Ini Tanggapan Polri Terkait Foto Bareng Kapolda dengan Pelaku Penikam Hermansyah


NUSANEWS, JAKARTA -  Mabes Polri menanggapi foto Kapolda Metro Jaya, M Iriawan sedang berada satu meja dengan Edwin Hitipeuw (37) dan Laurens Paliyama (31), pelaku pengeroyokan pakar telematika ITB Hermansyah.

Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, polisi dalam memproses para tersangka selalu mengedepankan asas praduga tak bersalah. Salah satunya dengan pendekatan humanis.

Karena itu, menurut dia foto yang beredar di kalangan wartawan tersebut merupakan salah satu cara pendekatan polisi mengggali informasi dari seorang tersangka.

“Bahwa Kapolda makan dengan tersangka dalam rangka pendekatan. Kemungkinan dia akan lebih mengungkapan sesuatu yang lain dari sisi humanisnya yang kita angkat. Jadi nggak ada masalah,” ujar Setyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (12/7).

Menurut dia, tak ada perlakuan khusus dari polisi kepada para tersangka termasuk pelaku pengeroyokan kepada Hermansyah. Setyo pun berharap dengan cara pendekatan humanis, tersangka dapat memberikan keterangan yang lengkap kepada penyidik.

“Tidaklah. Semuanya kita lakukan sama. Kadang polisi harus memancing dulu, kita ajak makan dulu, supaya lebih terbuka. Kita harapkan dari itu sisi humanis kan kita ajak, kita deketin mereka, mungkin yang masih ditutupi bisa terungkap,” terang Setyo.

Sehingga ia menganggap bahwa foto tersebut merupakan salah satu teknik penyelidikan kepolisian. “Itu salah satu teknik dan taktik penyelidikan dan penyidikan,” dalih Setyo.

“Jadi nggk ada masalah mau ajak makan, ajak minum, untuk membuat terang, penyelidikan dan penyidikan untuk membuat terang perkara,” tandasnya menambahkan.

Dalam foto tersebut Kapolda Metro Jaya M Iriawan tampak sedang didampingi Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Andry Wibowo dan Kapolresta Depok Kombes Herry Heriawan.

Terlihat pula dua gelas berisi air dan makanan ringan yang disediakan kepada dua pelaku. Bahkan dari foto yang beredar, meski dalam kondisi tangan terikat, Edwin yang mengenakan kaos warna kuning terlihat memegang sebatang rokok.

Terkait beredarnya foto itu, Kabid Humas Polda Metro Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono membantah Kapolda mengistimewakan pelaku pembacokan Hermansyah.

Menurutnya, alasan Iriawan terlihat berada di foto tersebut, untuk memastikan kinerja jajarannya untuk mengungkap kasus tersebut. “Kan wajar aja kalau penyidik laporan sama komandannya,” kata Argo.

Bahkan ia tak mempermasalahkan suasana dalam foto yang beredar. Menurut Argo sudah menjadi hal yang wajar jika Kapolda memimpin interogasi para pelaku.

Sebab, kasus ini sudah menjadi sorotan masyatakat pasca isu Hermansyah menjadi saksi ahli kasus dugaan pornografi Habib Rizieq Shihab dan Firza Husein.

“Jadi intinya anak buah melaporkan keberhasilan menangkap pelaku ke pimpinannya itu adalah atensi masyarakat luas wajar,” terang dia.

Soal adanya minuman dan makanan yang diberikan kepada pelaku merupakan teknik penyidikan agar polisi bisa mengorek keterangan.

Meski demikian, Argo menyampaikan kondisi kedua pelaku juga tetap dalam kondisi diborgol. “Iya (teknik penyidikan). Kan diborgol juga itu apa yang dipermasalahkan,” kata Argo. (akt) NUSANEWS.NET

BACA JUGA:

BAGAIMANA KOMENTAR ANDA?

loading...
Nama

Bisnis,1670,Daerah,945,Edukasi,66,Ekonomi,1058,Hukum,6631,Inspiratif,24,Investasi,29,Islami,73,IsNews,998,Jabodetabek,5767,Jurnalistik,1121,Keamanan,387,Mancanegara,2262,Mualaf,139,Nasional,1353,News,1769,Olahraga,222,Otomotif,12,Peristiwa,8473,Pilkada,741,Politik,14211,Ramadhan,17,Seleb,1027,Story,23,Suara Publik,288,Tekno,188,Tips,40,TOP,19,Unik,43,Video,877,Wow,26,
ltr
item
NUSANEWS: Ini Tanggapan Polri Terkait Foto Bareng Kapolda dengan Pelaku Penikam Hermansyah
Ini Tanggapan Polri Terkait Foto Bareng Kapolda dengan Pelaku Penikam Hermansyah
Mabes Polri menanggapi foto Kapolda Metro Jaya, M Iriawan sedang berada satu meja dengan Edwin Hitipeuw (37) dan Laurens Paliyama (31), pelaku pengeroyokan pakar telematika ITB Hermansyah.
https://1.bp.blogspot.com/-HEKfYnaHfmI/WWbwSvDGYzI/AAAAAAAABKk/6R0vVxokTak9jft2YI2ysnZ-V8ZgyFKRwCLcBGAs/s640/Setyo-Wasisto.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-HEKfYnaHfmI/WWbwSvDGYzI/AAAAAAAABKk/6R0vVxokTak9jft2YI2ysnZ-V8ZgyFKRwCLcBGAs/s72-c/Setyo-Wasisto.jpeg
NUSANEWS
http://www.nusanews.net/2017/07/ini-tanggapan-polri-terkait-foto-bareng.html
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/2017/07/ini-tanggapan-polri-terkait-foto-bareng.html
true
5398521020948470106
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts TAMPILKAN SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman Berita View All SARAn UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI BERITA ALL POSTS Berita yang Anda Cari Tidak Ditemukan! Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru Saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow KONTEN INI TERBATAS! Silahkan Bagikan Untuk Membuka atau Melihatnya Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy