Ekspor Perikanan Indonesia Terus Merosot, Jokowi Gunakan Anggaran Negara ke G20, Kini Bagaimana Nasib Nelayan?



NUSANEWS, JAKARTA - Sejak Rabu (5/7) lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) melawat ke Turki, kemudian melanjutkan ke Jerman untuk mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) negara-negara besar dalam G20. Sudah pasti kunjungan Jokowi menggunakan anggaran negara, namun apakah Jokowi juga memperjuangkan kepentingan masyarakat kecil seperti para nelayan.

Pasalnya, menurut Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI), selama ini negara-negara yang tergabung dalam G20 selalu menekan Indonesia agar melakukan beralisasi perdagangan.

“Untuk itu, kedatangan Jokowi ke KTT G20 mestinya bisa memperjuangkan kepentingan nelayan dan membuat kebijakan dalam memproteksi sektor perikanan domestik,” kata Wakil Sekjen KNTI Niko Amrullah, di Jakarta, ditulis Minggu (9/7).

Menurutnya, merujuk data Organisasi Pangan Dunia (FAO), Indonesia merupakan produsen ikan terbesar ketiga dunia. Namun sayangnya, jika melihat laju ekspor produk perikanan, Indonesia tidak masuk ke dalam peringkat top 10 dunia.

“Itu menunjukkan bahwa fondasi sektor perikanan nasional masih lemah, sehingga masih dibutuhkan adanya proteksi,” jelas dia.

Niko juga menegaskan, menambahkan, saat ini dunia tengah mengalami tantangan besar, yakni problematika pangan untuk 9 miliar penduduk dunia pada tahun 2050 nanti. Kondisi itu sebagai dampak perubahan iklim, perekonomian yang tidak menentu, dan berujung pada peningkatan kompetisi pemanfaatan sumber daya alam.

Makanya, kata dia, sektor perikanan menjadi target Sasaran Pembangunan Global dari aspek pangan dan nutrisi yang mesti dipastikan keberlanjutannya baik ekonomi, sosial, bahkan lingkungan.

“Karena bukan hal yang mustahil sumber daya ikan Indonesia menjadi incaran dunia,” katanya.

Apalagi memang, sesuai data, kata dia, bahwa konsumsi ikan di tingkat internasional juga tengah melesat dengan pertumbuhan rata-rata 3,2 persen sekitar 5 dekade terakhir.

“Untuk itu, agar Indonesia tidak lagi sekadar “pasar” atau negara sumber daya alam yang dieksploitasi pihak luar, pemerintah juga harus sangat kritis dan berhati-hati dalam mengambil langkah di setiap pertemuan internasional,” pungkasnya. (akt) NUSANEWS.NET

BACA JUGA:

BAGAIMANA KOMENTAR ANDA?

loading...
Nama

Bisnis,1670,Daerah,945,Edukasi,66,Ekonomi,1058,Hukum,6631,Inspiratif,24,Investasi,29,Islami,73,IsNews,998,Jabodetabek,5767,Jurnalistik,1121,Keamanan,387,Mancanegara,2262,Mualaf,139,Nasional,1353,News,1769,Olahraga,222,Otomotif,12,Peristiwa,8473,Pilkada,741,Politik,14211,Ramadhan,17,Seleb,1027,Story,23,Suara Publik,288,Tekno,188,Tips,40,TOP,19,Unik,43,Video,877,Wow,26,
ltr
item
NUSANEWS: Ekspor Perikanan Indonesia Terus Merosot, Jokowi Gunakan Anggaran Negara ke G20, Kini Bagaimana Nasib Nelayan?
Ekspor Perikanan Indonesia Terus Merosot, Jokowi Gunakan Anggaran Negara ke G20, Kini Bagaimana Nasib Nelayan?
Sejak Rabu (5/7) lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) melawat ke Turki, kemudian melanjutkan ke Jerman untuk mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) negara-negara besar dalam G20. Sudah pasti kunjungan Jokowi menggunakan anggaran negara, namun apakah Jokowi juga memperjuangkan kepentingan masyarakat kecil seperti para nelayan.
https://1.bp.blogspot.com/-AHO1bNv7EeU/WWNYlJXIlVI/AAAAAAAAAyE/ozbOoTHUJ1Q_u_2Y0Ohdnbq_9Mq8CCcmwCLcBGAs/s640/Jokowi-Klaim-Pertumbuhan-Ekonomi-Indonesia-Peringkat-3-Tapi-Menurut-Pengamat-Hanya-Peringkat-13-Dunia.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-AHO1bNv7EeU/WWNYlJXIlVI/AAAAAAAAAyE/ozbOoTHUJ1Q_u_2Y0Ohdnbq_9Mq8CCcmwCLcBGAs/s72-c/Jokowi-Klaim-Pertumbuhan-Ekonomi-Indonesia-Peringkat-3-Tapi-Menurut-Pengamat-Hanya-Peringkat-13-Dunia.jpg
NUSANEWS
http://www.nusanews.net/2017/07/ekspor-perikanan-indonesia-terus.html
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/2017/07/ekspor-perikanan-indonesia-terus.html
true
5398521020948470106
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts TAMPILKAN SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman Berita View All SARAn UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI BERITA ALL POSTS Berita yang Anda Cari Tidak Ditemukan! Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru Saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow KONTEN INI TERBATAS! Silahkan Bagikan Untuk Membuka atau Melihatnya Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy