Jimly: KPK Boleh Melawan DPR Saat…



NUSANEWS, JAKARTA -  Eks Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshidiqie menyarankan agar KPK tak perlu mangkir jika dipanggil DPR apalagi melawan hak angket yang menjadi hak konstitusi.

“Jika DPR meminta untuk hadir dalam rapat pansus, datang saja tidak usah mangkir,” ucapnya.

Namun, ada batasan yang tak bisa dilampaui oleh DPR saat sudah memasuki proses hukum sebuah perkara.

Pasalnya, di setiap materi hukum, KPK memiliki indepensensi untuk menolak segala bentuk intervensi.

“Begitu masuk ke materi hukum, itu nggak boleh. KPK punya independensi untuk menolak,” tegasnya.

Sebaliknya, Jimly juga menyarankan DPR agar menghormati independesi KPK jika tak mau memberikan informasi tentang suatu perkara.

“Antar lembaga DPR dan lembaga KPK itu nanti kalau dibenturkan dua-duanya rugi. Akhirnya negara kita juga rugi. Jadi ikutin saja,” ucapnya.

Eks Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) ini mengungkapkan, bila KPK mangkir atau kucing-kucingan dengan DPR bisa saja hal yang lebih buruk akan terjadi.

Dia khawatir, ada pihak yang memanfaatkan kondisi itu dengan membenturkan dua lembaga tersebut.

“Agar kedua lembaga mengetahui batas kewenangannya masing-masing,” sarannya.

Sementara, Ketua pansus hak angket Agun Gunandjar menyatakan ada banyak kejanggalan dalam audit BPK.

Di antaranya adalah soal Sumber Daya Manusia (SDM) atau penyidik dan sistem pengelolaan keuangan internal (SPI) serta soal penyadapan.

Terkait SDM dan penyidik, ia mengatakan akan menindaklanjuti kejanggalan tersebut setelah memperhatikan beberapa undang-undang dan peraturannya.

Sedangkan soal penyadapan, Agun mengungkapkan ada UU No 19 tahun 2015 tentang ITE yang terkait penyadapan yang masih perlu didalami apakah sudah cukup atau tidak.

“Ini akan kami dalami lebih jauh,” lanjutnya.

Selain itu, pihaknya juga akan menindaklanjuti soal pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan pengelola negara.

Yakni soal sistem pengelolaan keuangan internal dan kepatuhan terhadap undang-undang meski mendapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK.

“Pasti ada satu dua temuan yang tidak patuh. Audit BPK sifatnya kan masih administratif. Jadi masih harus tindaklanjuti sama KPK,” jelasnya.

Selanjutnya, Pansus juga rencananya akan mengunjungi Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Sukamiskin dan Pondok Bambu untuk menemui para terpidana tindak pidana korupsi.

Hal itu dilakukan untuk mengetahui apakah selama ini ada pelanggaran terhadap hak azasi yang dilakukan dalam proses penyelidikan dan penyidikan.

“Pansus ini adalah Pansus dalam rangka membangun konsepsi penegakan hukum yang menjamin adanya konsepsi perlindungan terhadap hak azasi manusia,” bebernya.

Sementara, KPK sendiri mengaku akan menindaklajuti temuan BPK tersebut. (ps) NUSANEWS.NET

BACA JUGA:

BAGAIMANA KOMENTAR ANDA?

loading...
Nama

Bisnis,1670,Daerah,945,Edukasi,66,Ekonomi,1058,Hukum,6631,Inspiratif,24,Investasi,29,Islami,73,IsNews,998,Jabodetabek,5767,Jurnalistik,1121,Keamanan,387,Mancanegara,2262,Mualaf,139,Nasional,1353,News,1769,Olahraga,222,Otomotif,12,Peristiwa,8473,Pilkada,741,Politik,14211,Ramadhan,17,Seleb,1027,Story,23,Suara Publik,288,Tekno,188,Tips,40,TOP,19,Unik,43,Video,877,Wow,26,
ltr
item
NUSANEWS: Jimly: KPK Boleh Melawan DPR Saat…
Jimly: KPK Boleh Melawan DPR Saat…
Eks Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshidiqie menyarankan agar KPK tak perlu mangkir jika dipanggil DPR apalagi melawan hak angket yang menjadi hak konstitusi.
https://4.bp.blogspot.com/-bEMsB_FaCcY/WVxsXAQls0I/AAAAAAAAAFY/9aMji1QMtS8qgdeb2OtgEArJwtGsy_LeACLcBGAs/s640/Jimly-Asshiddiqie.png
https://4.bp.blogspot.com/-bEMsB_FaCcY/WVxsXAQls0I/AAAAAAAAAFY/9aMji1QMtS8qgdeb2OtgEArJwtGsy_LeACLcBGAs/s72-c/Jimly-Asshiddiqie.png
NUSANEWS
http://www.nusanews.net/2017/07/jimly-kpk-boleh-melawan-dpr-saat.html
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/2017/07/jimly-kpk-boleh-melawan-dpr-saat.html
true
5398521020948470106
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts TAMPILKAN SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman Berita View All SARAn UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI BERITA ALL POSTS Berita yang Anda Cari Tidak Ditemukan! Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru Saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow KONTEN INI TERBATAS! Silahkan Bagikan Untuk Membuka atau Melihatnya Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy