Indef Ragukan Survei GWP Terkait Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pemerintah


NUSANEWS, YOGYAKARTA  -   Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dalam laporan ke Presiden Joko Widodo mengklaim Indonesia menduduki peringkat tertinggi sedunia dalam hal tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah berdasar hasil survei Gallup World Poll (GWP).

Hasil survei itu tertuang dalam publikasi lembaga yang berbasis di Amerika Serikat, Organisation for Economic Co-operation and Development atau OECD yang berjudul Government at a Glance 2017, Kamis (13/7) lalu.

Namun, jajak pendapat yang dilakukan secara acak itu hanya melibatkan sekitar 1.000 orang responden. Artinya, tak lebih dari 1% masyarakat berusia di atas 17 tahun yang berpartisipasi, hal ini bila dikomparasikan dengan 182.000.000 jiwa lebih penduduk yang wajib memiliki KTP menurut data Kemendagri per 31 Desember 2015.

Karenanya, hasil survei yang dipaparkan menjadi bias serta tidak merepresentasikan pendapat masyarakat Indonesia secara luas. Bila pun survei dilakukan di 10 provinsi, maka rata-rata hanya 100 orang yang dimintai pendapat di tiap provinsi.

“Selain dari sampel yang tidak mewakili, survei itu tidak menggambarkan detail indikator tingkat kepercayaanya karena tingkat kepercayaan bisa meliputi kepemimpinan, kinerja pemerintah dan efektivitas pelayanan birokrasi,” ujar peneliti muda INDEF (Institute for Development of Economics and Finance) Bhima Yudhistira kepada Aktual, Rabu (19/7).

Adapun pertanyaan survei juga tidak menggunakan parameter yang jelas terkait bagian mana dari pemerintah yang harus dinilai oleh responden, apakah pusat atau daerah, atau membedakan antara politisi dan birokrat pemerintah.

Bhima menganggap percuma kalau tingkat kepuasan publik ke pemerintah seolah tinggi tapi faktanya birokrasi terutama di daerah belum juga efisien, pelayanan publik belum memuaskan serta kinerja perekonomian pemerintah masih kurang dirasakan masyarakat.

“Ketimbang terus menerus membanggakan diri terhadap hasil survei yang masih diragukan metodenya, lebih baik pemerintah fokus pada persoalan ekonomi yang terjadi di tengah masyarakat,” sindirnya.

Anjloknya daya beli masyarakat, turun drastisnya penjualan ritel serta ancaman gelombang PHK massal adalah bukti yang tak bisa dielakkan, disamping kebijakan pencabutan subsidi listrik yang telah memukul masyarakat baik di perkotaan maupun perdesaan.

Sebelumnya, Sri Mulyani dalam siaran pers Sekretariat Presiden, Selasa (18/7), mengklaim laporan tersebut merangkum berbagai indikator pencapaian pemerintah di sektor publik dan berkaitan erat dengan faktor kepemimpinan.

“Tingkat kepercayaan terhadap pemerintah dipengaruhi oleh apakah masyarakat menganggap pemerintah dapat diandalkan, cepat tanggap dan adil serta mampu melindungi masyarakat dari risiko-risiko dan memberikan pelayanan publik secara efektif,” kata dia.

Sri menyebut, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah Indonesia tahun 2016 mencapai 80%, naik dibanding 10 tahun lalu yang cuma 28%. Angka ini berada di atas Swiss, Kanada, Rusia dan Perancis.  (akt) NUSANEWS.NET

BACA JUGA:

BAGAIMANA KOMENTAR ANDA?

loading...
Nama

Bisnis,1670,Daerah,945,Edukasi,66,Ekonomi,1058,Hukum,6631,Inspiratif,24,Investasi,29,Islami,73,IsNews,998,Jabodetabek,5767,Jurnalistik,1121,Keamanan,387,Mancanegara,2262,Mualaf,139,Nasional,1353,News,1769,Olahraga,222,Otomotif,12,Peristiwa,8473,Pilkada,741,Politik,14211,Ramadhan,17,Seleb,1027,Story,23,Suara Publik,288,Tekno,188,Tips,40,TOP,19,Unik,43,Video,877,Wow,26,
ltr
item
NUSANEWS: Indef Ragukan Survei GWP Terkait Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pemerintah
Indef Ragukan Survei GWP Terkait Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pemerintah
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dalam laporan ke Presiden Joko Widodo mengklaim Indonesia menduduki peringkat tertinggi sedunia dalam hal tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah berdasar hasil survei Gallup World Poll (GWP).
https://4.bp.blogspot.com/-9UDsVDQZFaM/WXAMBdr2H3I/AAAAAAAACEc/6P744-GW_IkLcJg5mzAfP4VHZ594VNPnwCLcBGAs/s640/Ahok-dan-Ridwan-Moncer-di-Survei-Rawan-Pencitraan-Ketimbang-Pembangunan.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-9UDsVDQZFaM/WXAMBdr2H3I/AAAAAAAACEc/6P744-GW_IkLcJg5mzAfP4VHZ594VNPnwCLcBGAs/s72-c/Ahok-dan-Ridwan-Moncer-di-Survei-Rawan-Pencitraan-Ketimbang-Pembangunan.jpg
NUSANEWS
http://www.nusanews.net/2017/07/indef-ragukan-survei-gwp-terkait.html
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/2017/07/indef-ragukan-survei-gwp-terkait.html
true
5398521020948470106
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts TAMPILKAN SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman Berita View All SARAn UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI BERITA ALL POSTS Berita yang Anda Cari Tidak Ditemukan! Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru Saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow KONTEN INI TERBATAS! Silahkan Bagikan Untuk Membuka atau Melihatnya Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy