Gunakan Dana Haji, PAN: Jangan-Jangan Bukan Buat Infrastruktur Tapi Cuma Bayar Utang


NUSANEWS, JAKARTA -  Sekretaris Fraksi PAN, Yandri Susanto menyayangkan pemerintah yang berencana untuk menggunakan dana haji sebagi dana infrastruktur. Langkah ini sangat tak bijak jika pemerintah menggunakan dana umat.

“Terkait rencana pemerintah yang menggunakan dana haji atau dana umat itu untuk infrastruktur, kami menolaknya. Karena itu dana umat, maka umat harus diajak bicara dong,” kata dia di Jakarta, ditulis Minggu (30/7).

Menurut dia, umat itu terwakili dengan lembaga organisasi keagamaan seperti Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Persis, dan lainnya. Karena tak mungkin semuanya diajak bicara.

“Dan karena itu bersifat strategis maka harus melibatkan DPR di Komisi VI yang membidangi haji dan Komisi VI yang membidangi BUMN dan investasi. Makanya pemerintah jangan gegabah menggunakan dana haji harus hati-hati,” jelas dia.

Kehati-hatian yang dia maksud adalah, saat ini pemerintah sendiri sudah terbebani dengan utang yang besar. Sampai saat ini sudah terkumpul Rp3.706 triliun. Padahal dulu saat kampanye, kata dia, Jokowi tak akan hutang, tapi kok malah sudah bertambah Rp1.000 triliun lebih.

“Jangan sampai sudah menggunakan dana haji tapi tak mampu bayar lagi bisa bahaya. Karena saat ini utang itu biasanya dibayar dana pokoknya dan bunganya. Saat ini kan pemerintah kan tidak punya uang, jangan-jangan dana haji itu buat bayar utang juga. Jadi cari duit mana yang gampang. Terus ada dana nganggur ya udah dipakai saja,” cetus dia.

Apalagi kalau mau diinvestasikan di BUMN yang saat ini kondisi keuangannya itu sedang tak sehat, maka jangan-jangan malah jadi bancakan di BUMN.

“Saat ini BUMN juga banyak yang rugi. Kalau itu diserahkan ke BUMN yg rugi juga apa dana ini tak akan kelelep (hilang) nantinya? Kalau kelelap bagaimana? Saya sampaikan pemerintah harus ajak bicara umat dan jelaskan dulu aturannya. Jangan nanti jadi masalah dan ujungnya umat yang mau berangkat haji menjadi terganggu,” papar dia.

Dia sendiri menyarankan, sebaiknya dana gaji itu untuk pengembangan infrastruktur haji. “Semua investasinya harus berkaitan dengan haji juga. Itu akan lebih kelihatan bahwa masyarakat dalam rangka menggenjot fasilitas penanganan haji itu serius. Dan lebih baik dibanding digunakan buat infrastrultur,” ujarnya.  (akt) NUSANEWS.NET

BACA JUGA:

BAGAIMANA KOMENTAR ANDA?

loading...
Nama

Bisnis,1670,Daerah,945,Edukasi,66,Ekonomi,1058,Hukum,6631,Inspiratif,24,Investasi,29,Islami,73,IsNews,998,Jabodetabek,5767,Jurnalistik,1121,Keamanan,387,Mancanegara,2262,Mualaf,139,Nasional,1353,News,1769,Olahraga,222,Otomotif,12,Peristiwa,8473,Pilkada,741,Politik,14211,Ramadhan,17,Seleb,1027,Story,23,Suara Publik,288,Tekno,188,Tips,40,TOP,19,Unik,43,Video,877,Wow,26,
ltr
item
NUSANEWS: Gunakan Dana Haji, PAN: Jangan-Jangan Bukan Buat Infrastruktur Tapi Cuma Bayar Utang
Gunakan Dana Haji, PAN: Jangan-Jangan Bukan Buat Infrastruktur Tapi Cuma Bayar Utang
Sekretaris Fraksi PAN, Yandri Susanto menyayangkan pemerintah yang berencana untuk menggunakan dana haji sebagi dana infrastruktur. Langkah ini sangat tak bijak jika pemerintah menggunakan dana umat.
https://1.bp.blogspot.com/-K65CeudErmI/WX29Ud4n3kI/AAAAAAAAC2c/l6DlWXoKMggtD3Vi0piEWO2QZC87lOLSQCLcBGAs/s640/Yandri-Susanto.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-K65CeudErmI/WX29Ud4n3kI/AAAAAAAAC2c/l6DlWXoKMggtD3Vi0piEWO2QZC87lOLSQCLcBGAs/s72-c/Yandri-Susanto.jpg
NUSANEWS
http://www.nusanews.net/2017/07/gunakan-dana-haji-pan-jangan-jangan.html
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/2017/07/gunakan-dana-haji-pan-jangan-jangan.html
true
5398521020948470106
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts TAMPILKAN SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman Berita View All SARAn UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI BERITA ALL POSTS Berita yang Anda Cari Tidak Ditemukan! Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru Saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow KONTEN INI TERBATAS! Silahkan Bagikan Untuk Membuka atau Melihatnya Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy