5 Pernikahan Terheboh di Sulsel 2017, Nomor 4 Berakhir Tragis



NUSANEWS, MAKASSAR  - Pernikahan remaja 14 tahun di Bulukumba Sulawesi Selatan (Sulsel) pada 13 Juli 2017 lalu, menjadi buah bibir masyarakat. Namun belum selesai kehebohan itu, masyarakat Sulsel kembali dihebohkan dengan pernikahan kakek 62 tahun dengan gadis 18 tahun.

Sepanjang 2017, pernikahan di Sulsel beberapa kali menjadi sorotan publik. Bukan hanya soal uang panaik yang cukup besar maupun perbedaan usia pasangan, tapi juga pernikahan tidak lazim yang mungkin hanya terjadi di Sulsel.

Penasaran? Simak lima pernikahan terheboh yang dirangkum pojoksatu.id, Selasa, 18 Juli 2017:

1. Kakek 62 Tahun Nikahi Gadis 18 Tahun Gara-gara Kopi

Pernikahan kakek 62 tahun dengan gadis 18 tahun di Dusun Moncongloe, Desa Paccilekang, Kecamatan Pattallassang, Gowa, Sulawesi Selatan membuat heboh masyarakat Sulsel.

Pasangan beda usia itu yakni kakek Sulaeman Daeng Ngampa (62) dan Diana Daeng Ngani (18). Keduanya menggelar sesepsi pernikahan pada Senin (17/7/2017).

Kisah asmara beda generasi tersebut mulai bersemi pada akhir 2016. Ketika Sulaeman berkunjung ke rumah Daeng Caco di Dusun Moncongloe, Desa Paccilekang, Kecamatan Pattallassang, Gowa.

Getaran tersebut tidak pernah dirasakan Sulaeman sejak istrinya meninggal setahun tiga bulan sebelumnya. Saat itu Diana membuatkan kopi Sulaeman.

“Dia tidak sekolah sejak lulus SD. Jadi, setiap saya datang, dia (Diana, Red) yang membuatkan kopi. Dan, saya jatuh cinta juga dengan kopinya,” ungkap Sulaeman disambut tawa dan tepuk tangan oleh keluarga Diana yang berkumpul di rumahnya.

Sejak saat itu, Sulaeman rajin berkunjung ke rumah Daeng Caco. “Awalnya, saya suka sama besi yang dibuat bapaknya. Lama-lama saya suka juga sama anaknya,” ucap Sulaeman.

2. Mahar Rp1 Miliar, Mobil Alphard, Rumah Mewah dan 3 Kg Emas

Pernikahan mewah terjadi di Jeneponto Sulawesi Selatan. Seorang anak pengusaha menikahi dokter cantik dengan mahar Rp1 miliar, mobil mewah jenis Toyota Alphard, rumah mewah, 3 kg emas, tanah satu hektare, dan beras satu ton.

Total mahar atau uang panai dengan hadiah pernikahan diperkirakan mencapai Rp5 miliar lebih. Rinciannya, uang panaik Rp1,2 miliar, harga mobil Toyota Alphard Rp1 miliar, rumah mewah diperkirakan tidak di bawah Rp2 miliar karena lokasinya di Makassar.

Selain itu, tanah satu hektare diperkirakan senilai Rp500 juta dengan asumsi harga tanah di Jeneponto Rp500 ribu per meter persegi. Selanjutnya, 3 kg emas senilai Rp 200 juta, dan beras satu ton. Itu belum termasuk biasa pesta pernikahan.

Pasangan mempelai yakni Kurnia Amalia Hambali dengan Anjas Malik. Pernikahan Kurnia dan Anjas dilangsungkan di Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Kamis (11/5/2017).



Informasi yang dihimpun menyebutkan pernikahan mewah ini menelan biaya hingga Rp2 miliar. “Anaknya Haji Hambali. Total Rp2 miliar memang, karena ada juga beras satu ton,” terang sumber terpercaya kepada FAJAR (Grup Pojoksatu).

3. Pernikahan Dini Remaja 14 Tahun di Bulukumba Bikin Heboh

Pernikahan sepasang remaja 14 tahun di Bulukumba antara Awal Rahman dan Awalia Mar’a menjadi buah bibir. Keduanya menikah meski masih berstatus pelajar SMP.

Pernikahan dini tersebut sontak menjadi perbincangan ramai, khususnya di Bulukumba. Tak jarang menduga pernikahan dilakukan karena paksaan orang tua.

Ada pula menduga pernikahan tersebut terjadi lantaran keduanya pacaran hingga si cewek mengalami kecelakaan (hamil di luar nikah). Namun dugaan dan spekulasi tersebut hingga kini belum terjawab.

Kepala Lingkungan Asayya, mengatakan, pernikahan dini tersebut terjadi atas dasar suka sama suka dan tidak ada paksaan dari dari kedua belah pihak.



Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kindang, Kaimuddin, membenarkan adanya pernikahan dini itu. Namun Kaimuddin menegaskan bahwa pernikahan remaja 14 tahun ini tidak terdaftar di KUA Kindang.

Pesta pernikahan remaja 14 tahun tersebut dilangsungkan pada Kamis 13 Juli 2017. Ada tiga pegawai kantor KUA Kindang yang ikut menghadiri pesta itu.

“Yang namanya tidak terdaftar di kantor KUA, yah tidak sah secara hukum,” pungkas Kaimuddin.

4. Merinding, Edi Nikahi Mayat Pacarnya yang Bunuh Diri

Kisah  Ahmad Haidir alias Edi menikahi mayat pacarnya, Herni sesaat sebelum dimakamkan, menjadi perbincangan heboh masyrakat Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Selain cerita Edi menikahi mayat pacar, misteri kematian Herni juga hingga masih tanda tanya. Mengapa Herni bunuh diri dengan cara minum racun?

Semua orang bertanya-tanya. Orang tua Herni pun heran dan tak menyangka anaknya yang sudah dilamar sang kekasih, tega mengakhiri hidupnya. Mereka hanya tahu dia meminum racun rumput sebelum mengembuskan napas terakhir.

“Saat dibawa ke Puskesmas dia hanya mengucap maaf telah berbuat hilaf. Setelah itu dia tak pernah lagi sadarkan diri hingga meninggal,” kisah sang ibu, Wati kepada FAJAR (Group Pojoksatu), Minggu, 5 Februari 2017.

Wati mengaku tak habis pikir mengapa putri keduanya itu memutuskan memilih cara tersebut untuk mengakhiri hidupnya.

Padahal, sehari-sehari wanita yang baru saja menamatkan pendidikan di STIKES Baramuli ini dikenal periang. Setahu orang terdekatnya, dia tak ada masalah dengan siapapun.

Herni yang alumni sekolah kesehatan itu, justru sering memperingatkan keluarganya agar tidak sembarangan menyimpan benda-benda beracun. Maklum, orang tuanya seorang petani, kerap menggunakan pestisida.

“Jangankan racun. Saat kami akan meminum obat, dia selalu berpesan agar mengikuti petunjuk dokter. Makanya kami heran mengapa terjadi seperti ini,” tutur Wati.



Keluarga korban juga sempat meminta penjelasan kepada Edi, sapaan Ahmad Haidir, terkait hubungan mereka selama ini.

Menurut pengakuan sang kekasih, seperti ditirukan ibu korban, sejak mereka berkenalan hingga pacaran, tak pernah ada pertengkaran. “Berjalan biasa saja, tak ada yang ditutup-tutupi,” aku Edi pada Wati.

Baik Wati maupun suaminya, La Juma, serta keluarga besar mereka, mengaku tak pernah menghalangi niat keduanya untuk menikah. Sejak Herni memperkenalkan Edi, tak pernah ada kata penolakan telontar. “Asalkan mereka bahagia, kami setuju-setuju saja,” tutur Wati.

5. Tukang Kebun di Sulsel Nikahi Bule Cantik Asal Jerman

Seorang pemuda desa di Luwu Utara, Sulawesi Selatan bernama Sumardin (29) menikah dengan bule cantik asal Jerman, Ermina Fransica (35). Keduanya menikah pada pada Selasa, 17 Januari 2017.

Sumardin berasal dari Desa Baloli, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara. Desa ini berjarak sekitar 400 kilometer dari Makassar, ibu kota Sulsel.

Sumardin, yang tak tamat SD, bekerja sebagai tukang kebun. Kadang ia diminta bantuan untuk penataan Rumah Pohon yang terletak di Desa Kamiri, Kecamatan Masamba.

Rumah Pohon di Masamba didirikan Edy Suranta Ginting pada Maret 2016. Komunitas ini merupakan tempat warga belajar segala hal, dari pemanfaatan sampah hingga bahasa Inggris.

“Lebih ke pengetahuan praktis,” kata Edy, yang mengaku tidak mengetahui pernikahan Sumardin dan Ermina, Selasa (24/1/2017) malam.



Edy menceritakan, meski tujuannya hanya berkunjung sebagai turis, Ermina, yang berasal dari Wurzburg, Bayern, juga ikut terlibat di komunitas Rumah Pohon. Di tempat inilah cinta Sumardin dan Ermina bersemi.

“Pernikahan hanya dihadiri keluarga Sumardin. Saya tahu sehari setelahnya. Warga sini perhatian karena pernikahannya dengan bule. Ini baru pertama kali di sini,” ucap pengelola Rumah Pohon, Adnan (25).

(ps) NUSANEWS.NET

BACA JUGA:

BAGAIMANA KOMENTAR ANDA?

loading...
Nama

Bisnis,1670,Daerah,945,Edukasi,66,Ekonomi,1058,Hukum,6631,Inspiratif,24,Investasi,29,Islami,73,IsNews,998,Jabodetabek,5767,Jurnalistik,1121,Keamanan,387,Mancanegara,2262,Mualaf,139,Nasional,1353,News,1769,Olahraga,222,Otomotif,12,Peristiwa,8473,Pilkada,741,Politik,14211,Ramadhan,17,Seleb,1027,Story,23,Suara Publik,288,Tekno,188,Tips,40,TOP,19,Unik,43,Video,877,Wow,26,
ltr
item
NUSANEWS: 5 Pernikahan Terheboh di Sulsel 2017, Nomor 4 Berakhir Tragis
5 Pernikahan Terheboh di Sulsel 2017, Nomor 4 Berakhir Tragis
Pernikahan remaja 14 tahun di Bulukumba Sulawesi Selatan (Sulsel) pada 13 Juli 2017 lalu, menjadi buah bibir masyarakat. Namun belum selesai kehebohan itu, masyarakat Sulsel kembali dihebohkan dengan pernikahan kakek 62 tahun dengan gadis 18 tahun.
https://2.bp.blogspot.com/-LoSH-H-Op44/WW46VYqofpI/AAAAAAAAB7E/xVQqrUtTvKksw8aTPih5fB9smpQk9x89wCLcBGAs/s640/Pernikahan-terheboh-di-Sulsel-2017.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-LoSH-H-Op44/WW46VYqofpI/AAAAAAAAB7E/xVQqrUtTvKksw8aTPih5fB9smpQk9x89wCLcBGAs/s72-c/Pernikahan-terheboh-di-Sulsel-2017.jpg
NUSANEWS
http://www.nusanews.net/2017/07/5-pernikahan-terheboh-di-sulsel-2017.html
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/
http://www.nusanews.net/2017/07/5-pernikahan-terheboh-di-sulsel-2017.html
true
5398521020948470106
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts TAMPILKAN SEMUA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman Berita View All SARAn UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI BERITA ALL POSTS Berita yang Anda Cari Tidak Ditemukan! Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru Saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow KONTEN INI TERBATAS! Silahkan Bagikan Untuk Membuka atau Melihatnya Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy