Curiga Pagu di Kota Ini Berubah-ubah, Dikbud Berdalih Ada Penyesuaian Data


NUSANEWS, JAKARTA - Pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk pengisian pagu kosong SMAN di Kota Delta berubah-ubah. Sebagian wali murid pun mencurigai adanya ”permainan” dalam pengisian bangku kosong. Perubahan pagu itu terjadi di seluruh SMAN.

Andi Cahya Nugraha, wali murid asal Kecamatan Sukodono, heran dengan perubahan pagu online SMAN. Saat membuka website PPDB Jatim tentang pemenuhan pagu kosong Senin (10/7), pada pukul 00.08, ternyata ada perbedaan. Di SMAN 1 Sidoarjo misalnya. Awalnya, pagu online tertera 11. Ketika membuka lagi pada pukul 18.00, ternyata pagunya tinggal dua.

Perubahan itu tentu membuat harapan wali murid untuk mengisi pagu tersebut semakin kecil. Persaingan kian ketat. Sebab, peminat banyak, tetapi kursi kosong berubah menjadi sedikit. Mereka yang memiliki nilai ujian nasional (UN) pas-pasan dipastikan tersingkir. ”Ya, tipislah peluangnya,” katanya.

Andi khawatir, ada sesuatu di balik susutnya pagu tersebut. Apalagi, tidak ada penjelasan di website atas perubahan pagu tersebut. Padahal, wali murid yang berharap bisa mengisi pagu itu sangat banyak. ”Kok bisa pagu berkurang? Dikemanakan pagu itu ya? Aneh. Saya harap tahun depan tidak terjadi seperti ini. Pagu berubah-ubah,” ujarnya.

Kepala SMAN 1 Sidoarjo Sulaiman Suwarto menyatakan, pihaknya justru tidak tahu adanya perubahan pagu online di sekolahnya. Sebab, sejak daftar ulang selesai pada Sabtu (8/7), pihaknya hanya melaporkan dua anak yang tidak daftar ulang ke Dinas Pendidikan (Dispendik) Provinsi Jawa Timur. ”Lho, saya malah tidak tahu kalau berubah,” katanya.

Sulaiman mengaku, sejak daftar ulang ditutup, memang masih ada dua anak yang belum daftar ulang. Bahkan, pihaknya telah menurunkan tim sekolah untuk jemput bola ke rumah siswa. Namun, hasilnya tetap nihil. ”Kalau di website tertulis 11 pagu dan berubah jadi 2, saya harus tanya dulu ke provinsi. Sebab, laporan kami memang dua, bukan sebelas,” ujarnya.

Tidak hanya di SMAN 1 Sidoarjo. Perubahan jumlah pagu online tambahan juga terjadi di SMAN 1 Gedangan. Awalnya, jumlah pagu tersebut 15. Namun, jumlahnya mendadak susut menjadi 2.

Ketika dikonfirmasi, Kepala SMAN 1 Gedangan Lilik Esparlin mengatakan, tidak ada kecurangan dalam pengisian bangku kosong atau pagu online tambahan. Jumlah pagu 15 anak itu belum data final hasil rekapitulasi calon peserta didik baru yang tidak daftar ulang. ”Data siswa yang melakukan daftar ulang itu memang berubah-ubah,” katanya.

Lilik menjelaskan, saat itu sekolah memang melaporkan ada 15 anak yang belum daftar ulang pada Sabtu (8/7), pukul 15.00, ke UPT Dispendik wilayah Sidoarjo. Namun, sebelum dilaporkan ke Dispendik Jatim, tim sekolah terjun langsung menghubungi 15 siswa itu agar mendaftar ulang. ”Kami tunggu sampai pukul 15.00, tidak datang-datang. Tapi, sebelumnya kami sudah hubungi ke SMP asal dan menelepon langsung siswanya,” ujarnya.

Setelah sekolah melaporkan data yang tidak daftar ulang ke Dispendik Jatim, sore atau sekitar pukul 15.30, masih ada wali murid yang datang untuk mendaftar ulang. Meski terlambat, sekolah memberikan toleransi dengan melayani daftar ulang. ”Sore berdatangan. Alasannya macam-macam. Karena orang tuanya belum datang, tidak ada yang mengantar, dan belum siap uang. Padahal, daftar ulang gratis,” katanya.

Lilik menjelaskan, ada 13 anak yang akhirnya mendaftar ulang saat injury time. Dua anak lagi tidak datang. ”Sekitar pukul 17.00, saya kirim laporan baru ke dispendik bahwa 13 anak telah menyusul daftar ulang. Tetapi, data awal telanjur dikirim ke Dispendik Jatim,” jelasnya. Karena itu, ada perubahan data pagu online sebagai penyesuaian. (jpg) NUSANEWS.NET

BACA JUGA:

BAGAIMANA KOMENTAR ANDA?

loading...
Nama

Bisnis,1670,Daerah,945,Edukasi,66,Ekonomi,1058,Hukum,6631,Inspiratif,24,Investasi,29,Islami,73,IsNews,998,Jabodetabek,5767,Jurnalistik,1121,Keamanan,387,Mancanegara,2262,Mualaf,139,Nasional,1353,News,1769,Olahraga,222,Otomotif,12,Peristiwa,8473,Pilkada,741,Politik,14211,Ramadhan,17,Seleb,1027,Story,23,Suara Publik,288,Tekno,188,Tips,40,TOP,19,Unik,43,Video,877,Wow,26,
ltr
item
NUSANEWS: Curiga Pagu di Kota Ini Berubah-ubah, Dikbud Berdalih Ada Penyesuaian Data
Curiga Pagu di Kota Ini Berubah-ubah, Dikbud Berdalih Ada Penyesuaian Data
Pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk pengisian pagu kosong SMAN di Kota Delta berubah-ubah. Sebagian wali murid pun mencurigai adanya ”permainan” dalam pengisian bangku kosong. Perubahan pagu itu terjadi di seluruh SMAN.
https://3.bp.blogspot.com/-TbaaZC43WXE/WWc4MLLazMI/AAAAAAAABNM/tcGxFhB_9G4x1FsPitfLmFcMRPrRYUGPwCLcBGAs/s640/curiga-pagu-di-kota-ini-berubah-ubah-dikbud-berdalih-ada-penyesuaian-data_m_143927.jpeg
https://3.bp.blogspot.com/-TbaaZC43WXE/WWc4MLLazMI/AAAAAAAABNM/tcGxFhB_9G4x1FsPitfLmFcMRPrRYUGPwCLcBGAs/s72-c/curiga-pagu-di-kota-ini-berubah-ubah-dikbud-berdalih-ada-penyesuaian-data_m_143927.jpeg
NUSANEWS
http://www.nusanews.net/2017/07/curiga-pagu-di-kota-ini-berubah-ubah.html
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/2017/07/curiga-pagu-di-kota-ini-berubah-ubah.html
true
5398521020948470106
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts TAMPILKAN SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman Berita View All SARAn UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI BERITA ALL POSTS Berita yang Anda Cari Tidak Ditemukan! Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru Saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow KONTEN INI TERBATAS! Silahkan Bagikan Untuk Membuka atau Melihatnya Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy