Ini Perjalanan Karir Cupink Topan, Pria Gimbal yang Jadi Imam Shalat


NUSANEWS, JAKARTA - Sofyan Alop alias Cupink Topan mendadak jadi perbincangan lantaran videonya menjadi imam shalat viral di medsos.

Cupink Topan sendiri sejatinya tak memiliki keinginan terjun ke dalam film sebagai aktor laga. Namun, takdir membawa cerita lain baginya.

Saat berkunjung ke kantor redaksi Malut Por (Jawa Pos Grup, pojoksatu.id) belum lama ini, ia membeberkan perjalanan karirnya.

Selepas menamatkan pendidikan di SMK Tidore jurusan Akuntansi, Cupink Topan melanjutkan pendidikan di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Sulawesi Selatan.

Awalnya, ia ingin berkuliah di jurusan Ekonomi Islam, namun dia justru terdampar di Pendidikan Bahasa Arab (PBA).

Ia akhirnya memutuskan pindah fakultas di semester lima karena mengaku kuwalahan harus selalu menggunakan bahasa Arab di setiap presentasi.

Nahasnya, proses kepindahan jurusan itu lantas membuatnya terpaksa drop out dari bangku kuliah pada 2006 silam.



Dan, pengalamannya bermain teater saat masih berstatus mahasiswa menjadi pelajaran yang berharga baginya.

Pentas teater berjudul Kertas Kosong oleh Himpunan Pelajar Indonesia Nuku Makassar (HIPMIN) itu menjadi awal perkenalannya dengan dunia peran.

“Di sanalah saya pertama belajar teknik olah pernapasan, olah vokal, intonasi, aksi, reaksi, improvisasi juga artikulasi,” bebernya.

Setelah itu, Sofyan Alop alias Cupink Topan memantapkan pilihannya pada seni peran.

Meski begitu, pria 33 tahun asal Tidore itu tidak pernah menyangka akan menginjakkan kaki di dunia peran.

Bayangan awalnya sat merantau ke kota besar hanyalah mendapatkan ijazah untuk bekerja.

Sepuluh tahun lalu, Sofyan Alop dipaksa temannya untuk mengikuti lomba modelling yang malah menjadi jalan pembuka kariernya di dunia akting.

“Pada akhirnya berakting dan menjadi aktor adalah passion saya,” akunya.



Dari situ, ia lantas mulai tawaran beberapa judul film, salah satunya pernah terlibat dalam film The Raid Redemption (2011).

Sayang, perjalanan karir sebagai aktor laga malah tak sepenuhnya membawa hoki buatnya dan namanya tidak bersinar lagi.

Nama Sofyan Alop alias Cupink Topan kembali terkenal saat videonya tengah menjadi imam viral di medsos.

Dalam video yang pertama kali diunggah akun Facebook Iqchalcedony Obi, nampak Cupink Topan melantunkan Surah Jum’ah dengan fasih dan tartil.

Lantunan suara Cupink Topan pun terdengar merdu hingga membuat Gubernur Maluku Utara KH Abdulgani Kasuba, terkesima.

Video itu ternyata diambil ketika dirinya sedang memimpin salat berjama’ah di Hotel Bidakara.

“Subhanallah.. Sahabatku ini Cupink Topan, Putra Tidore yang juga aktor film laga. Qiraahnya luar biasa. Beliau menjadi imam di Hotel Bidakara. Gubernur Maluku Utara KH Abdulgani Kasuba sampai terkesima mendengarkan suaranya,” tulis Iqchalcedony Obi.

Video itupun langsung menjadi viral di medsos dan menjadi perhatian warga net.

Rambut gondrong gimbal, pakaian serba hitam dan jeans ketatnya, menunjukkan jiwa rockernya dan jauh dari penampilan imam shalat pada umumnya.

Sampai Minggu (30/7) pukul 11.34 WIB, video dalam unggahan tersebut sudah 5 juta kali ditonton dan 40 ribu lebih dibagikan.

Sementara, kolom komentarnya pun dibanjiri lebih dari 8.500 komentar dari netizen.  (ps) NUSANEWS.NET

BACA JUGA:

BAGAIMANA KOMENTAR ANDA?

loading...
Nama

Bisnis,1670,Daerah,945,Edukasi,66,Ekonomi,1058,Hukum,6631,Inspiratif,24,Investasi,29,Islami,73,IsNews,998,Jabodetabek,5767,Jurnalistik,1121,Keamanan,387,Mancanegara,2262,Mualaf,139,Nasional,1353,News,1769,Olahraga,222,Otomotif,12,Peristiwa,8473,Pilkada,741,Politik,14211,Ramadhan,17,Seleb,1027,Story,23,Suara Publik,288,Tekno,188,Tips,40,TOP,19,Unik,43,Video,877,Wow,26,
ltr
item
NUSANEWS: Ini Perjalanan Karir Cupink Topan, Pria Gimbal yang Jadi Imam Shalat
Ini Perjalanan Karir Cupink Topan, Pria Gimbal yang Jadi Imam Shalat
Sofyan Alop alias Cupink Topan mendadak jadi perbincangan lantaran videonya menjadi imam shalat viral di medsos.
https://1.bp.blogspot.com/-5kmvIVguXUs/WX2oT96rE5I/AAAAAAAAC0c/yvWxgc6DrR4pbS34ngblxbbsbB7qVFJtACLcBGAs/s640/Seorang-pria-berambut-gondrong-dan-gimbal-jadi-imam-shalat-dengan-suara-yang-merdu-bikin-merinding.-Foto-via-youtube-730x355.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-5kmvIVguXUs/WX2oT96rE5I/AAAAAAAAC0c/yvWxgc6DrR4pbS34ngblxbbsbB7qVFJtACLcBGAs/s72-c/Seorang-pria-berambut-gondrong-dan-gimbal-jadi-imam-shalat-dengan-suara-yang-merdu-bikin-merinding.-Foto-via-youtube-730x355.jpg
NUSANEWS
http://www.nusanews.net/2017/07/ini-perjalanan-karir-cupink-topan-pria.html
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/2017/07/ini-perjalanan-karir-cupink-topan-pria.html
true
5398521020948470106
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts TAMPILKAN SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman Berita View All SARAn UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI BERITA ALL POSTS Berita yang Anda Cari Tidak Ditemukan! Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru Saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow KONTEN INI TERBATAS! Silahkan Bagikan Untuk Membuka atau Melihatnya Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy