Dicari Kota yang Layak Menggantikan Jakarta




NUSANEWS, JAKARTA - Tampaknya pemerintah semakin serius untuk mewujudkan rencana pemindahan ibukota Jakarta ke kota lain. Beredar kabar bahwa Palangkaraya yang akan menjadi ibukota baru. Namun rupanya kabar tersebut dibantah oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil.

Dia mengaku bahwa pemerintah masih melakukan beberapa kajian tahap awal untuk mencari lokasi yang pas. “Masih studi awal mencari alternatif-alternatif,” kata Sofyan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (4/7/2017).

Menurutnya, munculnya nama Kota Palangkaraya sebagai lokasi ibu kota baru, sejauh ini daerah tersebut merupakan wilayah yang paling cocok. Kendati demikian, ia menegaskan, sejumlah daerah lainnya pun dijadikan sebagai alternatif pemindahan ibu kota.

“Kita sedang cari alternatif tempat di samping Palangkaraya, tempat yang paling suitable, yang paling bagus. Yang apa begitu kan,” ujarnya.

Setelah lokasi alternatif sejumlah daerah lainnya telah ditemukan, maka kemudian Presiden yang akan memutuskan menentukan lokasi yang tepat sebagai ibu kota. “Kalau ini kan keputusan administratif, Presiden memutuskan. Keputusan jangka panjang, implikasinya gitu kan. Oleh karena itu, kita sedang cari tempat,” tambahnya.

Sebelumnya, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) juga akan mendorong keterlibatan swasta membantu pendanaan rencana pemindahan ibu kota negara. Menurutnya, kajian pemindahan ibu kota akan diselesaikan pada tahun ini.

"Untuk pendanaan, kita akan dorong model PPP (public private partnership), jadi partisipasi swasta kita libatkan," kata Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, di Jakarta, Senin (3/7).

Pemerintah memang melirik daerah di luar Pulau Jawa sebagai lokasi pemindahan ibu kota negara. Hal ini mengingat ketersediaan lahan yang lebih memadai di luar Pulau Jawa. "Yang pasti di luar Pulau Jawa, kemungkinan besar di Pulau Kalimantan. Tapi spesifiknya di mana, itu yang akan difinalkan," ujarnya.

Rencana pemindahan ibu kota muncul kembali karena pemerintah menilai diperlukannya pembentukan pusat ekonomi baru. Sebab, Pulau Jawa dianggap terlalu mendominasi kegiatan perekonomian Indonesia. Bila rencana tersebut benar-benar terealisasi, lanjut Bambang, beban Jakarta yang kini dianggap terlalu berat karena berperan ganda sebagai pusat pemerintahan, keuangan sekaligus pusat bisnis, dapat berkurang. (ts)http://www.teropongsenayan.com/65776-dicari-kota-yang-layak-menggantikan-jakarta NUSANEWS.NET

BACA JUGA:

BAGAIMANA KOMENTAR ANDA?

loading...
Nama

Bisnis,1673,Daerah,946,Edukasi,66,Ekonomi,1058,Hukum,6634,Inspiratif,24,Investasi,29,Islami,73,IsNews,999,Jabodetabek,5769,Jurnalistik,1121,Keamanan,387,Mancanegara,2262,Mualaf,139,Nasional,1353,News,1769,Olahraga,222,Otomotif,12,Peristiwa,8474,Pilkada,741,Politik,14215,Ramadhan,17,Seleb,1027,Story,23,Suara Publik,288,Tekno,188,Tips,40,TOP,19,Unik,43,Video,877,Wow,26,
ltr
item
NUSANEWS: Dicari Kota yang Layak Menggantikan Jakarta
Dicari Kota yang Layak Menggantikan Jakarta
Tampaknya pemerintah semakin serius untuk mewujudkan rencana pemindahan ibukota Jakarta ke kota lain. Beredar kabar bahwa Palangkaraya yang akan menjadi ibukota baru. Namun rupanya kabar tersebut dibantah oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil.
https://3.bp.blogspot.com/-CiD2THwxcc0/WVtX-LvbOmI/AAAAAAAB0Do/bMFI08-ycTMfO0AV4u-0RfGtjLzVYfHYQCLcBGAs/s640/sofyan-jalil.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-CiD2THwxcc0/WVtX-LvbOmI/AAAAAAAB0Do/bMFI08-ycTMfO0AV4u-0RfGtjLzVYfHYQCLcBGAs/s72-c/sofyan-jalil.jpg
NUSANEWS
http://www.nusanews.net/2017/07/dicari-kota-yang-layak-menggantikan.html
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/2017/07/dicari-kota-yang-layak-menggantikan.html
true
5398521020948470106
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts TAMPILKAN SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman Berita View All SARAn UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI BERITA ALL POSTS Berita yang Anda Cari Tidak Ditemukan! Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru Saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow KONTEN INI TERBATAS! Silahkan Bagikan Untuk Membuka atau Melihatnya Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy