BPH Migas Ungkap Ulah Nakal Pertamina yang Tak Jual Premium



NUSANEWS, JAKARTA -  Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa meminta direksi PT Pertamina memahami dan melaksanakan mandat dari pemerintah yang menugaskan agar menyediakan BBM jenis Premium di semua SPBU, terutama diluar pulu Jawa yakni Madura dan Bali atau Jamali.

Pria yang akrab dipanggil Ifan itu menjelaskan bahwa layanan BBM oleh pemerintah tercantum dalam Undang-undang Migas, sehingga tidak ada alasan untuk menyangkal penugasan dari pemerintah.

“UU migas itu mengatur distribusi BBM. Kalau ada SPBU yang tidak menjual Premium, menurut kami itu tidak boleh,” kata dia kepada Aktual.com ditulis Senin (17/7).

Kemudian dia sudah melakukan penelusuran keterangan dari Pertamina bahwa SPBU yang tidak menjaul Premium yakni SPBU, yang dibangun setelah penerbitan Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 yang mengolongkan Premium kepada BBM Umum, atau bukan lagi BBM penugasan (wajib), sehingga pengusaha memilih tidak tertarik menjual Premium dan tidak menyediakan fasilitasnya di SPBU.

Namun alasan itu tidak sesui denga temuan BPH Migas. Menurut Ifan, SPBU yang tidak menjual Premium merupakan SPBU yang dibangun sebelum tahun 2014 dan dulunya menjual Premium. Artinya ada kesengajaan menghilangkan Premium dari masyarakat.

“Dulu komitmennya dia boleh jual Pertalite tapi bukan mengganti Premium. Kalau alasan setah 2014, dibagun SPBU itu memang tidak menjual Premium, kita sudah cek itu, banyak sekali kita temukan bukan sejak awal 2014 mereka sudah tidak jual Premium tapi itu dulu jual Premium tapi diganti ke Pertalite.”

“Mudah-mudahan Pertamina memahami penugasan pemerintah, apalagi jarak selisih Premium dengan Pertalite sudah jauh sekitar Rp 800. Kelas ekonomi menegah kebawah kayak sopir angkot, dia menghiting betul selisih itu. Di masyarakat pedalaman masih banyak yang cari Premium. Ibu-ibu beli cabai selisih sedikit saja dicari yang murah.”

Sementara akibat Pertamina berkelit tidak mau menjalankan kewajiban yang ditugaskan oleh pemerintah untuk menyalurkan BBM jenis Premium kepada masyarakat, pemerintah melakukan revisi Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 untuk menegaskan perintah tersebut kepada Pertamina.

Pemerintah berharap dengan revisi ini tidak ada lagi alibi Direksi Pertamina yang mengatakan pihaknya tidak wajib menyediakan Premium di SPBU karena Premium sudah masuk kategori BBM Umun.

“Revisinya sedang disiapkan, sudah hampir selesai,” kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja di Gedung DPR RI, Jakarta ditulis Jumat (14/7).

Untuk diketahui, berdasarkan data BPH Migas, Pertamina memiliki 5.480 SPBU di seluruh Indonesia dan 1.094 SPBU diantaranya tidak menjual Premium. SPBU yang tidak menjual Premium tersebut, terdiri dari 800 SPBU di wilayah Jamali dan 294 di luar Jamali. (akt) NUSANEWS.NET

BACA JUGA:

BAGAIMANA KOMENTAR ANDA?

loading...
Nama

Bisnis,1673,Daerah,946,Edukasi,66,Ekonomi,1058,Hukum,6634,Inspiratif,24,Investasi,29,Islami,73,IsNews,999,Jabodetabek,5769,Jurnalistik,1121,Keamanan,387,Mancanegara,2262,Mualaf,139,Nasional,1353,News,1769,Olahraga,222,Otomotif,12,Peristiwa,8474,Pilkada,741,Politik,14215,Ramadhan,17,Seleb,1027,Story,23,Suara Publik,288,Tekno,188,Tips,40,TOP,19,Unik,43,Video,877,Wow,26,
ltr
item
NUSANEWS: BPH Migas Ungkap Ulah Nakal Pertamina yang Tak Jual Premium
BPH Migas Ungkap Ulah Nakal Pertamina yang Tak Jual Premium
Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa meminta direksi PT Pertamina memahami dan melaksanakan mandat dari pemerintah yang menugaskan agar menyediakan BBM jenis Premium di semua SPBU, terutama diluar pulu Jawa yakni Madura dan Bali atau Jamali.
https://4.bp.blogspot.com/-1dLRt-UYl_c/WWzVEk4aR_I/AAAAAAAABxw/HVwP3R-VZHMxVTOFIwzmboRNEaHeBVbgwCLcBGAs/s640/DPR-Pemerintah-Jangan-Paksakan-Hapus-RON-88.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-1dLRt-UYl_c/WWzVEk4aR_I/AAAAAAAABxw/HVwP3R-VZHMxVTOFIwzmboRNEaHeBVbgwCLcBGAs/s72-c/DPR-Pemerintah-Jangan-Paksakan-Hapus-RON-88.jpg
NUSANEWS
http://www.nusanews.net/2017/07/bph-migas-ungkap-ulah-nakal-pertamina.html
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/2017/07/bph-migas-ungkap-ulah-nakal-pertamina.html
true
5398521020948470106
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts TAMPILKAN SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman Berita View All SARAn UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI BERITA ALL POSTS Berita yang Anda Cari Tidak Ditemukan! Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru Saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow KONTEN INI TERBATAS! Silahkan Bagikan Untuk Membuka atau Melihatnya Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy