KONTEN INI TERBATAS! Silahkan Bagikan Untuk Membuka atau Melihatnya Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy