Ini Calon Pengganti Setya Novanto Sebagai Ketum Golkar dan Ketua DPR



NUSANEWS, JAKARTA -  Penetapan Setya Novanto sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan e-KTP, mengubah konstelasi politik di DPR maupun Partai Golkar.

Kedudukan Setya Novanto sebagai Ketua DPR dan Ketua Umum DPP Partai Golkar di ujung tanduk.

Siapakah yang layak menggantikan Setnov sebagai Ketum Golkar dan Ketua DPR RI?

Sejak Setnov disebut-sebut terseret dalam kasus korupsi e-KTP yang merugikan negara Rp 2,3 triliun, nama-nama calon penggantinya sudah ramai diperbincangkan.

Sosok yang dianggap layak menggantikan Setnov sebagai Ketum Golkar yakni Nurdin Halid yang saat ini menjabat sebagai Ketua Harian.

Selanjutnya, ada nama Idrus Marham yang kini sebagai Sekjen DPP. Kemudian Sekretaris Fraksi Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita, serta Airlangga Hartato yang kini menjabat Menteri Perindustrian.

Namun, dibanding tiga nama lainnya, posisi jabatan Nurdin Halid dianggap paling memiliki peluang. Hanya saja, Nurdin saat ini tengah mempersiapkan diri untuk maju sebagai calon gubernur Sulsel 2018.

Ketua Konsolidasi DPD I Golkar Sulsel Arfandy Idris mengungkapkan, ada mekanisme yang harus dilakukan partai jika terjadi pergantian kepemimpinan.

“Kita sudah antisipasi itu. Apapun itu keputusan yang diambil tentu akan mengacu pada aturan dan taat pada hukum. Dan itu sudah diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) partai,” ucap Arfandy beberapa waktu lalu.

Jika dilihat AD/ART pada Bab V bagian Struktur dan Kepengurusan tepatnya di Pasal 6 tentang susunan DPP sangat jelas. Di situ diurai bahwa jabatan DPP terdiri dari Ketua Umum, Ketua Harian, Ketua-Ketua Kordinator Bidang, Ketua-Ketua, Sekjen, Wasekjen, Bendahara Umum, Wakil-Wakil Bendahara Umum, dan Departemen.

Artinya, setelah Ketum Setnov ada Nurdin Halid yang diketahui sebagai ketua harian tepat berada di bawah ketum. “Yah, kalau dikembalikan kepada susunan struktur,” kata Arfandy saat ditanya peluang NH berpeluang gantikan Setnov.

Menurut dia, partai tidak serta merta menunjuk begitu saja. Sudah dibuat tatanan yang ada jika hal-hal kemungkinan terjadi. Ia menyadari bahwa di waktu yang bersamaan juga akan digelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas).

Jika dikembalikan lagi pada AD/ART di pasal 14 ditegaskan bahwa pengisian lowongan antar waktu pengurus DPP itu ditetapkan oleh Rapat Pleno DPP dan dilaporkan kepada Rapimnas.

“Kita lihat saja bagaimana ke depan. Dimana itu akan dilihat dari hasil Rapimnas nanti,” jelasnya.

Sementara di DPR, nama yang pernah disebut-sebut layak menggantikan Setnov Novanto sebagai Ketua DPR yakni, Ade Komarudin, Aziz Syamsuddin, dan Agun Gunanjar Sudarsa.

Ketiga politisi senior Partai Golkar itu dianggap layak memimpin DPR. Ade Komarudin sendiri pernah menjabat Ketua DPR saat Setya Novanto mengundurkan diri. Namun, jabatan Ade kembali diambil alih Setnov sesaat setelah dirinya terpilih menjadi Ketum Golkar pada tahun 2016 lalu.

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPR Setya Novanto ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan e-KTP.

Setnov ditetapkan sebagai tersangka setelah tim penyidik menemukan dua alat bukti permulaan yang cukup, perihal dugaan keterlibatan Ketua Umam Partai Golkar itu dalam sengkarut kasus dugaan korupsi yang diduga merugikan keuangan negara senilai Rp 2,3 triliun.

“Sudah (SN tersangka). Rabu (21/6) pagi penyidik sudah ekspose (gelar perkara) di depan lima pimpinan. Mereka sepakat untuk naikan SN ke tingkat penyidikan,” tutur sumber di KPK kepada JawaPos.com Senin (17/7). (ps) NUSANEWS.NET

BACA JUGA:

BAGAIMANA KOMENTAR ANDA?

loading...
Nama

Bisnis,1670,Daerah,945,Edukasi,66,Ekonomi,1058,Hukum,6631,Inspiratif,24,Investasi,29,Islami,73,IsNews,998,Jabodetabek,5767,Jurnalistik,1121,Keamanan,387,Mancanegara,2262,Mualaf,139,Nasional,1353,News,1769,Olahraga,222,Otomotif,12,Peristiwa,8473,Pilkada,741,Politik,14211,Ramadhan,17,Seleb,1027,Story,23,Suara Publik,288,Tekno,188,Tips,40,TOP,19,Unik,43,Video,877,Wow,26,
ltr
item
NUSANEWS: Ini Calon Pengganti Setya Novanto Sebagai Ketum Golkar dan Ketua DPR
Ini Calon Pengganti Setya Novanto Sebagai Ketum Golkar dan Ketua DPR
Penetapan Setya Novanto sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan e-KTP, mengubah konstelasi politik di DPR maupun Partai Golkar.
https://3.bp.blogspot.com/-4MxTwFsi2MM/WWzNpW3uvGI/AAAAAAAABxQ/eDomn9Am4xoA_XAtDihgVXPNJWUAgbKMACLcBGAs/s640/Setya-Novanto-600x355.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-4MxTwFsi2MM/WWzNpW3uvGI/AAAAAAAABxQ/eDomn9Am4xoA_XAtDihgVXPNJWUAgbKMACLcBGAs/s72-c/Setya-Novanto-600x355.jpg
NUSANEWS
http://www.nusanews.net/2017/07/ini-calon-pengganti-setya-novanto.html
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/2017/07/ini-calon-pengganti-setya-novanto.html
true
5398521020948470106
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts TAMPILKAN SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman Berita View All SARAn UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI BERITA ALL POSTS Berita yang Anda Cari Tidak Ditemukan! Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru Saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow KONTEN INI TERBATAS! Silahkan Bagikan Untuk Membuka atau Melihatnya Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy