Fahri Hamzah: Presiden Jokowi Sudah Ralat Polemik Dana Haji


NUSANEWS, JAKARTA - Presiden Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi sudah meralat gagasannya terkait penggunaan dana haji untuk membangun infrastruktur. Dengan demikian polemik pernyataan awal Jokowi yang akan memakai dana haji untuk membangun infrastruktur harus dihentikan.

Demikian ditegaskan Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah kepada wartawan, Senin (31/7).

"Pak Jokowi sudah meralat ucapannya, maka mari akhiri polemik itu dan kita mulai masukan usulan kepada Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) yang baru terbentuk, karena ada banyak masalah dalam penyelenggaranan haji sejak hulu sampai hilir," kata Fahri.

Usulan itu disampaikannya setelah melihat fase persiapan yang tidak sempurna dari penyelenggaraan haji, mulai soal manasik yang belum maksimal, terutama bagi yang baru pertama kali bepergian ke luar negeri, sampai soal usia jamaah yang terlalu tua karena terlalu lama menabung.

"Begitu pula di sisi hilir. Ada banyak masalah mulai soal penginapan, makanan dan kesehatan yang fasilitas tersedianya masih belum ideal dan memadai," kata Fahri yang juga Ketua Tim Haji DRR RI itu.

Di luar itu, Indonesia sebagai konsumen haji dan umroh terbesar di dunia, tambah pimpinan DPR Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Kokesra) itu, harusnya tidak saja berpikir sebagai konsumen, tetapi sebagai penyelenggara. Oleh karena itu, BPKH seharusnya langsung memikirkan hal besar yang terkumpul dari para jamaah haji itu untuk kepentingan perbaikan penyelenggaraan haji.

"Dan bukan untuk kepentingan lain terlebih dahulu. Sehingga, jika ada sisanya barulah nanti bisa dialokasikan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku," ujarnya.

Terakhir Fahri menyebutkan ada banyak yang bisa dilakukan Indonesia jika berpikir sebagai pemain dalam industri haji dan umrah. Mulai sektor jasa sampai produk dan infrastruktur haji dengan penghasilan yang menggiurkan.

"Itulah yang seharusnya dipikirkan sekarang. Sehingga, hasil dari investasi selanjutnya tetap diarahkan untuk menyempurnakan penyelenggaraan haji di masa yang akan datang. Sebab bagaimanapun dana itu adalah dana ibadah," pungkasnya.

Sebelumnya, usai melantik Anggota Dewan Pengawas dan Anggota Badan Pelaksana Pengelola Keuangan Haji (BPKH) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (26/7) lalu, Presiden Jokowi menyampaikan keinginya agar dana haji yang tersimpan di pemerintah bisa diinvestasikan untuk pembangunan infrastruktur.

Wacana yang disampaikan oleh Presiden Jokowi itu pun menuai pro dan kontra, sehingga menimbulkan polemik di kalangan masyarakat. Apalagi, Presiden tidak menyebutkan secara detail mekanismenya seperti apa.

Presiden Jokowi kemudian meminta pengelolaan dana haji dilakukan dengan hati-hati dan cermat. Semua harus mengikuti peraturan yang ada.

"Ini dana umat, bukan pemerintah. Jadi, hati-hati dalam penggunaan," ujarnya. (rm) NUSANEWS.NET

BACA JUGA:

BAGAIMANA KOMENTAR ANDA?

loading...
Nama

Bisnis,1670,Daerah,945,Edukasi,66,Ekonomi,1058,Hukum,6631,Inspiratif,24,Investasi,29,Islami,73,IsNews,998,Jabodetabek,5767,Jurnalistik,1121,Keamanan,387,Mancanegara,2262,Mualaf,139,Nasional,1353,News,1769,Olahraga,222,Otomotif,12,Peristiwa,8473,Pilkada,741,Politik,14211,Ramadhan,17,Seleb,1027,Story,23,Suara Publik,288,Tekno,188,Tips,40,TOP,19,Unik,43,Video,877,Wow,26,
ltr
item
NUSANEWS: Fahri Hamzah: Presiden Jokowi Sudah Ralat Polemik Dana Haji
Fahri Hamzah: Presiden Jokowi Sudah Ralat Polemik Dana Haji
Presiden Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi sudah meralat gagasannya terkait penggunaan dana haji untuk membangun infrastruktur. Dengan demikian polemik pernyataan awal Jokowi yang akan memakai dana haji untuk membangun infrastruktur harus dihentikan.
https://3.bp.blogspot.com/-zOO_br5v7Vg/WX7nv4g5RdI/AAAAAAAB1sI/i5M47L6hfHEm146pGRLaWpL3V1u2ObVngCLcBGAs/s640/3478311299.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-zOO_br5v7Vg/WX7nv4g5RdI/AAAAAAAB1sI/i5M47L6hfHEm146pGRLaWpL3V1u2ObVngCLcBGAs/s72-c/3478311299.jpg
NUSANEWS
http://www.nusanews.net/2017/07/fahri-hamzah-presiden-jokowi-sudah.html
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/2017/07/fahri-hamzah-presiden-jokowi-sudah.html
true
5398521020948470106
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts TAMPILKAN SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman Berita View All SARAn UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI BERITA ALL POSTS Berita yang Anda Cari Tidak Ditemukan! Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru Saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow KONTEN INI TERBATAS! Silahkan Bagikan Untuk Membuka atau Melihatnya Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy