Jokowi: Pemindahan Ibu Kota Butuh Kalkulasi Matang


NUSANEWS, JAKARTA -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan rencana pemindahan ibu kota negara masih dalam tahap kajian.

Untuk merealisasikan rencana itu, kata dia, membutuhkan kalkulasi matang dari segala aspek. Dengan demikian, kata dia, tidak bisa diputuskan dalam waktu cepat.

Hal itu diungkapkan Jokowi saat memberikan sambutan penyerahan sertifikat hak atas tanah di Balikpapan International Convention Center, Kalimantan Timur, Kamis 13 Juli 2017.

Pernyataan tersebut juga sekaligus merespons pernyataan Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek Ishak yang menyatakan Balikpapan siap menjadi ibu kota negara.

"Tadi sudah disampaikan Gubernur Kalimantan Timur mengenai ibu kota. Saya tidak mau menyinggung itu dulu karena masih kajian," ujar Presiden.

Presiden menuturkan setidaknya terdapat tiga provinsi yang sedang dikaji lebih dalam. Namun, dia memastikan tidak akan memberitahukan provinsi yang sedang dikaji itu.

Hal itu untuk meminimalisasi harga tanah yang dapat melambung tinggi akibat aksi para spekulan. "Tidak saya buka. Kalau saya buka di Kalimantan Timur misalnya di Berau, nanti semua orang beli tanah di sana. Harga tanah langsung melambung," ucapnya.

Sebelumnya, Gubernur Awang Faroek Ishak dalam laporannya menyebut siap untuk memfasilitasi kebutuhan lahan pemerintah pusat untuk mempersiapkan ibu kota yang baru.

Awang menjelaskan saat ini Kalimantan Timur telah memiliki sejumlah infrastruktur yang strategis seperti bandara dan pelabuhan internasional, jalan tol, dan pasokan listrik yang mencukupi. "Berapa pun besar lahan yang dibutuhkan, kami siap untuk fasilitasi," ujar Faroek.

Kendati demikian, walau kesiapan tersebut diberikan apresiasi secara khusus oleh Presiden, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menerangkan  pemindahan ibu kota memerlukan kalkulasi dan perencanaan yang matang. Apalagi rencana tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

"Pindah ibu kota perlu kalkulasi mengenai sosial politik, infrastruktur, dan perekonomian. Semua dihitung, kemudian diketahui kebutuhan biayanya. Itu menyangkut biaya yang banyak. Memang banyak negara sudah memindahkan dan memisahkan antara bisnis dan pemerintahan sehingga semua bisa berjalan baik," ujarnya. (Rakhmat)  (sn) NUSANEWS.NET

BACA JUGA:

BAGAIMANA KOMENTAR ANDA?

loading...
Nama

Bisnis,1670,Daerah,945,Edukasi,66,Ekonomi,1058,Hukum,6631,Inspiratif,24,Investasi,29,Islami,73,IsNews,998,Jabodetabek,5767,Jurnalistik,1121,Keamanan,387,Mancanegara,2262,Mualaf,139,Nasional,1353,News,1769,Olahraga,222,Otomotif,12,Peristiwa,8473,Pilkada,741,Politik,14211,Ramadhan,17,Seleb,1027,Story,23,Suara Publik,288,Tekno,188,Tips,40,TOP,19,Unik,43,Video,877,Wow,26,
ltr
item
NUSANEWS: Jokowi: Pemindahan Ibu Kota Butuh Kalkulasi Matang
Jokowi: Pemindahan Ibu Kota Butuh Kalkulasi Matang
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan rencana pemindahan ibu kota negara masih dalam tahap kajian.
https://3.bp.blogspot.com/-XfxiDycit2k/WWd46he2dhI/AAAAAAAABPI/xizOVoFgJskqiP0Phq_uMani_RfneJ8-ACLcBGAs/s640/jokowi-pemindahan-ibu-kota-butuh-kalkulasi-matang-JTV.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-XfxiDycit2k/WWd46he2dhI/AAAAAAAABPI/xizOVoFgJskqiP0Phq_uMani_RfneJ8-ACLcBGAs/s72-c/jokowi-pemindahan-ibu-kota-butuh-kalkulasi-matang-JTV.jpg
NUSANEWS
http://www.nusanews.net/2017/07/jokowi-pemindahan-ibu-kota-butuh.html
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/2017/07/jokowi-pemindahan-ibu-kota-butuh.html
true
5398521020948470106
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts TAMPILKAN SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman Berita View All SARAn UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI BERITA ALL POSTS Berita yang Anda Cari Tidak Ditemukan! Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru Saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow KONTEN INI TERBATAS! Silahkan Bagikan Untuk Membuka atau Melihatnya Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy